fbpx
Hello, Guest

Tekstur Dinding : Cara Membuatnya Menggunakan Roller

Posted by Brenda Brilianita Thursday, December 22 2022
Tekstur Dinding

Apa Yang Ada Dalam Artikel

  • Cara Kerja Tekstur Dinding
  • Tips
  • Apa Yang Dibutuhkan
  • Kapan Memakai Jasa Profesional

Ulasan Dari Pengerjaan

  • Waktu Kerja : 30Menit
  • Total Waktu : 2-5 Jam
  • Tingkat Keahlian : Pemula
  • Perkiraan Biaya : 200-400rban

Interiordesign.id – Tidak sedikit yang menerapkan tekstur dinding karena suatu kebutuhan. Banyak pemilik rumah akan memilih tekstur yang halus untuk dinding dan plafon mereka. Selain lebih disukai, permukaan yang halus membantu warna cat akan lebih menonjol. Karena tidak memiliki tonjolan pada dinding untuk menciptakan efek bayangan, dan permukaan akan lebih cerah.

Tekstur dinding memiliki keunggulan masing-masing sebagai metode finishing dinding yang cepat tanpa siklus yang sepertinya berujung dari senyawa drywall yang berlumpur, dan mengering.

Tekstur dinding bisa menutupi drywall yang kurang sempurna, dan cukup cepat mengering, sehingga kamu bisa mulai mengecat beberapa jam kemudian. Dan tidak sedikit pemilik rumah yang menikmati tampilan pedesaan dengan dinding bertekstur.

Tekstur dinding biasanya menggunakan mesin, tapi bisa juga dilakukan menggunakan barang-barang yang mudah digunakan dan murah untuk didapatkan seperti roller cat dan kompon drywall.

Baca Juga

Cara Kerja Tekstur Dinding

Tekstur dinding merupakan zat yang lebih tebal dari cat namun lebih tipis dari senyawa drywall lurus. Tekstur ketika diterapkan pada dinding dan langit-langit akan menghasilkan bayangan kecil karena tonjolan.

Walaupun tonjolan ini cenderung menghilang dalam cahaya yang menyorot langsung, bayangan ini akan memanjang ketika sumber cahaya bergerak degan sudut yang lebih tajam ke dinding. Hal ini akan menggelapkan bayangan secara keseluruhan permukaan, dan menggelapkan dinding.

Dari efek gelap ini akan berhasil menyembunyikan ketidaksempurnaan pada permukaan. Jika drywall kamu mempunyai tonjolan, cekungan, dan hal lainnya, tekstur dinding akan menyembunyikannya.

Inilah sebabnya kenapa langit-langit seringkali menggunakan tekstur, karena langit-langit akan menerima paling banyak cahaya, dan akan sangat sulit untuk menyembunyikan ketidaksempurnaan.

Tips
Efek dari tekstur dinding bisa beragam dan tergantung cara mengaplikasikannya. Cobalah untuk mencoba teknik ini pada potongan drywall atau pada lembaran karton sebelum memulai pada dinding dan langit-langit. Coba juga pada waktu pengeringan yang berbeda diantara lapisan.

Peralatan Yang Dibutuhkan

  • Kain
  • Terpal Plastik
  • Pisau Drywall
  • Ember 5 Galon
  • Mixer Cat
  • Roll Cat
  • Kuas
  • Baki Cat

Bahan

  • Senyawa Drywall
  • Cat Datar / Primer drywall
  • Cat

Margot Cavin

Instruksi


Secara umum, dengan memberikan tekstur pada dinding dengan menggunakan roller merupakan sebuah pekerjaan yang berantakan dan bisa mengakibatkan material tekstur beterbangan ke segala arah.

Ketika membuat tekstur pada langit-langit, bahkan pelukis yang paling berhati-hati pun akan menutupi lantai dan permukaan dinding yang bersebelahan termasuk juga pada jendela pintu dan trim. Gunakanlah kain lap untuk lantai dan terpal plastik untuk permukaan yang vertikal.

  • Permukaan Tambalan
    Sedikit perbaikan pada permukaan dinding dan langit-langit mungkin dibutuhkan sebelum kamu menerapkan tekstur dengan cara menambal setiap lubang yang ada.
  • Permukaan Utama
    Gunakan pelapis cat dinding lateks putih dan biarkan mengering. Pelapisan ini sangat penting karena tekstur cat yang digunakan langsung ke drywall kosong akan tetap terserap kedalam permukaan dinding.
  • Campurkan Senyawa Tekstur
    Buatlah bahan tekstur dinding murah ala kamu sendiri dengan cara menipiskan senyawa drywall dengan ari dalam perbandingan 4:1 dan gunakan ember 5 galon dan alat pengaduk cat untuk mencampur senyawa tekstur secara menyeluruh.
  • Aduk Tekstur Dinding
    Isi baki cat dengan bahan tekstur, celupkan roll cat kedalam baki cat, aduk, lalu aplikasikan tekstur pada permukaan dinding atau langit-langit.
  • Jangkau Area Pojok Dengan Menggunakan Kuas
    Pada area yang tidak mudah dijangkau dengan roller, sudut dan tepi disekitar kayu, lengkapi tekstur dengan mengoleskan bahan dengan permukaan datar kuas cat.
  • Biarkan Tekstur Mengering
    Biarkan tekstur sampai mengering sebagian, kira-kira setengah jalan hingga sampai benar-benar kering.
  • Tekstur Tahap Kedua
    Ketika bahan tekstur sudah diterapkan dan telah mencapai konsistensi yang diinginkan, roll kembali permukaannya. Hal ini akan sedikit menarik bahan yang sebagian kering, dan menghasilkan tekstur tiga dimensi.
  • Buat Knock-Down Surface (Opsional)
    Hanya sebuah alternatif, sebelum permukaan benar-benar kering, kamu bisa membuka permukaan dengan menghaluskan pisau gipsum di sepanjang tekstur dengan menggunakan alat pada sudut yang rata.

Kapan Menggunakan Jasa Profesional

Jika kamu perlu menutupi area yang luas dengan tekstur dinding, biasanya hal terbaik yang harus kamu lakukan adalah menyewa seorang jasa atau dekorator profesional untuk membuat tekstur dengan penyemprot tekstur elektrik dengan tenaga kompresor udara.


Pengaplikasian dengan menggunakan alat tersebut akan sangat cepat, dan waktu pengeringan hanya membutuhkan waktu beberapa jam.

Baca selanjutnya

Monday, October 24 2022
Posted by Fadhil Rahman
Thursday, October 13 2022
Posted by Iqbal Mujahid

InteriorDesign.id dibandingkan dengan desainer interior konvensional, mana yang terbaik untuk Anda?

Saatnya Mendesain Ulang Rumah Anda

Mau dekorasi, atau renovasi rumah?

Interiordesign.id adalah perusahaan desain interior online terkemuka yang dipercaya oleh ribuan pemilik rumah untuk menjadikan hunian mereka lebih baik. Desainer-desainer kami spesialis dalam berbagai gaya desain. Anda akan bekerja secara langsung bersama mereka saat proses desain. Online, terjangkau, dan profesional.

Ketika desain selesai, kami juga menangani proses renovasi. Tim renovasi dan produksi internal kami, dengan manajemen proyek berpengalaman, akan memastikan proyek renovasi ditangani secara profesional. Jangan khawatir, untuk pembiayaan, kami tidak mahal.

Info lebih lanjut, kontak CS

Artikel Terkait
Trend warna cat rumah 2019
Thursday, February 15 2024
Posted by Erica Apriliani
interior ruang keluarga
Tuesday, February 23 2021
Posted by Fadhil Rahman
desain kamar tidur romantis
Wednesday, July 14 2021
Posted by Krisnadila Aprianti Gunawan
kamar tidur anak perempuan
Tuesday, July 19 2022
Posted by Krisnadila Aprianti Gunawan

Berapa estimasi biaya renovasi Anda?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

4000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Estimasikan biaya interior rumah Anda dengan menjawab beberapa pertanyaan sederhana.
Estimasikan sekarang!
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Estimasikan sekarang!
Let's share!
Hello interiordesign.id