Desain interior kitchen set

5 Tips Paling Tepat sebelum Memilih Kitchen Set

Posted by Erica Apriliani  •  Friday, May 10 2019

Hal yang paling penting saat memilih kitchen set adalah soal ukuran.

Interiordesign.id – Dapur merupakan salah satu ruangan yang penting di dalam rumah. Fungsi utama sebuah dapur adalah sebagai tempat untuk kegiatan masak-memasak. Namun, sebenarnya fungsi dapur dapat dikategorikan berdasarkan jenis dapurnya.

Mungkin sebelumnya anda pernah mendengar istilah dapur basah dan dapur kering. Dapur basah adalah jenis dapur di mana kegiatan masak-memasak dilakukan. Misalnya, proses memasak dari bahan mentah hingga siap dihidangkan.

Sementara dapur kering berfungsi untuk membuat makanan yang cenderung mudah dan cepat disajikan seperti menyiapkan sereal atau roti bakar untuk sarapan pagi. Selain itu, dapur kering pun bisa digunakan sebagai tempat untuk anda dan keluarga menikmati hidangan-hidangan yang ringan.

Bagi sebagian orang, mungkin mendesain dapur bukanlah sesuatu yang penting, apalagi dapur basah yang cenderung lebih kotor daripada dapur kering. Akan tetapi, tahukah anda bahwa seperti ruangan-ruangan lainnya, desain serta kondisi dapur di rumah dapat mencerminkan kepribadian pemiliknya?

Oleh karena itu, sebaiknya dapur pun didesain dan ditata sedemikian rupa agar tetap bersih dan enak dilihat. Nah, salah satu bagian yang berpengaruh besar pada dapur adalah kitchen set.

Secara umum, kitchen set merupakan furnitur yang dibuat khusus untuk menaruh peralatan dapur atau peralatan memasak dalam rumah. Kitchen set terdiri dari lemari kabinet untuk menyimpan peralatan dapur. Selain membuat dapur anda terlihat rapi, kitchen set juga bisa membuat tampilan dapur terlihat lebih indah.

Ada beberapa faktor yang harus anda perhatikan sebelum membeli kitchen set. Berikut beberapa tips memilih kitchen set yang tepat untuk dapur rumah anda.

  1. Tentukan Ukuran Dapur

desain kitchen set minimalis

~ via messageinthesky

Hal yang paling penting saat memilih kitchen set adalah ukuran dapur anda. Wajib hukumnya untuk menyesuaikan luas dapur anda dan ukuran kitchen set. Anda harus mengukur sedetail mungkin. Apabila perlu, anda bisa meminta developer kitchen set untuk mengukur luas dapur anda.

Harus ada keseimbangan antara ukuran kitchen set dan luas dapur anda. Jangan sampai kitchen set anda terlalu besar untuk dapur anda dan sebaliknya. Perlu anda ketahui juga bahwa biasanya semakin besar kitchen set, maka semakin pula harganya.

Bacaan terkait

Manfaat Desain Kitchen Set Custom, Tampilan yang Cantik dan Desain yang Lebih Personal

  1. Memilih Konsep Desain

desain kitchen set

~ interiordesign.id

Pemilihan model atau desain sebuah kitchen set juga tak kalah penting. Selain memilih sesuai dengan selera anda, ada beberapa hal juga yang anda perlu ketahui mengenai model kitchen set. Ada beberapa model kitchen set di pasaran seperti kitchen set berbentuk U atau L.

Kitchen set berbentuk U biasanya difavoritkan untuk dapur dengan luas terbatas. Sebaliknya, kitchen set berbentuk L akan sangat cocok apabila dapur rumah anda luas.

Selain L dan U, model kitchen set satu sisi pun bisa menjadi alternatif, terutama apabila luas dapur anda kurang dari 30 meter persegi. Tidak seperti model L dan U, kitchen set jenis ini pada umumnya hanya terdiri dari dua lemari saja. Lemari bagian atas digunakan untuk menyimpan peralatan makan dan lemari bagian bawah untuk menaruh oven atau gas.

Jika anda masih tidak yakin dengan model kitchen set, anda juga bisa berkonsultasi dengan desainer-desainer profesional bagaimana membuat kitchen set yang cocok dengan selera serta kebutuhan anda. Dengan cara ini, tentu anda akan mengeluarkan biaya yang lebih banyak. Namun mengingat kitchen set bisa digunakan hingga 5 tahun atau lebih, biaya yang dikeluarkan akan terasa worth it.

Seperti ruangan di rumah tinggal lainnya, dapur anda pun sebaiknya bertema tertentu. Pastikan bahwa kitchen set yang anda pilih sesuai dengan tema dapur anda. Misalnya, apabila anda menggunakan tema minimalis di rumah, pilihlah kitchen set yang simpel dan fungsional.

  1. Perhatikan Material atau Bahan

Desain kitchen set

~ via hiveminer

Semua orang pasti menginginkan kitchen set yang bisa bertahan lama. Untuk itu, anda harus memperhatikan bahan atau materialnya. Ada banyak bahan kitchen set yang ditawarkan di pasaran. Semakin berkualitas bahan yang digunakan, maha semakin mahal harga kitchen set tersebut. Tapi tentunya, bahan yang bagus juga akan menghasilkan kitchen set dengan daya tahan yang lama.

Alumunium, kayu solid, papan partikel, polywood, dan lainnya sering digunakan sebagai bahan untuk kitchen set. Anda bisa memilih sesuai selera dan tingkat keawetan. Misalnya, kitchen set berbahan kayu solid sudah pasti akan lebih awet dari yang berbahan papan partikel. Mayoritas kitchen set menggunakan plywood yang dilapisi oleh multipleks atau HPL (High Pressure Laminate) untuk mempercantik tampilannya.

Jika mempunyai bajet lebih, anda bisa memilih kitchen set dengan counter serta backsplash berbahan marmer untuk kesan mewah dan stylish secara instan.

  1. Jangan Lupakan Warna Cat!

desain kitchen set dengan konsep natural modern

~ via decoomo

Pemilihan warna untuk sebuah ruangan adalah suatu yang menyenangkan. Bagaimanapun juga, warna bisa memengaruhi psikologi seseorang. Jadi, pastikan anda memilih warna yang tepat untuk kitchen set anda. Sebaiknya pilih palet warna yang matching dengan tema dapur anda. Anda juga bisa menyesuaikan dengan warna cat dinding dapur anda.

Menurut psikologi warna, warna-warna cerah dapat memberikan ilusi ruangan yang lebih luas. Maka, apabila luas dapur anda terbatas, anda bisa menggunakan warna cerah sebagai pilihan. Warna putih dan silver masih menjadi favorit karena mudah dikombinasikan dengan warna lain dan terkesan modern serta bersih.

Warna natural seperti coklat juga sangat mudah untuk dikombinasikan dengan warna lain. Jika ingin berbeda, anda juga bisa memilih warna hitam untuk kitchen set anda. Warna hitam akan cocok bagi anda yang tidak suka kotor.

Bacaan selanjutnya

Fungsi dan Pengaruh Warna Terhadap Suasana Hati

  1. Cermat dalam Menempatkan Furnitur

Desain kitchen set modern minimalis

~ via gocnhadep

Sebelum memilih kitchen set, sebaiknya anda membuat daftar perabotan mana saja yang akan anda simpan di dalam kitchen set. Jika sudah tahu, anda bisa menentukan jumlah kabinet atau lemari yang anda butuhkan pada kitchen set anda.

model kitchen set kontemporer

~ via pinterest

Proses masak-memasak menghasilkan asap dan uap panas yang tentunya kurang bagus untuk kesehatan anda. Oleh karena itu, dapur yang dilengkapi dengan kitchen set sebaiknya dilengkapi dengan cooker hood juga. Cooker hood berfungsi untuk menyedot dan mengeluarkan asap dan uap panas dari dalam dapur. Selain itu, cooker hood bisa menjaga keawetan kitchen set anda.

Begitulah kira-kira beberapa tips yang mudah diterapkan sebelum anda memutuskan untuk memakai kitchen set. Perlu diperhatikan bahwa selera desain anda juga harus selaras dengan kebutuhan dan kenyamanan di area dapur.

Butuh bantuan desain dan dekorasi interior? Konsultasikan dengan desainer-desainer kami!

Tags: , , , , , , ,

Erica Apriliani

By Erica Apriliani

Erica was born in Bandung. She graduated from Maranatha Christian University Bandung in 2017, majoring in English Literature. She is a tea and cat person who is fond of theatre, reading, journaling, watching movies, and listening to music. She currently works as a content writer.

Artikel lainnya




Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa


 

Follow on Instagram