fbpx
Hi, Guest
Login  |  Register

Taman Rumah: Menjelajahi Sejarah Hingga Tips & Trik Merawatnya!

Interiordesign.id – Taman rumah dapat menjadi salah satu tempat yang menyenangkan untuk bersantai dan melepaskan kepenatan setelah seharian beraktivitas. 

Tidak hanya itu, taman juga dapat memberikan nuansa alami dan keindahan pada rumah Anda. Namun, untuk dapat menikmati keindahan taman, diperlukan beberapa aspek penting yang harus diperhatikan saat merancang dan merawatnya. 

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh tentang taman rumah, artikel ini akan memberikan informasi yang berguna dan bermanfaat. Yuk, simak selengkapnya!

Sejarah Taman Rumah

Pinterest

Taman rumah telah menjadi bagian dari kebudayaan manusia sejak zaman kuno. Bahkan, taman ini dianggap sebagai simbol kekayaan dan prestise di kalangan bangsawan di Eropa pada abad ke-17 dan sering digunakan sebagai tempat berkumpul keluarga yang menyenangkan.

Sejarah awalnya dimulai pada zaman Romawi Kuno, dimana kebun dibuat sebagai tempat untuk menanam berbagai jenis tanaman, termasuk tanaman obat-obatan dan bunga. Kebun Romawi biasanya terdiri dari taman berair, teras, dan taman dengan tanaman hias.

Di Asia, terutama di Tiongkok, taman ini sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu. Taman di Tiongkok biasanya memiliki fitur seperti kolam, air terjun, dan bangunan kecil yang berfungsi sebagai tempat beristirahat. Taman ini sering dianggap sebagai tempat untuk bermeditasi dan mencari ketenangan batin.

Pada abad ke-17 dan ke-18, taman rumah mulai populer di Eropa, terutama di Inggris dan Prancis. Di Inggris, biasanya terdiri dari kebun berukuran besar dengan jalan setapak dan area untuk bersantai. Sementara itu, di Perancis, sering dilengkapi dengan taman bergaya formal dengan taman bergaya Italia yang terinspirasi dari arsitektur klasik.

Hingga saat ini, taman masih menjadi bagian penting dari gaya hidup manusia, baik sebagai tempat untuk menanam tanaman, bersantai, atau sebagai bagian dari desain rumah yang menarik.

Tips Sederhana Saat Akan Membuat Taman Rumah

Berikut adalah beberapa tips sederhana saat membuat taman di rumah:

#1 Tentukan gaya taman yang diinginkan

Sebelum mulai membuat taman, penting untuk menentukan gaya taman yang diinginkan. 

Apakah ingin memiliki taman yang formal dengan ornamen yang indah atau taman yang lebih natural dengan tanaman liar? 

Setelah menentukan gaya, maka pemilihan tanaman, hardscape, dan dekorasi taman bisa disesuaikan dengan gaya tersebut.

#2 Pilih tanaman yang tepat

Pemilihan tanaman adalah salah satu hal penting dalam merancang taman. Pastikan untuk memilih tanaman yang cocok dengan iklim dan kondisi tanah di daerah Anda. 

Pilih tanaman yang sesuai dengan gaya taman yang diinginkan dan pastikan untuk memberi ruang yang cukup antara tanaman agar tumbuh dengan baik.

#3 Buatlah sketsa atau layout taman

Sebelum menanam tanaman atau memasang hardscape seperti jalan setapak, patung, atau air mancur, buatlah sketsa atau layout taman. 

Dalam layout taman, pastikan untuk mempertimbangkan letak tanaman, jalur setapak, dan hardscape yang diinginkan sehingga taman terlihat rapi dan sesuai dengan gaya taman yang diinginkan.

#4 Perhatikan penggunaan air

Jika ingin menambahkan air mancur atau kolam, pastikan untuk mempertimbangkan efisiensi penggunaan air di dalam taman. Penggunaan sistem irigasi otomatis bisa menjadi solusi untuk mempermudah perawatan taman dan menghemat penggunaan air.

#5 Perhatikan pencahayaan

Pencahayaan di dalam taman juga penting untuk diperhatikan. Buatlah pencahayaan yang cukup agar taman bisa terlihat indah pada malam hari dan juga memberi kesan yang lebih aman dan nyaman bagi penghuni rumah.

Cara Merawat dan Membersihkan Taman Rumah

Merawat dan membersihkan taman sangat penting untuk menjaga keindahan dan kesehatan tanaman di dalamnya. Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan:

  1. Siram tanaman secara teratur: Pastikan untuk menyiram tanaman secara teratur untuk menjaga kelembaban tanah dan memastikan tanaman tumbuh dengan baik.
  2. Pupuk tanaman: Berikan pupuk yang cukup untuk tanaman agar tumbuh sehat dan subur. 
  3. Periksa tanaman secara teratur: Periksa tanaman secara rutin untuk mengetahui apakah ada bagian tanaman yang mati atau rusak. Potong bagian tersebut dan bersihkan area sekitarnya untuk mencegah infeksi atau penyakit menyebar.
  4. Bersihkan daun dan ranting: Bersihkan daun dan ranting yang kering di taman. Jangan biarkan daun yang rusak menumpuk di tanah karena dapat menjadi tempat berkembang biaknya hama dan penyakit.
  5. Gunakan pestisida secara bijak: Jika diperlukan, gunakan pestisida secara bijak untuk mengendalikan serangga atau hama pada tanaman.

Kelebihan & Kekurangan dari Taman Rumah

Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan dari memiliki taman di rumah:

  1. Kelebihan
  • Menambah keindahan rumah: Taman dapat memberikan keindahan yang alami dan menyegarkan bagi rumah Anda.
  • Meningkatkan kualitas udara: Taman dapat membantu membersihkan dan meningkatkan kualitas udara di sekitar rumah.
  • Memberikan tempat yang nyaman untuk bersantai: Dengan adanya taman, pemilik rumah dapat memiliki tempat yang nyaman dan tenang untuk menikmati waktu luang.
  • Menambah nilai properti: Taman yang terawat dengan baik dapat meningkatkan nilai properti rumah Anda.
  1. Kekurangan
  • Memerlukan biaya dan waktu yang cukup besar:  Membuat dan merawat taman memerlukan biaya dan waktu yang cukup besar, tergantung pada ukuran dan jenis taman yang diinginkan.
  • Memerlukan perawatan rutin: Memerlukan perawatan rutin seperti penyiraman, pemupukan, pemangkasan, dan penggantian tanaman yang mati.
  • Menarik hama dan serangga: Dapat menarik hama dan serangga seperti tikus, nyamuk, lalat, dan semut yang dapat mengganggu kenyamanan di sekitar rumah.
  • Membutuhkan ruang yang cukup: Membutuhkan ruang yang cukup untuk dibuat, sehingga jika rumah Anda memiliki lahan yang terbatas, taman mungkin tidak dapat dibuat dengan ukuran yang diinginkan.

Penutup

Dengan demikian, artikel ini telah memberikan banyak informasi mengenai taman rumah, dari sejarah hingga tips merancang dan merawatnya. 

Semoga artikel ini dapat memberikan inspirasi bagi pembaca untuk menambahkan sentuhan hijau dalam hunian mereka dan merasakan manfaat dari kehadiran taman. 

Mari kita jaga dan rawat taman dengan baik untuk keindahan dan kesejahteraan kita semua.

Jangan biarkan taman rumah Anda terbengkalai! Segera konsultasikan kebutuhan interior taman di rumah Anda dengan Interiordesign.id untuk menciptakan taman yang indah dan sehat. 

Hubungi kami di sini sekarang juga dan nikmati suasana rumah yang lebih segar dan nyaman dengan taman rumah yang indah.

InteriorDesign.id dibandingkan dengan desainer interior konvensional, mana yang terbaik untuk Anda?

Saatnya Mendesain Ulang Rumah Anda

Mau dekorasi, atau renovasi rumah?

Interiordesign.id adalah perusahaan desain interior online terkemuka yang dipercaya oleh ribuan pemilik rumah untuk menjadikan hunian mereka lebih baik. Desainer-desainer kami spesialis dalam berbagai gaya desain. Anda akan bekerja secara langsung bersama mereka saat proses desain. Online, terjangkau, dan profesional.

Ketika desain selesai, kami juga menangani proses renovasi. Tim renovasi dan produksi internal kami, dengan manajemen proyek berpengalaman, akan memastikan proyek renovasi ditangani secara profesional. Jangan khawatir, untuk pembiayaan, kami tidak mahal.

Info lebih lanjut, kontak CS

Siap memulai proyek desain interior?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

2000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Hello interiordesign.id