Desain ruang tamu dan ruang keluarga tanpa sekat dengan konsep modern minimalis

Ide Sederhana Menyatukan Ruang Tamu dan Ruang Keluarga tanpa Sekat

Posted by Ami Nurbaiti  •  Monday, May 27 2019
ide desain ruang keluarga dan ruang tamu tanpa sekat

~ via freshome

Rumah adalah tempat untuk beristirahat dan berkumpul bersama keluarga. Di dalamnya tentu terdapat ruang-ruang yang dibutuhkan untuk setiap anggota keluarga.

Interiordesign.id – Ruang tamu dan ruang keluarga memliki fungsi yang berbeda. Satu digunakan untuk menyambut tamu yang datang ke rumah, dan satu ruangan lagi tempat berkumpul dan bercengkrama bersama anggota keluarga. Menyatukannya bisa memiliki konsekuensi yang cukup fatal jika tidak dilakukan dengan baik.

Ruang tamu dan ruang keluarga merupakan bagian terpenting di dalam rumah. Saat memutuskan konsep desain terbaik untuk kedua ruangan ini, Anda sebaiknya tidak hanya mempertimbangkan aspek efektivitas dan fungsinya saja, tetapi juga segi estetika dan kenyamanannya.

Jika anda tidak memiliki luasan yang memadai untuk membuat kedua ruangan tersebut, anda bisa memanfaatkan sekat atau partisi sebagi zonasi atau pembagian ruang yang jelas.

Tetapi, apabila anda tidak tertarik dengan sekat ruangan dan ingin menyatukan kedua ruangan tersebut secara natural, -tentu saja dengan rancangan terbaik agar tetap memiliki penampilan yang menarik secara visual-, ada beberapa solusi terkait hal ini.

Mari simak beberapa ulasan mengenai ide menyatukan ruang keluarga dan ruang tamu tanpa sekat berikut ini.

Bacaan terkait: Interior Ruang Keluarga; Elemen dan Unsur Desain Ruang Keluarga Impian

Partisi Kasat Mata

Pada dasarnya tujuan membuat sekat pada ruangan adalah untuk memisahkan dua aktivitas atau fungsi yang berbeda. Namun, supaya pemisahan itu tidak begitu terasa, bisa diakali dengan sekat atau partisi ruangan yang transparan.

Perlu diketahui bahwa sekat transparan sendiri memiliki beberapa alternatif pada penerapannya. Misalnya; partisi rak buku dengan membuat jarak antar rak yang cukup besar dan dapat diakses dari dua arah, atau sebuah papan menggantung secara horisontal.

Ide menarik lainnya seperti rak dengan lubang bukaan di kedua sisi sehingga dapat digunakan untuk dua ruang yang berbatasan.

Terakhir, dengan pemakaian kaca dengan kusen tipis agar kesan transparan terlihat jelas. Dengan penggunaan sekat transparan ini cukup menjadi pertanda transisi antar ruang yang cukup sederhana namun sekaligus mempertegas zonasi ruang yang berbeda.

Variasi Ketinggian Lantai

Penggunaan sistem perbedaan level pada lantai dapat diterapkan untuk memberi batas ruang tanpa membatasi sudut pandang.

Ruang yang berdekatan dapat tetap terlihat memiliki harmonisasi dan berhubungan, namun privasi aktivitas antar ruang masih tetap dapat terjaga.

Desain interior ruang keluarga dan ruang tamu tanpa sekat

~ via INERRE interior

Perbedaan level lantai tidak harus terlalu ekstrim, satu level perbedaan lantai sekitar 10-15 cm saja sudah cukup membuat dua ruang berhubungan namun memiliki teritori yang jelas.

Motif dan Tinggi Plafon

Ruang yang berada dalam satu level ketinggian dapat menciptakan transisi ruang yang lebih senada dan natural. Permainan motif dan perbedaan ketinggian lagit-langit menjadi kreasi yang tepat untuk membuat ruang tetap terbuka luas dengan karakter setiap ruang yang berbeda.

Ruang dengan ketinggian langit-langit yang dibuat cukup tinggi memberikan kesan ruang terbuka dan nyaman jika digunakan oleh banyak orang, dan sebaliknya. Suasana yang ingin diterapkan di suatu ruang dapat dilakukan dengan permainan tinggi langit-langit.

Bacaan lainnya: Desain Plafon Ruang Tamu, Elemen Interior yang Menarik dan Impresif

Bagi anda yang memiiki hunian minimalis, cara seperti ini sangatlah baik untuk diterapkan. Selain menciptakan kesan ruangan yang luas, secara psikologis ruang terbuka dengan plafon tinggi dapat membantu menciptakan sifat saling terbuka bagi setiap anggota keluarga.

Perbedaan Material pada Dinding atau Lantai

Ruang dengan fungsi yang berbeda dapat menggunakan material yang berbeda di salah satu atau pada keseluruhan sisi ruang tersebut, seperti lantai atau dinding.

Perbedaan material yang digunakan dapat dengan mudah memberikan batas antar ruang dengan jelas. Repetisi motif material dengan memberikan jarak kosong antar motif juga dapat memberikan tanda pergantian fungsi ruang.

Membingkai Ruang

Inspirasi membingkai ruang sama halnya dengan konsep dalam bingkai foto. Terdapat lebar dinding yang membentuk bingkai di beberapa atau semua sisi, sehingga ruang seperti berada dalam bingkai namun masih dengan bukaan antar ruang yang lebar. Hal ini seperti menciptakan gerbang baru ke ruang berikutnya.

interior ruang keluarga dan ruang tamu tanpa sekat

~ via 9b residence

Yah, meskipun anda sudah merencanakan desain ruang tamu atau ruang keluarga dengan matang, tetapi jika anda tidak memperkirakan penataan furniture yang akan digunakan, maka ruangan tetap akan terasa tidak rapi.

Untuk itu jangan hilangkan fokus pada tata letak, ukuran, dan pilihan warna cat pada hunian anda.

Ada pertanyaan tentang desain interior rumah Anda? Desainer kami siap menjawabnya

Tags: , , , , , , ,

Ami Nurbaiti

By Ami Nurbaiti

She enjoys writing about many different and interesting topics and now she currently works as a content writer.

Artikel lainnya

Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa


 

Follow on Instagram

preloader