fbpx
Hi, Guest
Login  |  Register

Rumah Atap Dak Beton: Jenis, Kelebihan dan Kekurangannya

Ilustrasi Rumah dengan Atap Dak

Interiordesign.id – Atap dak atau sering dikenal dengan atap dak beton merupakan salah satu jenis atap yang saat ini sering digunakan oleh masyarakat Indonesia. Atap dak beton biasanya digunakan untuk memperkuat konstruksi. Nah, dalam artikel kali ini Interiordesign akan membahas mengenai atap dak beton. 

Apa itu Atap Dak Beton?

Atap dak merupakan salah satu bagian konstruksi dalam suatu bangunan. Dak sendiri memiliki arti pembatas antara lantai bawah dengan lantai di atasnnya. Atap dak dapat terbuat dari berbagai bahan bangunan, seperti kayu, beton dan tanah liat. 

Atap dak beton merupakan jenis atap dak yang paling banyak digunakan di Indonesia. Biasanya, atap dak beton ini berbentuk panel lantai yang terbuat dari cor beton dan berfungsi untuk memisahkan atau membelah bangunan bertingkat.

Selain itu, atap dak beton juga berfungsi untuk membatasi lantai atau sebagai alas tingkat bangunan agar dapat  menambah lantai. 

Kelebihan Atap Dak Beton

Sama seperti bahan lainnya, atap dak beton juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Anda bisa mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan dari atap dak beton, sebelum memutuskan untuk memakainya.

1. Kuat dan Tahan Lama

Sumber : homeshabby.com

Atap dak yang terbuat dari beton memiliki daya tahan yang kuat dan tidak mudah rusak. Selain itu, rumah atap dak juga mampu menghadapi segala macam cuaca. 

Rumah dengan atap dak mampu bertahan hingga berpuluh-puluh tahun lamanya. Hal inilah yang membuat banyak orang menyukai atap dak.

2. Meredam Panas dalam Ruangan

Sumber : berita.99.co

Rumah dengan atap dak memiliki ketebalan yang lebih jika dibandingkan dengan atap jenis lainnya. Ternyata hal ini menjadi kelebihan utama bagi rumah dengan atap dak. 

Ruangan dengan rumah atap dak, biasanya lebih sejuk dan dingin dibanding ruangan dengan atap lain. Hal ini karena atap dak dapat meredam panas matahari, sehingga panasnya tidak masuk ke dalam ruangan. 

3. Tidak mudah terbakar

Sumber : kumparan.com

Seperti namanya atap dak dari beton terbuat dari cor beton. Beton merupakan material padat yang tidak mudah terbakar. Hal ini juga membuat rumah dengan atap dak tidak mudah terbakar jika terkena api atau panas yang berlebihan. 

Selain itu, material beton juga membuat atap dak jenis ini lebih mudah dibersihkan. Anda hanya perlu memakai sapu jika terdapat noda pada atap dak rumah Anda.

4. Mudah dimodifikasi

Sumber : semarengineer.wordpress.com

Contoh Modifikasi Atap Dak Beton

Rumah dengan atap dak beton sangat mudah dimodifikasi, jika Anda ingin mengubah warna, menambahkan instrumen lain pada atap Anda atau menambahkan lantai tingkat di rumah Anda. 

Selain itu, atap dak beton memiliki permukaan yang halus. Hal ini dapat mempermudah pengecatan pada atap dak rumah Anda. Anda juga dapat dengan mudah menambahkan lantai tingkat pada rumah Anda, jika memakai atap dak beton. 

Kekurangan Atap Dak Beton

Selain memiliki kelebihan, rumah dengan atap dak beton juga memiliki kekurangan. Berikut ini beberapa kekurangan dari rumah atap dak beton. 

1. Pembuatan Atap Dak Beton Rumit

Sumber : dekoruma.com

Pembuatan dan pengerjaan atap dak beton ini termasuk jenis yang rumit dikerjakan. Pasalnya, pengerjaan dan pembuatan atap dak beton ini harus dikerjakan oleh ahli konstruksi yang dibantu oleh mesin khusus. 

Pengerjaan dan proses pembuatan yang rumit menyebabkan biaya yang dikeluarkan agak sedikit lebih mahal

2. Kelembapan dalam Ruangan Tinggi

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, lapisan ruangan dengan atap dak yang tebal menyebabkan panas matahari tidak menembus ruangan dan ruangan jadi lebih sejuk.

Namun, ternyata kekurangan panas matahari dalam ruangan menjadikan ruangan tersebut lebih lembab dibandingkan ruangan dengan panas matahari yang cukup. Jika tidak rutin dibersihkan, ruangan dengan atap dak beton dapat ditumbuhi lumut. 

Kriteria Atap Dak Beton yang Baik

Nah, berdasarkan kelebihan dan kekurangan di atas, Anda dapat menentukan apakah Anda cocok dengan rumah atap dak beton atau tidak. Selain itu, berikut ini beberapa kriteria yang harus dimiliki atap dak beton yang baik. 

1. Permukaannya Rata

Rumah atap dak beton harus memiliki permukaan yang rata dan juga halus. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan fungsi dan nilai estetika dari atap dak. 

Jika permukaannya rata dan halus, maka akan lebih mudah untuk menambah lantai di tingkat berikutnya. Hal inilah yang menyebabkan pengerjaan atap dak beton harus hati-hati dan dilakukan dengan baik.

2. Kokoh

Rumah atap beton harus kokoh dan juga kuat. Proses pembuatan rumah atap dak beton harus sempurna agar dapat menghasilkan atap beton yang kokoh dan kuat. Atap dak harus kokoh dan kuat agar mampu menahan beban pada bangunan bertingkat. 

3. Pengerjaan harus Efisien 

Untuk tahap pengerjaan atap dak beton, harus dikerjakan dengan efisien, karena jika pengerjaannya terlalu lama atap dak beton dapat menjadi keropos dan lebih mudah retak.

Oleh sebab itu, professional yang mengerjakan atap dak harus memperhitungkan dengan detal dan rinci proses pengerjaannya.

Setelah mengetahui kriteria yang baik untuk atap dak beton, kini Anda lebih yakin untuk menggunakan atap dak beton sebagai atap rumah Anda. 

Jika Anda mengalami kebingungan dalam menentukan model ataupun pengerjaan atap dak beton, Anda dapat menghubungi Interiordesign.id. Kami telah berpengalaman dalam membantu klien-klien kami untuk membangun rumah impiannya. Yuk, langsung order disini!

InteriorDesign.id dibandingkan dengan desainer interior konvensional, mana yang terbaik untuk Anda?

Saatnya Mendesain Ulang Rumah Anda

Mau dekorasi, atau renovasi rumah?

Interiordesign.id adalah perusahaan desain interior online terkemuka yang dipercaya oleh ribuan pemilik rumah untuk menjadikan hunian mereka lebih baik. Desainer-desainer kami spesialis dalam berbagai gaya desain. Anda akan bekerja secara langsung bersama mereka saat proses desain. Online, terjangkau, dan profesional.

Ketika desain selesai, kami juga menangani proses renovasi. Tim renovasi dan produksi internal kami, dengan manajemen proyek berpengalaman, akan memastikan proyek renovasi ditangani secara profesional. Jangan khawatir, untuk pembiayaan, kami tidak mahal.

Info lebih lanjut, kontak CS

Siap memulai proyek desain interior?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

2000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Hello interiordesign.id