fbpx
Hi, Guest
Login  |  Register

8 Hal Ini Harus Diperhatikan Sebelum Merenovasi Teras Rumah Lama

Posted by Fadhil Rahman Sunday, July 9 2023

Interiordesign.id –  Merenovasi teras rumah bukan hanya karena kepentingan dari segi penampilan saja menjadi kepentingan untuk kenyamanan dan keselamatan sang pengguna rumah.

Teras rumah sering kali menjadi pusat kegiatan keluarga, tempat bersantai, dan area untuk menikmati udara segar. 

Namun, seiring berjalannya waktu, teras yang lama mungkin terlihat kusam, rusak, atau tidak lagi memenuhi kebutuhan dan gaya hidup Anda. 

Jika Anda memiliki teras rumah lama yang membutuhkan sentuhan penyegaran, renovasi teras bisa menjadi solusi ideal. 

Akan tetapi merenovasi teras rumah lama membutuhkan perencanaan yang matang dan eksekusi yang teliti. 

Dengan melibatkan profesional dalam proses renovasi, Anda dapat memastikan hasil yang memuaskan dan teras rumah yang baru tampak segar dan menarik.

Perlu diingat bahwa setiap renovasi teras rumah harus didasarkan pada anggaran dan rencana yang realistis. 

Pertimbangkan kebutuhan, tujuan, dan kemampuan finansial Anda sebelum memulai proses renovasi teras rumah lama.

Meskipun begitu ketika merenovasi teras rumah lama, ada beberapa hal yang perlu anda diperhatikan dengan seksama sebagai bentuk persiapan sebelum dan sesudah renovasi. 

8 Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Renovasi Teras Rumah Lama

Berikut adalah beberapa hal penting yang harus Anda pertimbangkan:

Anggaran

Tentukan anggaran yang dapat Anda alokasikan untuk renovasi teras rumah. 

Pastikan Anda memiliki perkiraan biaya yang realistis dan sesuai dengan rencana Anda. Tetapkan prioritas dan alokasikan dana secara bijaksana untuk setiap aspek renovasi.

Lakukan penelitian dan konsultasikan dengan profesional terkait, seperti kontraktor atau ahli renovasi, untuk memperoleh perkiraan biaya yang akurat. 

Pertimbangkan biaya material, tenaga kerja, perizinan, peralatan, dan biaya tambahan lainnya seperti biaya desain atau pemeliharaan setelah renovasi.

Biaya menjadi hal utama dalam kelancaran pembangunan dan renovasi teras rumah lama agar lebih cepat.

Desain dan Konsep

Sebelum melakukan renovasi teras rumah lama, tentukan gaya atau tema yang ingin Anda terapkan pada teras rumah Anda. Apakah Anda menyukai tampilan klasik, modern, minimalis, tradisional, atau mungkin gaya kontemporer?.

Identifikasi preferensi Anda untuk mengarahkan langkah-langkah selanjutnya dalam merancang teras.

Tentukan fungsi utama teras rumah Anda. Apakah Anda ingin teras menjadi tempat bersantai, ruang makan outdoor, area rekreasi, atau tempat untuk mengadakan pertemuan dengan keluarga dan teman? Pertimbangkan kebutuhan dan gaya hidup Anda dalam merencanakan desain teras.

Buatlah sketsa atau rencana tata letak teras. Tentukan dimana elemen utama, seperti area duduk, meja, tanaman, atau fasilitas lainnya, akan ditempatkan. 

Pertimbangkan sirkulasi ruangan, aksesibilitas, dan keseimbangan visual dalam pengaturan tata letak.

Izin dan Peraturan

Periksa apakah ada persyaratan izin atau peraturan yang harus dipatuhi sebelum memulai renovasi teras rumah. 

Pastikan Anda memenuhi persyaratan hukum dan perizinan yang berlaku di wilayah Anda.

Penting untuk melakukan penelitian dan berkonsultasi dengan pihak berwenang setempat atau profesional yang berpengalaman dalam hal perizinan sebelum memulai renovasi teras rumah lama. 

Dengan mematuhi peraturan yang berlaku, Anda dapat menjalankan renovasi dengan legal dan menghindari masalah hukum di masa depan.

Pemilihan Material

Sebelum merenovasi teras rumah lama, pilihlah material yang sesuai dengan desain dan fungsi teras rumah Anda. Misalnya, untuk tampilan yang alami dan hangat, Anda dapat memilih material kayu. 

Untuk tampilan yang lebih modern dan tahan lama, batu alam atau bahan komposit bisa menjadi pilihan. 

Sesuaikan pemilihan material dengan gaya yang Anda inginkan dan pertimbangkan faktor seperti perawatan, ketahanan, dan ketersediaan.

Lalu pilihlah material yang sesuai dengan gaya desain yang Anda inginkan dan memberikan tampilan estetika yang menarik. 

Pertimbangkan warna, tekstur, dan pola material untuk menciptakan tampilan visual yang sesuai dengan konsep teras rumah Anda.

Pekerjaan Konstruksi

Jika renovasi teras rumah lama  melibatkan pekerjaan konstruksi, seperti memperluas atau merombak struktur teras, pastikan Anda mengandalkan tenaga ahli yang berpengalaman dan terpercaya. 

Pilihlah kontraktor yang terbukti memiliki kualifikasi dan referensi yang baik.

Pemilihan konstruksi yang tepat akan memberikan keamanan pada teras rumah Anda. 

Pastikan konstruksi teras memiliki struktur yang kuat dan stabil untuk menahan beban yang diberikan, baik itu beban dari pengguna, perabotan, atau elemen lainnya. Jika teras memiliki atap atau struktur penutup, pastikan konstruksinya mampu melindungi penghuni dari cuaca eksternal, seperti hujan atau sinar matahari.

Keamanan

Perhatikan aspek keamanan dalam merenovasi teras rumah. Pastikan semua langkah renovasi memperhatikan standar keselamatan, seperti pencahayaan yang memadai, pengamanan terhadap risiko jatuh, dan penempatan bahan yang aman.

Pertimbangkan sistem pencahayaan yang aman untuk teras rumah Anda. Pasang pencahayaan yang cukup untuk menerangi area teras, terutama saat malam hari. 

Gunakan lampu yang tahan air dan pilihlah sumber cahaya yang efisien energi, seperti lampu LED, untuk mengurangi risiko kebakaran dan menghemat energi.

Faktor Lingkungan

Pertimbangkan faktor lingkungan saat merenovasi teras rumah. Pilihlah material yang ramah lingkungan dan pertimbangkan penggunaan teknologi hijau, seperti pemanfaatan energi terbarukan atau sistem pengelolaan air hujan.

Dengan mempertimbangkan faktor lingkungan ini, renovasi teras rumah lama Anda dapat menjadi kontribusi positif untuk menjaga kelestarian lingkungan sekitar. 

Seiring berjalannya waktu, kita semua bertanggung jawab untuk mengadopsi praktik yang lebih ramah lingkungan dalam segala aspek kehidupan kita, termasuk dalam proses renovasi rumah.

Perawatan dan Pemeliharaan

Ingatlah bahwa teras rumah memerlukan perawatan dan pemeliharaan rutin setelah renovasi selesai. 

Pastikan Anda mengetahui perawatan yang diperlukan untuk menjaga teras tetap dalam kondisi baik dan mempertahankan hasil renovasi.

Dengan melakukan perawatan dan pemeliharaan yang baik, teras rumah dapat memiliki umur yang lebih panjang. 

Pembersihan rutin, perbaikan kerusakan segera, dan pemeliharaan berkala membantu mencegah kerusakan yang lebih serius dan memperpanjang masa pakai teras.

Perawatan rutin terhadap teras membantu menjaga keindahan estetika. Pembersihan secara teratur dan perlindungan dari elemen cuaca ekstrem membantu mencegah timbulnya noda, kotoran, atau kerusakan pada permukaan teras. 

Hal ini menjaga tampilan teras tetap menarik dan memastikan suasana yang menyenangkan untuk bersantai atau berkumpul dengan keluarga dan teman.

Baca juga: Teras Rumah Masa Kini: 5 Inspirasi Desain Modern yang Menggoda

Penutup

Dalam merenovasi teras rumah, perhatikanlah berbagai aspek yang telah disebutkan sebelumnya, seperti kebutuhan renovasi, persiapan anggaran, desain dan konsep, pemilihan material, konstruksi yang aman, serta teknik perawatan dan pemeliharaan yang tepat. 

Semua ini akan membantu Anda dalam menciptakan teras yang indah, fungsional, dan aman.

Selain itu, selalu ingat untuk mengikuti aturan dan peraturan yang berlaku terkait dengan renovasi dan perizinan. 

Pastikan Anda telah memenuhi semua persyaratan yang diperlukan dan mengkonsultasikan dengan pihak yang berwenang jika diperlukan.

Dengan perencanaan yang matang, pemilihan material dan konstruksi yang tepat, serta perawatan yang rutin, teras rumah Anda akan menjadi tempat yang nyaman untuk menikmati waktu bersama keluarga dan teman-teman. Jangan ragu untuk meminta bantuan dari profesional jika diperlukan.

Semoga renovasi teras rumah Anda berjalan lancar dan menghasilkan hasil yang memuaskan!

InteriorDesign.id dibandingkan dengan desainer interior konvensional, mana yang terbaik untuk Anda?

Saatnya Mendesain Ulang Rumah Anda

Mau dekorasi, atau renovasi rumah?

Interiordesign.id adalah perusahaan desain interior online terkemuka yang dipercaya oleh ribuan pemilik rumah untuk menjadikan hunian mereka lebih baik. Desainer-desainer kami spesialis dalam berbagai gaya desain. Anda akan bekerja secara langsung bersama mereka saat proses desain. Online, terjangkau, dan profesional.

Ketika desain selesai, kami juga menangani proses renovasi. Tim renovasi dan produksi internal kami, dengan manajemen proyek berpengalaman, akan memastikan proyek renovasi ditangani secara profesional. Jangan khawatir, untuk pembiayaan, kami tidak mahal.

Info lebih lanjut, kontak CS

Siap memulai proyek desain interior?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

4000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Let's share!
Hello interiordesign.id