fbpx
Hi, Guest
Login  |  Register

7 Inspirasi Rak Dinding Minimalis yang Bisa Dibuat Sendiri

rak dinding minimalis

Estimated reading time: 5 minutes

InteriorDesign.id – Untuk menjaga hunian agar bisa menjadi lebih rapi, rak dinding terkadang dibutuhkan untuk berbagai koleksi barang yang Anda punya. Ada berbagai gaya rak dinding yang bisa Anda pilih untuk hadir dalam hunian Anda, dimulai dari yang bergaya minimalis, hingga modern. Anda pun bisa menyimpan furniture ini di berbagai area seperti dapur, ruang tamu, serta ruangan lainnya.

Furniture satu ini datang dengan berbagai material yang bisa Anda pilih. Ada rak dinding berbahan kayu, plastik, serta material-material lainnya. Anda pun bisa menentukan sendiri apakah rak dinding Anda ingin memanfaatkan paku, tanpa paku, atau yang bentuknya gantung.

Rekomendasi Rak Dinding Minimalis yang Bersifat DIY

Rak dinding Anda akan terasa sangat istimewa, jika Anda bisa merangkainya sendiri.

Biasanya, bahan daur ulang yang Anda butuhkan untuk membuat rak dinding DIY yang bersifat minimalis memiliki harga yang murah serta praktis. Rak dinding ini tidak hanya bisa menyediakan ruang penyimpanan tambahan, tetapi juga bisa membuat desain interior Anda menjadi lebih menarik,

Keterampilan DIY serta imajinasi yang Anda miliki dapat mengubah banyak bahan yang ada menjadi sebuah rak yang istimewa. Anda dapat menemukan bahan-bahan bekas ini dengan harga yang lebih rendah dibandingkan rak utuh yang sudah jadi.

Berikut adalah beberapa inspirasi rak dinding minimalis yang bisa Anda buat sendiri dengan mudah:

#1 Memanfaatkan Sabuk pada Rak Dinding

Jika Anda membutuhkan rak dinding minimalis untuk memamerkan beberapa barang kecil Anda, Anda bisa memanfaatkan ikat pinggang seperti ini. Rak dinding ikat pinggang satu ini merupakan karya dari Ronja, blogger yang berada di balik blog Nur Noch.

Rak dinding sederhana ini merupakan ide yang cerdas, murah, dan mudah untuk dibuat. Anda hanya membutuhkan bahan berupa papan kayu, serta suede tua atau ikat pinggang yang terbuat dari kulit. Untuk membuat rak ini, Ronja memanfaatkan rak tipe Ivar dari Ikea dengan harga sekitar Rp70.000,00.

#2 Rak Gantung dari Kotak Keju

Carrie dari Curb to Refurb memiliki bakat cemerlang untuk mendaur ulang benda-benda yang ia temukan. Ia bisa membuat benda-benda tersebut menjadi perabotan rumah yang menakjubkan.

Rak dinding bundar penuh gaya satu ini merupakan karya dari Carrie dengan memanfaatkan kotak keju yang sudah tidak digunakan. Untuk bisa memperoleh kotak seperti ini secara gratis, Anda dapat mengunjungi toko makanan lokal Anda. Biasanya, kotak seperti ini tidak digunakan lagi setelah membuka kemasan keju.

Baca juga: Rak Penyimpanan: Furniture Bergaya Kontemporer yang Elegan dan Modern

#3 Potongan Kayu yang Dapat Dimanfaatkan Menjadi Rak

Anda yang menginginkan rak dinding minimalis dengan kesan rustic bisa mencontek karya Becky dari Flipping the Flip ini. Ia memanfaatkan irisan batang pohon yang ditemukannya di taman.

Kurung lubang kunci yang digunakan untuk menggantung rak ini memiliki harga Rp15.000,00. Irisan baji semacam ini dipotong dari batangnya setiap kali pemangkas menebang pohon. Jadi jika ada yang sedang menebang atau memangkas pohon di lingkungan Anda, Anda bisa menemukan irisan pohon seperti ini.

#4 Memaksimalkan Pemanfaatan Laci Meja Rias

Anda bisa memanfaatkan laci meja rias yang sudah tidak Anda butuhkan lagi.

Pemanfaatan laci meja rias ini dilakukan oleh Emily dari Namely Original. Emily membuat rak dinding minimalis DIY dari laci meja rias yang dibelinya dari toko barang bekas. Sesuaikan warna rak dengan warna interior ruangan Anda.

#5 Nampan Kayu yang Bisa Dimanfaatkan sebagai Rak Dinding

Nampan kayu dapat Anda manfaatkan untuk menjadi rak dinding minimalis serba guna.

Ronja dari Nur Noch mengerjakan proyek pengubahan nampan ini. Ia menggergaji baki secara memanjang menjadi dua dengan menggunakan gergaji bundar. Setelahnya, ujung yang dipotong disatukan untuk membentuk rak yang panjang dan sempit. Rak ini lalu direkatkan ke dinding menggunakan pengencang yang didorong melalui tepi belakang ke dalam baut.

Portfolio: Desain Kamar Minimalis – Alam Sutera, Tangerang

#6 Kotak Kerajinan yang Membuat Dinding Semakin Cantik

Carrie dari Making Lemonade membuat tampilan rak dinding menakjubkan dengan memanfaatkan kotak yang terbuat dari kertas mache.

Kotak ini memiliki bentuk segi enam dan dapat disesuaikan. Carrie menyemprotkan cat emas pada kotak-kotak ini dan memakunya ke tembok setelah mengatur penempatannya. Terakhir, Carrie menggunakan kerta memo emas di bagian belakang rak untuk menutupi sekrup yang terlihat.

#7 Pemanfaatan Kerat Apel sebagai Rak Dinding

Anda tidak akan membutuhkan lebih banyak ruang pada lemari jika Anda punya selusin kerat apel.

Rak dinding minimalis satu ini merupakan karya dari Ronja di Nur Noch. Ia menggunakan kerat tua yang dicat putih. Setelah itu, kerat-kerat ini ia rekatkan ke dinding. Gaya rak dinding satu ini bisa juga Anda buat dengan memanfaatkan kerat buah persih atau wadah kayu lainnya.

Itulah ketujuh inspirasi rak dinding minimalis yang bisa Anda buat sendiri di rumah. Kebanyakan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk rak dinding ini tidak sulit untuk diperoleh. Selain itu, harganya pun cukup terjangkau. Anda bisa bebas berkreasi sesuka Anda untuk mempercantik rak dinding Anda.

InteriorDesign.id dibandingkan dengan desainer interior konvensional, mana yang terbaik untuk Anda?

Siap memulai proyek desain interior?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

2000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Hello interiordesign.id