fbpx
Hi, Guest
Login  |  Register

Panduan Menempatkan TV di dalam Ruangan

Posted by Aisah Wolfard 4 weeks ago
lemari tv ruang keluarga

Nikmati semua acara TV favorit dengan panduan menempatkan TV di dalam ruangan. Khususnya di ruang tamu dan ruang keluarga.

Estimated reading time: 5 minutes

InteriorDesign.id – Bagi sebagian besar orang, TV mungkin tidak terlalu penting. Namun, bagaimana pun juga, memiliki sebuah TV di rumah masih menjadi kebutuhan primer bagi sebagian lainnya. TV adalah salah satu peralatan “must-have” dan penting, sepenting memiliki sofa di ruang tamu, atau lemari di kamar tidur.

Untuk memberikan Anda panduan dan cara terbaik bagaimana menempatkan TV di dalam ruangan, khususnya di ruang tamu dan ruang keluarga, kami melansir Houzz soal optimalisasi penempatan TV, agar Anda dan keluarga tercinta merasa nyaman saat menikmati acara-acara favorit.

Penempatan terbaik dan sudut pandang terbaik

Penempatan TV terbaik adalah sejajar dengan mata.

Untuk sudut pandang optimal, letakkan TV dalam posisi rendah, sehingga saat Anda duduk, TV dapat sejajar dengan padangan. Anda akan merasa sangat nyaman jika bisa duduk melihat lurus ke depan, bukan ke atas, atau ke bawah layar.

panduan menempatkan tv di dalam ruangan
~ via NYT

Beberapa desainer sangat tidak menyarankan untuk menempatkan TV di atas perapian. Kecenderungan semacam itu seperti menjebak Anda untuk menempatkan segala sesuatu pada focal point interior ruang.

Sebagaimana kita ketahui, jika di sebuah ruang terdapat perapian, maka itulah focal-point terbaik untuk desain dan dekorasi. Namun, hal ini tidak selalu berlaku untuk TV.

Jika berencana memasang dan memosisikan TV di area dinding perapian, usahakan cari sebuah dudukan yang memungkinkan Anda dapat memiringkan layar ke bawah. Sebab, posisi layar terbaik yang dapat dilihat adalah yang lurus bukan dari arah sudut.

panduan menempatkan tv di dalam ruangan
~ via Houzz

Jika hanya satu area saja yang Anda punya untuk menempatkan TV, seperti di atas perapian, maka pertimbangkan untuk memiliki perapian sempit berbentuk segi empat yang diletakkan sangat dekat dengan bagian lantai. Hal ini akan memungkinkan Anda untuk memiliki penempatan yang lebih rendah dan jauh lebih baik daripada meletakkan TV Anda di atas perapian yang tinggi.

Beri diri Anda beberapa penyesuaian untuk mendapatkan sudut pandang terbaik. Rak TV kecil bisa menjadi opsi yang juga cukup baik.

desain interior ruang keluarga dan ruang tamu modern

Baca juga: 6 Rekomendasi Lemari TV DIY yang Bisa Menyembunyikan Kabel

Ukuran layar TV

Lebih besar lebih baik. Itulah kuncinya.

Banyak orang berharap mereka memiliki TV dengan ukuran lebih besar. Ukuran besar bisa sangat membantu memberikan jarak pandang dan sudut pandang terbaik.

Lagipula, bukankah selama ini kita tidak pernah menemukan orang yang mengeluh bahwa layar TV mereka terlalu besar? Itulah kenapa ukuran TV menjadi kunci. Semakin besar semakin baik.

Namun, ukuran terbaik untuk TV juga tergantung pada seberapa besar ruangan tersebut. Pertimbangan seperti seberapa jauh Anda akan duduk, atau jarak Anda ke TV, menjadi jawaban seberapa besar ukuran TV yang harus Anda punya.

Inilah panduan untuk melihat jarak yang dikutip dari Samsung.com. Jarak optimal untuk Anda dan TV bisa saja berbeda tergantung jenis dan teknologi TV apa yang Anda gunakan.

  • Jarak pandang 1 Meter = Ukuran layar 25″ (FHD TV) dan = Ukuran layar 39″ (UHD TV)
  • 2 Meter = Ukuran layar 50″ (FHD TV) dan = Ukuran layar 78″ (UHD TV)
  • Jarak pandang 3 Meter = Ukuran layar 75″ (FHD TV) dan = Ukuran layar 117″ (UHD TV)
  • 4 Meter = Ukuran layar 100″ (FHD TV) dan = Ukuran layar 156″ (UHD TV)

Pengaturan tempat duduk

dekorasi ruang keluarga

Tempatkan kursi sebanyak yang Anda bisa berhadapan langsung dengan layar. Jika dibutuhkan, berinvestasilah pada kursi teater yang tepat untuk merasakan suasana dramatik ruang bioskop.

Seperti layaknya saat menonton di bioskop, semua orang ingin duduk di tengah untuk mendapatkan pandangan terbaik, hal ini juga berlaku untuk ruang TV.

Portfolio: Desain Interior Ruang TV, BSD, Tangerang

Jendela

Pertimbangkan perawatan jendela dengan sangat hati-hati.

Penempatan TV harus benar-benar memerhatikan posisi jendela. Juga perhatikan bahwa jendela harus memiliki tirai berjejer yang bagus, buram, dan mungkin berwarna gelap untuk dapat menutupinya.

~ via pinterest

Hindari menempatkan TV Anda di depan jendela, atau di seberang jendela yang menghadap ke barat. Glare atau perbedaan cahaya dari jendela dan layar tv bisa menyebabkan ketegangan mata.

~ via madebymood

Itulah beberapa saran dan rekomendasi terbaik soal penataan TV di dalam ruangan. Keberadaan TV layar datar saat ini memberi kemudahan untuk penempatannya secara sempurna. Tidak saja terlihat maksimal, tetapi juga dapat menjadi aset dan tambahan elemen dekoratif yang menjadikan ruangan terlihat lebih menarik secara visual.

InteriorDesign.id dibandingkan dengan desainer interior konvensional, mana yang terbaik untuk Anda?

Related Articles

Siap memulai proyek desain interior?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

2000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Hello interiordesign.id