fbpx
Hi, Guest
Login  |  Register

Pertimbangkan 5 Hal Ini Sebelum Membeli Tempat Tidur Tingkat

desain kamar anak scandinavian

Tempat tidur tingkat sangat cocok untuk berada di kamar tidur berukuran kecil. Namun, perabotan ini juga bisa sangat bermanfaat di area kamar yang lebih besar.

Estimated reading time: 4 minutes

Memutuskan untuk membeli tempat tidur tingkat bisa dilatarbelakangi oleh beberapa hal. Salah satunya mungkin Anda merasa bahwa furniture satu ini cocok untuk digunakan oleh putra-putri Anda.

Namun, Anda perlu tahu bahwa tempat tidur ini memiliki kerumitan yang berbeda jika dibandingkan perabotan lainnya.

Saat Anda berniat untuk memilih tempat tidur tingkat, ada berbagai faktor yang perlu dipertimbangkan. Faktor-faktor ini dapat berupa sisi keamanan, serta kesukaan dari penggunanya, yang tidak lain adalah anak-anak. Karena itu, sebelum mulai membeli furniture satu ini, Anda harus berpikircermat, agar penggunannya bisa sesuai dengan kebutuhan.

#1 Ukur Area Kamar Tidur

Tempat tidur tingkat memang sangat cocok untuk berada di kamar tidur berukuran kecil. Namun, perabotan ini juga bisa sangat bermanfaat di dalam area kamar yang lebih besar.

Mulailah melakukan pengukuran pada area kamar terlebih dahulu. Selain area lantai, Anda pun harus mengukur tinggi langit-langit kamar.

Sisakan ruang setidaknya 60 cm antara tempat tidur tingkat dengan langit-langit. Ini dilakukan untuk mencegah gundukan.

Ketinggian tempat tidur tingkat memang variatif. Ada yang memiliki tinggi 168 cm, ada juga yang punya ketinggian 183 cm.

Untuk area ruangnya, meskipun tempat tidur tingkat membutuhkan area seukuran ranjang twin, sepertinya furniture ini membutuhkan ruang yang lebih besar. Ini disebabkan beberapa tempat tidur ini memiliki fitur khusus seperti laci, sehingga ia membutuhkan area lebih.

#2 Tentukan Jenis Tempat Tidur Tingkat yang Anda Butuhkan

Tempat tidur ini memiliki berbagai jenis, dari yang berjenis “twin-over-twin“, hingga yang punya kombinasi rumit. Penggunaannya sangat tergantung kebutuhan Anda sendiri.

Sebagian besar tempat tidur tingkat terbagi ke dalam dua kategori besar. Yang pertama adalah kategori dasar, yang kedua adalah kategori loteng. Di samping itu, terdapat banyak sub-kategori dari masing-masing kategori.

Contoh: tempat tidur dasar memiliki berbagai subkategori seperti twin-over-twin, twin-over-full, dll.

Ada juga tempat tidur tingkat yang menawarkan area dasar yang lebih besar. Tempat tidur seperti ini cocok untuk Anda yang memiliki tiga anak dan mereka saling berbagi kamar.

Baca juga: Panduan Ukuran Tempat Tidur: Mana yang Paling Tepat untuk Anda?

#3 Kira-Kira Fitur Apa Saja yang Anda Butuhkan?

Ranjang tingkat biasanya selalu disertai fitur khusus. Contoh dari fitur khusus tersebut adalah area belajar, ruang penyimpanan, serta fitur unik lain seperti perosotan, atau tenda.

Fitur-fitur pada ranjang tingkat inipun cukup beragam, dan tergantung pada usia, serta kebutuhan penggunanya.

Fitur ini sendiri bisa merupakan fitur bawaan dari tempat tidur tersebut, ada pula yang bisa Anda beli sendiri sebagai tambahan.

Untuk memilikinya, akan terasa lebih baik jika Anda lebih dulu menanyakan pendapat anak Anda, dan berkonsultasi tentang kebutuhan mereka. Saran Anak akan sangat berguna pada saat Anda memilih tempat tidur jenis ini.

Portfolio: Desain Kamar Tidur Anak, Samarinda, Kalimantan Timur

#4 Pilih Gaya yang Anda Mau

Tempat tidur tingkat tersedia dalam berbagai gaya. Ada banyak pilihan yang bisa Anda tentukan seperti tempat tidur all-wood, all-metal, atau bahkan kombinasi dari keduanya.

Ada juga tempat tidur yang memiliki gaya yang unik seperti country layaknya di hutan atau modern dengan garis-garis yang halus. Anda bisa menyesuaikan tema tempat tidur tingkat Anda dengan gaya favorit anak Anda.

Portfolio: Desain Kamar Anak Gaya Industrial – Tulungagung, Jawa Timur

#5 Pastikan Tempat Tidur yang Anda Pilih Aman

Keamanan adalah hal terpenting yang harus Anda pertimbangkan saat memilih ranjang tingkat.

Anda harus memastikan bahwa model ranjang ini punya semua fitur keselamatan, seperti pagar pembatas dan sandaran kepala. Anda pun harus menjelaskan kepada anak Anda bahwa mematuhi aturan keselamatan saat menggunakannya.

Jadi, pastikan ranjang tingkat memiliki fitur keamanan terbaik.

Itulah kelima hal penting yang harus Anda pertimbangkan dengan matang sebelum memilih tempat tidur seperti ini. Pastikan tempat tidur tingkat tidak hanya terlihat cantik, tetapi juga memiliki nilai keamanan yang sangat baik bagi Anda atau anak-anak Anda.

InteriorDesign.id dibandingkan dengan desainer interior konvensional, mana yang terbaik untuk Anda?

Siap memulai proyek desain interior?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

2000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Hello interiordesign.id