fbpx
Hi, Guest
Login  |  Register

5 Hal Penting dalam Memodifikasi Teras Rumah Menjadi Ruang tamu

Posted by Dhila F Khairunisa Monday, July 10 2023

Interiordesign.id – Mengubah teras rumah jadi ruang tamu merupakan cara yang bagus untuk memperluas ruang hidup. Juga untuk menciptakan area yang nyaman untuk bersosialisasi sambil bersantai. 

Selain itu memodifikasi teras rumah jadi ruang tamu adalah ide cemerlang untuk memaksimalkan penggunaan ruang eksternal Anda

Sirkulasi udara yang baik dan kondisi lingkungan halaman rumah yang mendukung menambah kenyamanan tamu yang berkunjung.

Namun sebelum memutuskan untuk mengubah teras menjadi ruang tamu, ada beberapa faktor yang harus dipertimbangkan dalam pendesainannya.

Kondisi lingkungan dan kondisi halaman rumah menjadi salah satu faktor yang wajib diperhatikan karena menyangkut keamanan ruang tamu teras.

Selain itu memerlukan penyesuaian dari segi desain agar ruang tamu lebih nyaman digunakan dalam berbagai kondisi baik cuaca cerah maupun hujan.

Pastikan untuk mempertimbangkan ukuran dan skala teras serta memilih material dan furniture yang tahan terhadap cuaca eksternal dan mudah perawatannya. 

Hal Penting Sebelum Memodifikasi Teras Rumah Jadi Ruang tamu 

Berikut ini merupakan 5 hal penting yang harus diperhatikan dalam memodifikasi teras rumah Jadi ruang tamu:

Atap dan Kanopi

Atap atau Kanopi merupakan faktor penting dalam memodifikasi teras rumah jadi ruang tamu untuk melindungi ruangan dari cuaca eksternal.

Jika teras sudah memiliki atap tetap, pastikan atap dalam kondisi yang baik dan tidak bocor. Periksa dan perbaiki jika diperlukan sebelum melanjutkan proses pengubahan.

Struktur penutup yang dipasang di atas teras yang berfungsi sebagai untuk melindungi area tersebut dari sinar matahari berlebih, hujan, atau elemen cuaca lainnya. 

Kanopi atau atap teras tidak hanya memberikan perlindungan, tetapi juga dapat menambahkan nilai estetika dan mempercantik eksterior rumah. 

Berbagai material atap atau kanopi yang dapat diterapkan dalam memodifikasi teras rumah jadi ruang tamu bisa berupa bahan solid seperti dak bangunan, kain tahan air, logam atau polikarbonat.

 

Kanopi kain atau bahan tekstil tahan air yang dipasang pada rangka atau struktur penyangga agar memberikan tampilan yang lebih lembut dan fleksibilitas dalam desain.

Kanopi polikarbonat berbentuk lembaran yang kuat dan transparan namun tahan terhadap sinar UV, dan cuaca.  Serta memiliki kemampuan penyerapan panas yang baik serta memiliki kelebihan memberikan pencahayaan alami dan tampilan modern.

Sedangkan kanopi logam terbuat dari bahan metal seperti baja, aluminium, atau besi yang kuat dan tahan lama yang bisa dibentuk dan dipasang sesuai dengan kebutuhan dan tampilan yang diinginkan. 

Pencahayaan

Pencahayaan yang tepat pada teras rumah jadi ruang tamu outdoor akan menciptakan suasana nyaman dan memperluas penggunaan ruang tersebut pada malam hari. 

Berbagai ide yang dapat dilakukan dalam menerapkan pencahayaan yang dapat pertimbangkan untuk modifikasi teras rumah menjadi ruang tamu. Bisa diletakan di  lorong, meja, taman, pilar maupun gantung.

Pertimbangkan untuk memilih lampu dengan desain yang estetis dan sesuai dengan gaya ruang tamu yang akan memberikan pencahayaan fokus dan menciptakan suasana yang hangat.

Pastikan untuk menggunakan lampu yang memiliki daya tahan cuaca dan kualitas baik dengan penerangan yang seimbang. Untuk menciptakan suasana yang nyaman selain itu hindari pencahayaan yang terlalu terang atau terlalu redup. 

Disarankan untuk menggunakan lampu hemat energi atau lampu LED pada teras rumah jadi ruang tamu yang Anda buat untuk efisiensi energi yang lebih baik yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Furnitur dan Tata Letak

Tata letak furnitur di teras jadi ruang tamu dapat mempengaruhi fungsionalitas dan estetika ruang tersebut. Agar tercipta area duduk yang nyaman dan mengoptimalkan lahan yang tersedia.

Pilih furniture untuk ruang tamu teras, seperti sofa, kursi, meja kopi, dan rak buku yang tahan terhadap cuaca dan cocok untuk penggunaan outdoor. Bahan seperti rotan sintetis, logam tahan karat, atau kayu tahan cuaca adalah pilihan yang baik.

Pertimbangkan ukuran dan bentuk teras untuk memastikan furniture sesuai dan tidak menghalangi jalur lalu lintas agar bergerak dengan nyaman.

Gunakan karpet atau alas untuk menentukan area duduk dan menciptakan batas visual sehingga orientasi arah pandang terhadap elemen lain di teras tidak terhalang, seperti pemandangan, pintu, atau jendela.

Lakukan pengukuran dan perencanaan sebelum membeli furnitur agar dapat menyesuaikan dengan ukuran dan tata letak teras.

Dekorasi dan Sentuhan Pribadi

Dekorasi ruang tamu teras dapat menciptakan suasana yang nyaman dan mengundang untuk bersantai atau berkumpul dengan keluarga dan teman. Selain itu, bisa dengan menambahkan tanaman hias untuk menciptakan tampilan yang segar dan alami.

Untuk menambah kenyamanan pada furnitur bisa menggunakan bantal dan bantal taman yang lembut dan berwarna-warni dengan pilihan motif atau pola yang cocok pada gaya dekorasi ruang tamu.

Gunakan keranjang atau tempat penyimpanan yang estetis untuk menyimpan bantal, selimut, atau aksesori lainnya di ruang tamu teras. Hal Ini dapat  membantu menjaga teras tetap rapi dan memberikan akses mudah pada barang-barang yang diperlukan.

Tidak ada salahnya menambahkan hiasan dinding, seperti lukisan, patung, atau dan lain-lainnya, untuk memberikan sentuhan seni dan personalitas pada teras jadi ruang tamu yang lebih indah. 

Perlengkapan Tambahan

Pastikan untuk memperhatikan aspek keamanan dan struktural saat memodifikasi teras rumah jadi ruang tamu atau bisa mertimbangkan penggunaan tirai atau blinds untuk memberikan privasi saat diperlukan.

Pasang pengatur suhu, seperti kipas angin atau pemanas, untuk menjaga kenyamanan suhu di ruang tamu teras, terutama saat musim panas atau musim dingin.

Pasang rak atau lemari penyimpanan untuk menyimpan barang-barang yang diperlukan di ruang tamu.

Pastikan sediakan akses listrik untuk penggunaan peralatan elektronik, seperti lampu, speaker, atau perangkat lainnya sehingga menambah kenyamanan penggunanya.

Namun hati-hati dengan peletakan dan penggunaan kabel atau peralatan lainnya yang mengandung aliran listrik harus tahan air atau bocor.

Baca juga : Simak Cara Menata Teras Rumah, Lebih Cantik dan Elegan!

Penutup

 

Memodifikasi teras rumah menjadi ruang tamu merupakan tantangan tersendiri karena membutuhkan penyesuaian untuk menambah kenyamanan pemilik rumah.

Dengan memperhatikan faktor-faktor tertentu pemilik rumah dapat memodifikasi teras rumah menjadi ruang tamu yang nyaman dan tenang.

Pemilihan material dan lainnya sangat menentukan berhasil atau tidaknya suatu modifikasi yang asalnya sebuah teras rumah menjadi ruang tamu.

InteriorDesign.id dibandingkan dengan desainer interior konvensional, mana yang terbaik untuk Anda?

Saatnya Mendesain Ulang Rumah Anda

Mau dekorasi, atau renovasi rumah?

Interiordesign.id adalah perusahaan desain interior online terkemuka yang dipercaya oleh ribuan pemilik rumah untuk menjadikan hunian mereka lebih baik. Desainer-desainer kami spesialis dalam berbagai gaya desain. Anda akan bekerja secara langsung bersama mereka saat proses desain. Online, terjangkau, dan profesional.

Ketika desain selesai, kami juga menangani proses renovasi. Tim renovasi dan produksi internal kami, dengan manajemen proyek berpengalaman, akan memastikan proyek renovasi ditangani secara profesional. Jangan khawatir, untuk pembiayaan, kami tidak mahal.

Info lebih lanjut, kontak CS

Artikel Terkait

Siap memulai proyek desain interior?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

4000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Let's share!
Hello interiordesign.id