fbpx
Hello, Guest

8 Hal yang Perlu diPerhatikan dalam Desain Taman Kering Outdoor

Posted by Mochamad Rezky Pradhana Tuesday, July 18 2023

Interiordesign.id – Desain taman kering outdoor adalah tantangan yang menarik. Taman kering, juga dikenal sebagai taman xeriscape, menggunakan tanaman yang tahan kekeringan dan teknik penghematan air untuk menciptakan taman yang indah dan berkelanjutan. 

Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat merancang taman kering agar dapat mencapai hasil yang maksimal. 

Dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan saat mendesain taman kering outdoor.

Baca juga: 5 Jenis Pohon Taman Rumah Ini Akan Menambah Keasrian dan Keindahan!

8 Hal yang Harus Diperhatikan saat Mendesain Taman Kering Outdoor

Berikut ini merupakan 8 hal penting yang harus diperhatikan saat mendesain taman kering outdoor:

1 Kondisi Iklim dan Tanah

Sebelum memulai mendesain taman kering outdoor, penting untuk memahami kondisi iklim dan tanah di daerah Anda. Ketahui pola curah hujan, suhu, dan kelembaban udara yang umum terjadi. 

Ini akan membantu Anda memilih tanaman yang sesuai dengan kondisi lingkungan setempat. Selain itu, perhatikan juga jenis tanah yang Anda miliki. 

Tanah yang berbeda membutuhkan perawatan dan teknik pengairan yang berbeda pula.

2 Penggunaan Air yang Efisien

Salah satu prinsip utama dalam desain taman kering outdoor adalah penggunaan air yang efisien. Pilihlah tanaman yang tahan kekeringan dan membutuhkan sedikit air untuk tumbuh. 

Gunakan teknik irigasi yang hemat air, seperti tetesan air atau irigasi tetes. Pertimbangkan juga penggunaan alat pengontrol irigasi otomatis yang dapat mengatur waktu dan jumlah air yang diperlukan oleh tanaman. 

Dengan mengoptimalkan penggunaan air, Anda dapat mengurangi konsumsi air dan menjaga keberlanjutan taman kering Anda.

3 Pemilihan Tanaman yang Tepat

Pemilihan tanaman yang tepat adalah kunci dalam desain taman kering outdoor. Pilihlah tanaman yang tahan kekeringan, tahan terhadap sinar matahari langsung, dan memiliki daya tahan yang baik terhadap hama dan penyakit. 

Tanaman sukulen, kaktus, dan tanaman berdaun kecil biasanya merupakan pilihan yang baik untuk taman kering. Namun, pastikan untuk memilih tanaman yang sesuai dengan kondisi iklim dan tanah di daerah Anda.

4 Penyusunan Tata Letak yang Tepat

Tata letak yang tepat akan memaksimalkan keindahan dan fungsionalitas taman kering Anda. Pertimbangkan penggunaan elemen hardscape, seperti jalan setapak, area duduk, atau area bermain, untuk membantu mengatur taman Anda. 

Buatlah zona yang berbeda dengan menggunakan berbagai tingkat, tekstur, dan warna material hardscape. 

Selain itu, pertimbangkan juga sirkulasi udara yang baik untuk mencegah penumpukan panas dan memastikan tanaman mendapatkan sirkulasi udara yang cukup.

5 Perawatan yang Mudah

Salah satu keuntungan desain taman kering outdoor adalah perawatan yang lebih mudah. Namun, tetap diperlukan perawatan yang tepat untuk menjaga taman kering tetap indah dan sehat. 

Pastikan untuk melakukan pemangkasan dan pemupukan secara teratur sesuai dengan kebutuhan tanaman. 

Selain itu, perhatikan juga sistem irigasi untuk memastikan bahwa air disalurkan dengan efisien dan tanaman mendapatkan kelembaban yang cukup.

6 Pertimbangkan Aspek Estetika

Meskipun taman kering didesain untuk efisiensi dan keberlanjutan, hal ini tidak berarti Anda harus mengorbankan aspek estetika. 

Pilihlah tanaman yang memiliki bentuk, tekstur, dan warna yang menarik. Gunakan kombinasi tanaman yang berbeda untuk menciptakan lapisan dan kedalaman dalam taman Anda. 

Selain itu, pertimbangkan penggunaan elemen dekoratif, seperti patung, bebatuan, atau pencahayaan luar, untuk memberikan sentuhan estetika yang unik.

7 Pertimbangkan Faktor Keamanan

Keamanan juga merupakan faktor penting yang harus diperhatikan saat mendesain taman kering outdoor. Pastikan area taman Anda aman dan tidak ada bahaya yang dapat membahayakan penghuni taman. 

Perhatikan penggunaan bahan-bahan yang tidak mudah terbakar dan pastikan tidak ada potongan tajam atau material berbahaya lainnya di area taman.

8 Rencanakan dengan Matang

Sebelum mulai mendesain taman kering outdoor, buatlah rencana yang matang. Pertimbangkan segala aspek yang telah disebutkan sebelumnya, seperti kondisi iklim, tanah, dan tanaman yang sesuai. 

Buatlah sketsa atau diagram taman yang mencakup semua elemen dan detail yang Anda inginkan. Dengan rencana yang matang, Anda dapat menghemat waktu, tenaga, dan sumber daya saat melakukan pelaksanaan desain taman kering.

Penutup

Dengan memperhatikan hal-hal tersebut, Anda dapat menciptakan taman kering outdoor yang indah, berkelanjutan, dan mudah dirawat. 

Selain memberikan keindahan visual, taman kering juga dapat memberikan manfaat lingkungan yang positif dan menjadi tempat yang menyenangkan untuk bersantai dan menikmati alam. 

Jadikan taman kering Anda sebagai tempat yang menginspirasi dan memberikan kepuasan bagi Anda dan keluarga.

InteriorDesign.id dibandingkan dengan desainer interior konvensional, mana yang terbaik untuk Anda?

Saatnya Mendesain Ulang Rumah Anda

Mau dekorasi, atau renovasi rumah?

Interiordesign.id adalah perusahaan desain interior online terkemuka yang dipercaya oleh ribuan pemilik rumah untuk menjadikan hunian mereka lebih baik. Desainer-desainer kami spesialis dalam berbagai gaya desain. Anda akan bekerja secara langsung bersama mereka saat proses desain. Online, terjangkau, dan profesional.

Ketika desain selesai, kami juga menangani proses renovasi. Tim renovasi dan produksi internal kami, dengan manajemen proyek berpengalaman, akan memastikan proyek renovasi ditangani secara profesional. Jangan khawatir, untuk pembiayaan, kami tidak mahal.

Info lebih lanjut, kontak CS

Berapa estimasi biaya renovasi Anda?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

4000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Estimasikan biaya interior rumah Anda dengan menjawab beberapa pertanyaan sederhana.
Estimasikan sekarang!
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Estimasikan sekarang!
Let's share!
Hello interiordesign.id