fbpx
Hi, Guest
Login  |  Register

Tips Memilih Tempat Tidur yang Tepat untuk Bayi

Posted by Rio Stefanus 3 weeks ago
kamar tidur bayi

Ada beberapa pertimbangan penting saat memutuskan model tempat tidur bayi.

Estimated reading time: 4 minutes

InteriorDesign.id Anda adalah orang tua baru yang sedang mencari tempat tidur yang aman dan nyaman untuk bayi?

Hal ini sebenarnya bisa agak sedikit rumit karena ada beberapa faktor yang harus Anda pertimbangkan sebelum mulai berbelanja.

Berikut adalah beberapa tips yang harus Anda perhatikan sebelum membeli tempat tidur bayi.

Pilih Matras dengan Material yang Kuat

Hindari berpikiran bahwa matras yang sangat keras akan memberikan ketidaknyamanan bagi bayi Anda. Matras seperti ini justru menjadi fondasi kokoh demi keselamatan bayi Anda.

Menurut Consumer Product Safety Commission, permukaan tempat tidur yang empuk justru dapat menciptakan bahaya bagi bayi Anda. Ia dapat mati lemas dan risiko SIDS (sudden infant death syndrome) dapat meningkat.

Jangan pernah membaringkan bayi Anda untuk tidur di kasur dewasa atau permukaan lembut lainnya. Apabila Anda memikirkan kenyamanan jangka panjang si kecil, pilih kasur yang memiliki dua sisi. Kasur seperti ini dirancang untuk digunakan oleh bayi, sehingga salah satu sisinya haruslah sangat kuat. Sisi lain kasur harus lebih lembut agar cocok untuk digunakan sebagai tempat tidur balita.

Lakukan Riset saat Memilih Tempat Tidur

Kasur yang tersedia di pasaran untuk bayi cukup beragam. Ada yang bermodel busa, pegas dalam, serta organik. Luangkan waktu Anda untuk lebih dulu mempelajari manfaat dan kekurangan ketiga jenis kasur ini. Ini dapat membuat Anda mengambil pilihan yang menurut Anda paling nyaman.

Beberapa peneliti dan profesional medis membuat penegasan mengenai bahan kimia. Katanya, sisaan proses pembuatan barang rumah tangga ini dapat memperburuk kondisi medis seseorang. Selain itu, ada pula yang menyebabkan masalah kesehatan paru dan berpotensi untuk mendatangkan bahaya.

Ingatlah bahwa bayi Anda menghabiskan sebagian besar hari-harinya dengan tidur di tempat mereka. Apabila Anda ingin menciptakan lingkungan bebas bahan kimia untuk anak Anda, Anda bisa memilih kasur organik. Kasur ini merupakan pilihan yang paling baik.

Pilih Tempat Tidur dengan Ukuran yang Tepat

Dalam rangka mempertimbangkan segi keamanan, tempat tidur untuk bayi Anda haruslah memiliki ukuran yang pas. Harusnya tidak ada ruang lebih dari dua jari antara sisi kasur dengan bingkai tempat tidur.

Apabila ruang ini terlalu besar, bayi Anda dapat terperangkap di antara keduanya. Hal ini bisa membuat anak Anda cedera bahkan mati lemas.

Meski kebanyakan boks bayi menggunakan kasur dengan ukuran standar, sebenarnya ukuran dari ranjang ini dapat bervariasi. Sebelum mulai membeli kasur, pastikan ukuran tempat tidur yang Anda pilih sudah tepat. Ventilasi kasur dapat meningkatkan aliran udara dan menghindari kelembapan. Selain itu, jamur, lumut, dan bau pun dapat dicegah.

Selain itu, ketika Anda memilih tempat tidur untuk bayi Anda, cari lubang kecil yang dapat diperkuat di sepanjang sisinya. Semakin banyak lubang ventilasinya akan semakin baik.

Baca juga: Panduan Ukuran Tempat Tidur: Mana yang Paling Tepat untuk Anda?

Gunakan Uang Anda untuk Tempat Tidur Berkualitas

Kasur yang berkualitas dapat mendukung kenyamanan bayi Anda saat harus tidur sepanjang hari tanpa masalah. Meski mungkin tempat tidur bayi cenderung mahal, tetapi ia bisa memberikan keamanan serta kenyamanan yang bayi Anda butuhkan.

Portfolio: Desain Kamar Anak Gaya Skandinavia – Tangerang, Banten

Lindung Kasur Anda

Tidak seperti orang dewasa, bayi tentu akan mengompol. Oleh karena itu, penutup kasur tahan air merupakan sesuatu yang harus Anda pakaikan pada tempat tidur anak Anda. Terlebih jika Anda berniat “mengawetkan” tempat tidur ini untuk anak kedua Anda.

Namun, ada beberapa kasur yang dirancang khusus untuk dapat bertahan dari kebocoran bayi di tengah malam sesekali.

Biasanya, tempat tidur seperti ini punya permukaan nilon yang dilaminasi dan bisa menjaga kasur dari berbagai macam kotoran. Meski begitu, Anda tetap membutuhkan penutup tempat tidur yang tahan air sebagai cadangan. Barang satu ini dibutuhkan jika kebetulan tempat tidur bayi Anda bersifat organik dan tidak kedap air.

Baca juga: Warna Cat Kamar Tidur Anak: Pilihan Warna-warna Terbaik Menurut Sains

Itulah beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum memilih tempat tidur yang tepat untuk bayi Anda. Pastikan tempat tidur ini tidak hanya memberikan kenyamanan bagi anak Anda, tetapi juga dapat menawarkan keamanan ekstra.

InteriorDesign.id dibandingkan dengan desainer interior konvensional, mana yang terbaik untuk Anda?

Siap memulai proyek desain interior?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

2000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Hello interiordesign.id