fbpx
Hi, Guest
Login  |  Register

6 Jenis Tanaman yang Cocok untuk Kamar Mandi

farmhouse design pada kamar mandi

Tanaman kamar mandi yang tidak hanya cocok untuk memberikan kesegaran pada ruangan, tetapi juga cenderung mudah untuk dirawat.

Estimated reading time: 7 minutes

Ingin membuat kamar mandi menjadi tempat yang lebih menyenangkan bagi penggunanya? Hadirkan tanaman hidup di dalamnya! Selain indah sebagai dekorasi, keberadaan tanaman dapat memperbaiki kualitas udara ruangan kamar mandi.

Lingkungan kamar mandi juga sangat baik untuk tanaman. Ini dikarenakan penghawaan dan kelembapannya yang pas untuk tanaman. Air untuk menyegarkan tanaman pun selalu ada di sana.

Meski begitu, Anda tetap harus membuat pilihan bijak saat berurusan dengan tanaman kamar mandi. Penyebabnya adalah lingkungan kamar mandi yang tidak selalu sempurna walaupun dinilai cukup ideal. Selain itu, tidak semua tanaman cocok dengan kondisi yang ada di kamar mandi.

Berikut adalah beberapa hal yang mesti Anda ketahui berkaitan dengan tanaman kamar mandi:

  • Meskipun udara hangat dan kelembapan tercipta sewaktu Anda mandi, ruangan bisa menjadi jauh lebih dingin jika dibiarkan kosong selama berjam-jam, terutama di malam hari. Fluktuasi suhu ini tidak ideal untuk banyak tanaman.
  • Tidak semua tanaman menyukai kelembapan tinggi. Contohnya adalah tanaman sukulen yang menyukai kondisi kering. Tanaman ini akan membusuk jika terus menerus berada dalam keadaan lembap. Selain itu, tanaman Sri Rezeki dan beberapa tanaman lain dapat mengalami penyakit embun tempung dalam kelembapan yang tinggi.
  • Banyak kamar mandi mendapatkan intensitas cahaya matahari yang rendah meskipun mereka memiliki jendela di dalamnya. Anda tidak perlu mengkhawatirkan kondisi satu ini. Lampu neon dapat menjadi solusi karena ia memiliki panjang gelombang cahaya yang dibutuhkan oleh tanaman.

Rendahnya cahaya, kelembapan tinggi, dan perubahan suhu adalah tiga faktor yang perlu Anda pertimbangkan saat memilih tanaman untuk kamar mandi. Perhatikan beberapa rekomendasi tanaman yang bisa tumbuh dengan baik di dalam area kamar mandi:

#1 Pakis Asparagus (Asparagus densiflorus)

tanaman kamar mandi pakis asparagus
via Crocus

Pakis Asparagus yang baik untuk penghawaan menyukai kelembapan udara pada kamar mandi. Tanaman ini tumbuh dengan baik pada cahaya sedang atau terang. Hal ini membuatnya cocok untuk ditempatkan di dekat jendela.

Saat disentuh daunnya, Pakis Asparagus masuk ke dalam kategori tanaman yang “lembut”. Namun, batang tanaman ini memiliki duri, jadi Anda harus berhati-hari.

Tingginya dapat mencapai 2 kaki, tetapi cabangnya dapat menyebar ke samping setinggi 6 kaki. Tanaman ini harus dijauhkan dari hewan peliharaan dan anak-anak karena ia merupakan tanaman kamar mandi yang beracun.

Varietas Warna: Dedaunan hijau pucat
Paparan Cahaya: Lampu terang atau cahaya matahari dari jendela
Kebutuhan Tanah: Tanah pot yang dikeringkan dengan baik

#2 Bambu (Bambusa Spp.)

Menanam bambu dalam wadah adalah cara yang baik untuk mengendalikan tanaman yang satu ini. Hal ini dikarenakan bambu dapat tumbuh secara invasif saat ditanam di kebun. Namun, meskipun bambu kita tanam dalam wadah, ia tetap bisa menjadi besar dan Anda perlu memindahkannya ke dalam pot baru setiap tahun.

Varietas bambu yang menggumpal akan lebih jarang memerlukan proses pemindahan pot. Beri makan bambu Anda dengan pupuk encer tinggi nitrogen setiap minggu selama musim tanam. Kemudian di musim dingin, proses pemupukan ini bisa dilakukan sebulan sekali.

Varietas Warna: Dedaunan hijau pucat ke hijau gelap; tersedia beraneka ragam bentuk
Paparan Cahaya: Membutuhkan sinar matahari selama 6 jam setiap hari
Kebutuhan Tanah: Lebih suka pot berpasir, tetapi dapat menoleransi kebanyakan tanah pot yang dicampur

#3 Begonia (Begonia Spp.)

Tanaman dengan jenis Begonia dapat tumbuh dengan baik dalam wadah. Mereka menikmati kehangatan dan kelembapan rak kamar mandi. Secara khusus, tanaman Rex Begonia (persilangan antara Rex dan Begonia) yang memiliki dedaunan mencolok tumbuh dengan baik dalam ruangan. Begonia menyukai kondisi lembap tetapi tidak menyukai tanah yang tergenang air. Genangan air ini bisa membuat akar mereka busuk.

Anda yang menginginkan bunga tanaman Begonia membutuhkan cahaya terang di kamar mandi dengan tambahan sinar matahari pagi secara langsung. Namun jika Anda hanya ingin dedaunannya saja, intensitas sinar matahari yang tanaman Begonia butuhkan tidak terlalu kuat.

Varietas Warna: Dedaunan hijau terang, hijau gelap, perunggu, atau memiliki variasi lainnya
Paparan Cahaya: Memerlukan sinar matahari langsung untuk menumbuhkan bunga, tetapi membutuhkan sinar matahari tidak langsung untuk dedaunannya saja
Kebutuhan Tanah: Campuran tanah pot untuk tujuan yang bersifat umum

#4 Bromeliad (dengan Berbagai Genus)

Bromeliad adalah tanaman kamar mandi yang tergolong tak biasa. Mereka bisa mekar dan tahan lama di lokasi yang sebagian besar tanaman rumahan tidak bisa mekar sama sekali. Bunga Bromeliad dengan kelopaknya yang berwarna kuning, merah muda, atau merah, bermekaran di musim dingin dan ini berlangsung selama beberapa minggu.

Bromeliad termasuk ke dalam tanaman yang bersifat epifit, yakni dapat mengambil uap air dari udara dibandingkan dari tanah. Sifat ini membuat Bromeliad cocok untuk ditempatkan di dalam kelembapan kamar mandi. Meski begitu, Bromeliad tetap membutuhkan sirkulasi udara yang baik. Kebutuhan tanaman ini dapat diakomodir dengan menghadirkan exhaust fan di dalam kamar mandi. Anda bisa memberik makan Bromeliad dengan pupuk anggrek.

Varietas Warna: Dedaunan hijau gelap dengan bunga-bunga berwarna merah muda atau merah
Paparan Cahaya: Memerlukan cahaya terang dan penyinaran tidak langsung. Dapat menoleransi paparan sinar matahari langsung selama beberapa jam setiap hari, tetapi jangan tempatkan mereka di bawah terik matahari siang karena dapat membakar daunnya.
Kebutuhan Tanah: Bergantung pada genus dan spesiesnya

Portfolio: Desain Kamar Mandi Gaya andinavia – Tangerang, Banten

#5 Cast-Iron Plant (Aspidistra elatior)

Tanaman ini disebut sebagai Cast-Iron Plant karena bersifat “sulit untuk dibunuh”. Aspidistra elatior merupakan tanaman hias yang tidak memerlukan perawatan yang sulit. Tanaman tropis yang tumbuh setinggi 2 hingga 3 kaki ini adalah salah satu tanaman rumah langka yang dapat menolerir ruangan redup.

Varietas Aspidistra elatior lainnya membutuhkan lebih banyak cahaya dari pada spesimen yang berwarna hijau. Tanaman kamar mandi ini juga tidak membutuhkan kelembapan yang tinggi. Ini membuat tanaman ini cocok untuk dipajang di kamar mandi tamu yang jarang digunakan.

Varietas Warna: Dedaunan hijau medium. Jarang berbunga saat tumbuh menjadi tanaman rumah.
Paparan Cahaya: Memerlukan intensitas cahaya rendah dan bersifat tidak langsung. Dapat menoleransi ruangan redup.
Kebutuhan Tanah: Campuran pot gambut yang dapat dikeringkan dengan baik.

#6 Sri Rezeki (Aglaonema Spp.)

Tanaman Sri Rezeki termasuk ke dalam jenis tanaman yang mudah beradaptasi. Tanaman tropis berdaun besar yang cocok ada di kamar mandi ini dapat tumbuh sumbur jika Anda justru lupa menyiram dan memberinya makan. Meski ia menyukai kelembapan, Sri Rezeki akan menolerir udara kering asalkan Anda menjauhkannya dari angin dingin yang dapat merusak daun. Sri Rezeki dapat tumbuh setinggi 10 inci hingga 4 kaki.

Varietas Warna: Dedaunan hijau gelap, beberapa varietas beraneka ragam.
Paparan Cahaya: Cahaya intensitas rendah dan tidak langsung. Tidak menyukai cahaya matahari langsung.
Kebutuhan Tanah: Campuran pot yang kaya dan dapat dikeringkan dengan baik

Itulah keenam rekomendasi tanaman yang bisa Anda hadirkan di kamar mandi Anda. Masing-masing tanaman ini cenderung menyukai kelembapan dan tidak terlalu sulit untuk dirawat. Anda tinggal memilih tanaman mana yang sekiranya paling cocok untuk kamar mandi Anda.

InteriorDesign.id dibandingkan dengan desainer interior konvensional, mana yang terbaik untuk Anda?

Siap memulai proyek desain interior?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

2000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Hello interiordesign.id