fbpx
Hi, Guest
Login  |  Register

Pentingnya Memilih Model Atap yang Tepat untuk Rumah Minimalis Dua Lantai

Posted by Nikho Asruri Tuesday, February 8 2022
rumah minimalis dua lantai

Sangat penting memilih model atap rumah minimalis dua lantai. Selain bentuk, dan terutama fungsi, desain atap memiliki pengaruh dan akan sangat menentukan seberapa menarik rumah Anda.

Estimated reading time: 4 minutes

InteriorDesign.id – Atap dari sebuah bangunan rumah, selain pertimbangan akan fungsinya yang sangat fundamental, memilih model atau rancangannya juga penting. Model atap rumah akan memengaruhi bentuk atau siluet bangunan secara keseluruhan.

Bagi Anda yang menyukai rumah bergaya minimalis, sangat penting untuk mengetahui model atap seperti apa yang cocok. Ini terutama dilakukan untuk bangunan dua lantai.

Anda tentu tidak menginginkan model atap yang biasa-biasa saja, apalagi tidak sesuai dengan konsep minimalis yang diusung.

Berikut adalah beberapa model atap rumah minimalis dua lantai.

Model Atap Rumah Minimalis Dua Lantai

Atap Model Skillion

Atap rumah minimalis dua lantai model skillion
Atap rumah minimalis dua lantai model skillion. ~ via houzz

Jika Anda pernah melihat bangunan dengan model atap berbentuk miring setengah segitiga, itulah atap model skillion.

Untuk rumah dengan gaya minimalis, model atap ini sering sekali digunakan. Model atap ini cocok untuk rumah yang berada di daerah dengan iklim tropis, atau memiliki curah hujan yang cukup tinggi.

Dengan sudut kemiringan yang lebih curam jika dibandingkan dengan atap model segitiga biasa, air hujan akan lebih mudah mengalir.

Jika ada yang cukup diminati dari model atap ini adalah, ia hanya terdiri dari satu sisi, maka secara biaya yang dikeluarkan pun lebih murah dengan proses pengerjaan yang lebih cepat.

Secara bentuk, keseluruhan bangunan atap model ini membuat siluet rumah terlihat unik. Bahkan saat ini dalam satu bangunan rumah atap skillion juga dikombinasikan dengan model atap lain yang membuatnya semakin terlihat menarik.

Atap Rumah Minimalis Model Datar

Atap rumah minimalis dua lantai model datar
Atap rumah minimalis dua lantai model datar. ~ via house and decor

Model ini merupakan atap rumah dengan bentuk yang bisa dibilang paling sederhana.

Bentuknya datar dan biasanya terbuat dari beton bertulang. Model atap ini sangat cocok dengan rancangan area lain seperti rooftop, atau tempat menjemur.

Secara bentuk, atap model ini memang sederhana. Hanya bidang datar horizontal, tetapi karena bentuknya yang seperti itu terkadang air hujan jadi menggenang. Dus, diperlukan pertimbangan desain menyoal aliran airnya. Ini bisa dilakukan dengan membuat saluran khusus, atau cara lainnya agar air tidak menggenang yang berisiko rembes.

Artikel terkait:

Desain Rumah Minimalis 2 Lantai, Hunian Modern Kekinian

Atap Model Kubah

Atap rumah minimalis dua lantai model kubah. ~ via google images

Dibandingkan dengan dua model sebelumnya, atap ini cukup berbeda karena memiliki bentuk yang menyerupai kubah.

Keunikan dari model atap ini tentu memiliki sentuhan seni khusus yang mencerminkan kemewahan dan kesan klasik. Tentu saja rumah Anda akan memiliki bentuk siluet yang berbeda, tetapi tetap tidak berlebihan.

Atap Rumah Minimalis Model Multi Gable

Atap rumah minimalis dua lantai model multi gable
Atap rumah minimalis dua lantai model multi gable. ~ via decoist

Sesuai dengan namanya, model atap rumah minimalis dua lantai ini terdiri dari dua konstruksi, yaitu gabungan dari dua atap model pelana.

Model ini tidak sulit dalam proses perancangan dan pemasangannya.

Banyak rumah gaya minimalis yang menggunakan atap model ini karena dengan bentuk yang sedemikian rupa, jika rumah terdiri dari dua bangunan, maka akan ternaungi dengan baik. Itulah sebab, model ini sangat direkomendasikan untuk rumah dengan bangunan yang lebih dari satu.

Baca juga:

Atap Rumah Minimalis dengan Berbagai Jenis dan Model

Simpulan

Secara garis besar, ciri dari atap rumah untuk rumah minimalis adalah simpel, mudah dalam pemasangan, serta tidak berlebihan. Hanya saja, model atau rancangannya bisa terdiri dari beberapa bentuk.

Dalam memilihnya, tentu saja Anda harus menyesuaikannya dengan bentuk bangunan, serta appeal seperti apa yang diinginkan dari rumah minimalis Anda.

Jangan lupakan juga faktor iklim dan cuaca. Ini penting untuk dipertimbangkan karena atap merupakan bagian rumah yang krusial untuk melindungi penghuni di dalamnya.

Rancang rumah impian Anda dengan komposisi bentuk yang indah. Salah satunya melalui pilihan model atapnya.

Mengutip pepatah ”rumahku istanaku”, perencanaan dan strategi yang matang sangat diperlukan. Dengan begitu Anda akan merasakan kepuasan dan kenyamanan yang diimpikan dari model dan rancangan rumah Anda.

Nah, model atap rumah minimalis dua lantai seperti apa yang Anda suka?

InteriorDesign.id dibandingkan dengan desainer interior konvensional, mana yang terbaik untuk Anda?

Saatnya Mendesain Ulang Rumah Anda

Mau dekorasi, atau renovasi rumah?

Interiordesign.id adalah perusahaan desain interior online terkemuka yang dipercaya oleh ribuan pemilik rumah untuk menjadikan hunian mereka lebih baik. Desainer-desainer kami spesialis dalam berbagai gaya desain. Anda akan bekerja secara langsung bersama mereka saat proses desain. Online, terjangkau, dan profesional.

Ketika desain selesai, kami juga menangani proses renovasi. Tim renovasi dan produksi internal kami, dengan manajemen proyek berpengalaman, akan memastikan proyek renovasi ditangani secara profesional. Jangan khawatir, untuk pembiayaan, kami tidak mahal.

Info lebih lanjut, kontak CS

Siap memulai proyek desain interior?

Mau rumah impian sesuai anggaran yang Anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

2000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Hello interiordesign.id