fbpx
Hello, Guest

Rococo : Dikenal Karena Kerumitan Detailnya, Desain Yang Berbelit-Belit, dan Asimetri

gaya desain Rococo

Gaya Rococo berkembang pertama kali dalam seni dekoratif dan desain interior, dan pengaruhnya kemudian menyebar ke arsitektur, patung, desain teater, lukisan, dan musik.

InteriorDesign.id – Gaya desain Rococo adalah gaya arsitektur, desain interior, dan seni rupa yang populer di Perancis pada periode awal abad ke-18. Ini dianggap sebagai varian dari gaya Baroque dan menonjolkan elemen yang lebih lembut dan elegan, serta menekankan pada detail halus dan warna-warna pastel.

Desain Rococo sering menggunakan motif-motif berbentuk spiral dan ornamentasi yang berlekuk-lekuk dan berayun, serta menampilkan unsur-unsur seperti bunga-bunga, serta figure-figure yang simbolik seperti putri, nimfa, atau dewa.

Gaya ini juga menekankan pada harmonisasi warna dan desain untuk menciptakan suasana yang lembut dan harmonis.

Rococo sering diterapkan dalam desain interior seperti ruang tamu, ruang makan, dan kamar tidur, dan juga dalam seni rupa seperti lukisan, patung, dan keramik. Meskipun gaya ini lebih dipahami sebagai gaya Eropa Barat, itu juga mempengaruhi gaya desain di seluruh dunia, termasuk di Rusia dan Jerman.

Gaya desain Rococo muncul di Perancis pada periode awal abad ke-18, sekitar tahun 1700, dan berlangsung hingga tahun 1770-an. Ini adalah gaya yang mengikuti gaya Baroque yang populer pada periode sebelumnya, namun memiliki elemen-elemen yang berbeda dan lebih halus.

Rococo muncul sebagai respon terhadap kecenderungan Baroque yang serius dan formal, dan bertujuan untuk menciptakan suasana yang lebih lembut dan santai. Gaya ini dipengaruhi oleh gaya manierisme Italia dan gaya Louis XIV, dan menekankan pada detail halus, warna-warna pastel, dan unsur-unsur simbolik.

Gaya desain Rococo mulai populer di kalangan kelas atas Perancis, dan menjadi gaya pilihan untuk pembuatan rumah dan gedung-gedung publik. Ini juga mempengaruhi seni rupa dan desain interior, dengan lukisan, patung, dan keramik yang menampilkan motif-motif berlekuk-lekuk dan elemen-elemen simbolik.

Meskipun populer, gaya Rococo juga dikritik oleh beberapa orang karena dianggap terlalu feminin dan tidak cukup serius. Namun, itu tetap mempengaruhi gaya desain dan seni rupa di seluruh dunia, dan dikenang sebagai gaya yang indah dan elegan.

Setelah Revolusi Perancis, gaya Rococo hampir punah, dan digantikan oleh gaya Neoklasik yang lebih sederhana dan berorientasi pada kembali pada gaya Yunani dan Romawi kuno. Namun, gaya Rococo tetap memiliki pengaruh yang kuat dalam desain dan seni rupa, dan banyak elemen-elemen gaya ini dapat ditemukan dalam gaya desain modern.

Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan dari desain Rococo

Kelebihan

  1. Elegan dan Indah
    Desain Rococo memiliki elemen-elemen yang halus dan indah, seperti motif-motif berlekuk-lekuk, warna-warna pastel, dan unsur-unsur simbolik, yang membuatnya sangat menarik dan menawan.
  2. Harmonis
    Desain Rococo menekankan pada harmonisasi warna dan desain, yang membuat suasana yang lembut dan harmonis.
  3. Detail Halus
    Gaya ini menekankan pada detail halus dan ornamentasi, seperti spiral dan figure-figure simbolik, yang membuatnya memiliki kualitas artistik yang tinggi.
  4. Penekanan Pada Kemewahan
    Gaya Rococo sering diterapkan dalam desain interior mewah dan rumah-rumah kelas atas, menekankan pada kemewahan dan kenyamanan.

Kekurangan

  1. Terlalu Feminin
    Beberapa orang menganggap gaya Rococo terlalu feminin dan tidak cukup serius, dan tidak cocok untuk lingkungan bisnis atau publik.
  2. Over-Ornamentasi
    Gaya ini memiliki banyak ornamentasi dan detail halus, yang dapat menjadi berlebihan dan membingungkan bagi beberapa orang.
  3. Terlalu Berlebihan
    Desain Rococo sering menjadi terlalu berlebihan, dan tidak memiliki elemen-elemen yang sederhana dan tidak membingungkan.
  4. Kekurangan Kebijakan Desain
    Gaya Rococo tidak memiliki aturan atau panduan desain yang kuat, dan sering menjadi terlalu abstrak dan tidak teratur.

Sebagai kesimpulan, desain Rococo memiliki elemen-elemen yang indah dan elegan, namun juga memiliki beberapa kekurangan seperti over-ornamentasi dan terlalu feminin. Namun, gaya ini memiliki pengaruh yang kuat dalam desain dan seni rupa, dan masih diakui sebagai gaya yang indah dan bernilai hingga saat ini.

Cara Untuk Menerapkan Gaya Desain Rococo Dalam Ruangan

  • Gunakan warna-warna pastel, seperti merah muda, biru muda, hijau muda, dan kuning, untuk memberikan nuansa yang lembut dan elegan.
  • Dinding dapat diterapkan dengan warna pastel, atau dapat dicat dengan motif-motif berlekuk-lekuk atau spiral.
  • Gunakan furniture yang halus dan indah, seperti sofa, kursi, dan meja, yang memiliki desain yang berlekuk-lekuk dan ornamentasi yang halus.
  • Tambahkan aksesori seperti lampu, lukisan, dan objek-objek seni yang memiliki unsur-unsur Rococo, seperti motif-motif berlekuk-lekuk dan unsur-unsur simbolik.
  • Pilih karpet dengan warna pastel dan motif berlekuk-lekuk untuk memperkuat gaya Rococo.
  • Plafon dapat diterapkan dengan molding yang halus dan ornamentasi yang indah.
  • Terapkan gaya Rococo pada taman dengan menambahkan taman dengan tanaman yang rimbun dan unsur-unsur dekoratif seperti patung dan sumuran.

Dengan memperhatikan elemen-elemen ini, Anda dapat menciptakan ruangan yang indah dan elegan dengan gaya desain Rococo. Ingatlah untuk menemukan keseimbangan antara elemen-elemen yang indah dan tidak berlebihan, untuk memastikan bahwa ruangan terlihat harmonis dan tidak membingungkan.

InteriorDesign.id dibandingkan dengan desainer interior konvensional, mana yang terbaik untuk Anda?

Saatnya Mendesain Ulang Rumah Anda

Mau dekorasi, atau renovasi rumah?

Interiordesign.id adalah perusahaan desain interior online terkemuka yang dipercaya oleh ribuan pemilik rumah untuk menjadikan hunian mereka lebih baik. Desainer-desainer kami spesialis dalam berbagai gaya desain. Anda akan bekerja secara langsung bersama mereka saat proses desain. Online, terjangkau, dan profesional.

Ketika desain selesai, kami juga menangani proses renovasi. Tim renovasi dan produksi internal kami, dengan manajemen proyek berpengalaman, akan memastikan proyek renovasi ditangani secara profesional. Jangan khawatir, untuk pembiayaan, kami tidak mahal.

Info lebih lanjut, kontak CS

Artikel Terkait
smart home rumah pintar
Tuesday, November 17 2020
Posted by Jovan Kesuma Sijoatmojo

Berapa estimasi biaya renovasi Anda?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

4000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Estimasikan biaya interior rumah Anda dengan menjawab beberapa pertanyaan sederhana.
Estimasikan sekarang!
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Estimasikan sekarang!
Let's share!
Hello interiordesign.id