dekorasi rumah idaman

Tidak Ada Tempat Senyaman Rumah, 5 Langkah Dekorasi Rumah Idaman

Posted by HinaYana  •  Thursday, June 20 2019

Rumah idaman, bukanlah soal ukuran. Tetapi bagaimana kita merancangnya, -mendekorasinya, agar bisa memiliki penampilan dan fungsi terbaiknya.

Interiordesign.id – Saat pertama kali membuka pintu rumah, kemana Anda hendak pergi? Bagi sebagian besar orang, pencarian kebahagiaan adalah hal paling esensial dan paling banyak dicari dan dilakukan. Apalagi, berdasarkan penelitian dan fakta terbaru, ternyata banyak orang lebih menyukai bepergian daripada nongkrong di mall atau tempat sejenis.

Alasan kenapa orang menyukai bepergian adalah untuk dapat menemukan tempat-tempat baru. Menemukan kesenangan-kesenangan sekaligus mendapatkan suasana yang dapat memberikan kebahagiaan di sana.

Pantai, gunung, kebun binatang, dan berbagai tempat-tempat menarik lainnya, hampir selalu ramai dikunjungi banyak orang. Tempat-tempat itulah yang diklaim bisa memberikan kesenangan, ketenangan, sekaligus kebahagiaan.

Namun, bagaimana jika semua kesenangan dan kebahagiaan yang ditawarkan tempat-tempat tersebut sebenarnya bisa Anda hadirkan di rumah sendiri?

Tiada tempat seperti rumah, ungkapan universal yang masih relevan hingga saat ini. Rumah adalah tempat pertama yang mampu memberikan kebahagiaan. Memproduksi kesenangan dengan satu dan lain cara.

Mengkreasi rumah agar memiliki kemampuan seperti itu, tentu bukan pekerjaan gampang. Mengubah suasana rumah agar sedapat mungkin memberikan apa yang kita inginkan adalah pekerjaan spesifik dengan pengetahuan dan keilmuan yang juga spesifik. Untuk alasan itulah desain interior hadir.

Desain interior bertujuan mengembalikan fungsi, estetika, dan aspek psikologis ruang, agar dapat memberikan efek positif bagi penghuninya. Interior design adalah soal bagaimana menjadikan rumah layaknya surga.

Rumah idaman, bukanlah soal ukuran. Tetapi bagaimana kita merancangnya, -mendekorasinya, agar bisa memiliki penampilan dan fungsi terbaiknya.

Berikut adalah 5 langkah mudah memiliki rumah idaman. Rumah Anda layaknya surga, bagi Anda dan keluarga tercinta.

Langkah Pertama: Mengumpulkan Inspirasi

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah, mengumpulkan sebanyak-banyaknya inspirasi untuk mendapatkan gagasan yang lebih baik tentang apa yang Anda sukai, dan akan seperti apa desain rumah Anda kelak.

Anda bisa mengunjungi beragam situs yang menyediakan informasi-informasi dan pengetahuan berharga soal desain dan dekorasi rumah.

rumah idaman, interior ruang tamu minimalis

Interior ruang tamu minimalis. ~ via pinterest

Mengumpulkan sebanyak mungkin informasi dan inspirasi, lalu menyimpannya, adalah cara terbaik dan mudah untuk menemukan gagasan dan konsep desain terbaik. Selain itu, dengan menyimpannya, Anda dapat dengan mudah merujuknya kembali jika diperlukan.

Langkah kedua: Pertimbangkan Keterbatasan dan Keadaan

Nah, soal berikut berhubungan erat dengan furniture atau berbagai elemen dekoratif existing milik Anda.

Penting bagi Anda untuk mempertimbangkan keterbatasan atau memperhitungkan situasi dan kondisi.

Langkah ini bisa Anda mulai dengan mendaftar barang-barang apa saja yang sudah dimiliki. Jika masih sesuai dengan keinginan dan rencana dekorasi, pertahankan dan gunakan kembali. Dan jika tidak, cobalah untuk menggantinya dengan yang baru.

interior rumah idaman

~ via house beautiful

 

Langkah ketiga: Tentukan Gaya Dekorasi

Pilihan gaya desain adalah refleksi dan “pernyataan” tentang siapa dan seperti apa diri Anda.

Untuk memiliki rumah idaman yang nyaman dan menenangkan, adalah dengan menentukan pilihan gaya interior terbaik.

Gaya desain atau gaya dekorasi interior harus bisa mencerminkan karakter dan kepribadian Anda. Konsep interior yang Anda pilih dan gunakan adalah refleksi dan “pernyataan” tentang siapa dan seperti apa diri Anda.

Ingat, pilihan gaya dekorasi ini sedapat mungkin harus benar-benar menyesuaikan dan selaras dengan apa yang telah direncanakan sebelumnya.

dekorasi rumah idaman gaya minimalis klasik

Langkah keempat: Skema Warna

Warna sendiri adalah elemen desain yang memiliki kekuatan “magis.”

Ini mungkin hal kecil, tapi sangat penting.

Hanya dengan mengubah warna ruangan, bisa memperlihatkan dan melahirkan suasana ruang yang sama sekali baru.

Untuk dapat mengubah secara dramatik ruangan di rumah Anda, kombinasi atau skema pewarnaan harus benar-benar menjadi pertimbangan.

Kombinasi warna interior yang pas dan tepat, dapat mengubah ruangan menjadi benar-benar liveable. Dan dengan seperti itu, kesenangan dan kebahagiaan di dalam rumah bakalan mudah untuk diwujudkan.

rumah idaman; desain kamar tidur utama dengan kombinasi warna netral yang yang menenangkan

Langkah kelima: Aksesori

Langkah mudah selanjutnya, Anda bisa mulai dengan repurpose elemen-elemen lama, memasukan unsur dan elemen dekoratif baru, lalu coba menggabungkan semuanya.

Misal, ambilah sebanyak mungkin foto atau pajangan karya seni, atau elemen tertentu dari sebuah ruangan, untuk dapat menonjolkan karakter ruangan.

Ini jelas merupakan langkah yang sedikit rumit. Anda harus benar-benar teliti dan hanya memasukan unsur-unsur atau elemen-elemen yang diperlukan saja. Menggabungkan semua hal yang menjadi favorit Anda adalah sekaligus menciptakan ruang yang nyaman dan hangat bagi keluarga Anda.

Baca juga: Desain Interior Rumah & Elemen Dekorasi Ruang yang Harus Diperhatikan

rumah idaman dengan konsep interior neo-klasik yang menggabungkan elemen dekoratif klasik dengan modern. Keselarasan elemen lama dan unsur dekoratif baru.

Ada pertanyaan tentang desain interior rumah Anda? Desainer kami siap menjawabnya

Tags: , , , , , , ,

Hina Yana

By HinaYana

Head of Content.

Artikel lainnya

Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa


 

Follow on Instagram

preloader