fbpx
Hi, Guest
Login  |  Register

12 Inspirasi Wallpaper Dinding yang Cocok untuk Ruang Tamu

Posted by Fadhil Rahman Monday, July 12 2021
wallpaper ruang tamu

Wallpaper dinding ruang tamu adalah dekorasi pertama yang bisa Anda coba hadirkan jika Anda ingin memperlihatkan daya tarik visual dari hunian Anda kepada siapa pun yang berkunjung ke kediaman Anda.

Estimated reading time: 8 minutes

Jika Anda ingin menghadirkan suasana lain pada ruang tamu Anda, salah satu cara yang paling sederhana adalah dengan menghadirkan wallpaper. Terdapat beragam gaya wallpaper yang dapat Anda pilih, dimulai dari yang polos dengan warna netral atau lembut, hingga yang berpola. Anda memiliki kebebasan untuk memilih gaya wallpaper yang paling cocok untuk dinding ruang tamu Anda.

Bagi mereka yang ingin menghias ruang tamu, wallpaper mural merupakan pilihan yang paling populer, karena jenis wallpaper ini dinilai dapat mengekspresikan kepribadian penghuni rumah. Kegunaan lain dari wallpaper adalah untuk menonjolkan fitur arsitektur tertentu seperti cerobong asap. Selain itu, wallpaper pun dapat digunakan untuk menghiasi langit-langit ruang tamu.

Berikut adalah inspirasi lengkap wallpaper dinding ruang tamu yang bisa Anda pilih dan sesuaikan dengan keinginan Anda.

#1 Wallpaper Dinding Ruang Tamu dengan Pola Garis-Garis Tinggi

wallpaper dinding ruang tamu dengan pola garis-garis
by Graham & Brown via House Beautiful

Wallpaper dengan pola garis-garis tidak akan gagal memberikan ruang tamu Anda tampilan visual yang baik. Selain itu, wallpaper ini pun banyak dipilih oleh para pemilik rumah. Pola garis-garis vertikal pada wallpaper ini cocok untuk diterapkan di rumah dengan langit-langit rendah, karena ia dapat menciptakan ilusi seolah ruangan memiliki plafon yang tinggi.

Pola garis-garis selalu terlihat serasi apabila dipadukan dengan panel atau wainscot. Tampilan ruang tamu seperti ini bisa membuat hunian Anda terlihat layaknya rumah-rumah di serial Bridgerton.

#2 Warna Gradasi yang Menenangkan untuk Wallpaper Ruang Tamu

wallpaper dinding ruang tamu dengan warna gradasi
by Elizabeth Ockford via House Beautiful

Salah satu cara terbaik untuk menambahkan warna pada ruang tamu polos Anda adalah dengan memasang wallpaper gradasi.

Pertama-tama, Anda harus memilih warna favorit Anda terlebih dahulu. Lalu pasang wallpaper gradasi, yang mana warna pucat berada di bagian atas dinding, sedangkan warna yang cukup kuat berada di bagian bawah dinding. Wallpaper dinding dengan gradasi warna seperti ini dapat memberikan kesan yang menenangkan seperti wallpaper ini.

#3 Hiasan Dinding yang Tidak Harus Selalu Menempel di Dinding

wallpaper dinding ruang tamu untuk rak buku
by Farrow & Ball via House Beautiful

Kaidah ini berlaku bagi Anda yang masih memiliki sisa potongan wallpaper yang pernah Anda pakai. Apabila ruang tamu Anda memiliki rak buku dengan latar polos, Anda bisa menggunakan sisaan wallpaper ini untuk melapisi latar rak buku tersebut. Kehadiran wallpaper ini akan membuat rak buku di ruang tamu Anda jadi terlihat lebih cantik.

#4 Motif Kerang “Pahat” pada Wallpaper Dinding Ruang Tamu

wallpaper dinding ruang tamu motif kerang
by Farrow & Ball via House Beautiful

Motif wallpaper bergambar kerang ini memiliki permukaan yang lembut. Kehadiran wallpaper ini berhasil menciptakan harmoni yang baik dalam ruang tamu tempat ia berada. Anda yang menyukai warna-warna lembut bisa mencoba memasang wallpaper ini pada ruang tamu Anda.

#5 Wallpaper yang Mengisi Ceruk-Ceruk pada Ruang Tamu

wallpaper untuk ceruk dinding ruang tamu
by Woodchip & Magnolia via House Beautiful

Apakah ruang tamu Anda memiliki ceruk-ceruk melengkung? Jika iya, wallpaper bergaya retro dengan konsep tradisional ini dapat dipasang pada ceruk-ceruk tersebut. Kertas bermotif ini justru membuat ceruk pada ruang tamu Anda tampak menonjol. Selain itu, Anda pun bisa menambahkan ambalan pada ceruk-ceruk ini dan menyulapnya menjadi sebuah rak yang estetis.

#6 Ruang Tamu dengan Wallpaper Berpola Gelap

wallpaper dinding ruang tamu dengan skema warna gelap
by Little Greene via House Beautiful

Anda yang menyukai warna-warna gelap tidak perlu ragu untuk menghadirkan warna ini di ruang tamu Anda. Anda dapat menyatukan warna ini dengan aksen yang terkesan berani dan kuat, seperti kursi berwarna oranye. Selain itu, gunakan pula material kayu pada ruang tamu Anda.

#7 Tidak Harus Selalu Menghadirkan Panel untuk Menampilkan sebuah Panel

wallpaper dinding ruang tamu dengan pola panel
by Paper Library via House Beautiful

Anda yang ingin menghadirkan panel atau wainscot pada ruang tamu tidak harus benar-benar membuat sebuah panel di ruangan tersebut. Wallpaper selalu bisa Anda andalkan untuk menciptakan elemen dekorasi satu ini.

Contohnya adalah wallpaper panel berwarna abu-abu gelap dengan pola yang halus ini. Pola yang ada pada wallpaper ini mengingatkan pada ubin dan punya sentuhan ala Maroko. Wallpaper panel ini cocok untuk ruang tamu yang memiliki langit-langit yang tinggi.

#8 Menghidupkan Gaya Country lewat Wallpaper Dinding

by Farrow & Ball via House Beautiful

Jika Anda ingin menciptakan gaya country ala pedesaan pada ruang tamu Anda, Anda harus memilih wallpaper dengan desain botani yang rumit. Pola botani pada wallpaper amat memberikan warna pada ruangan bergaya rustic ini.

Patrick O’Donnel, Brand Ambassador Farrow & Ball menyebutkan, bahwa wallpaper dapat menambahkan kehangatan serta tekstur menarik pada ruangan. Selain itu, pemakaian wallpaper juga merupakan langkah yang dinilai baik untuk menyembunyikan kekurangan pada dinding.

#9 Wallpaper Dinding Ruang Tamu dengan “Energi” dari Warna Biru

by Little Greene via House Beautiful

Warna biru dipercaya dapat membuat Anda merasa tenang, santai, bersemangat, atau bahkan berenergi. Ia pun dinilai dapat mendorong produktivitas seseorang apabila diterapkan di ruangan tertentu.

Anda bisa menghadirkan “energi” ini pada ruang tamu Anda dengan menggunakan wallpaper berskema warna biru. Wallpaper dengan pola bulu burung merak ini berhasil memberikan energi serta warna pada ruang tamu tempat ia berada.

#10 Pola Geometris pada Wallpaper Dinding Ruang Tamu

by I Love Wallpaper via House Beautiful

Pola geometris selalu berhasil memberikan gaya pada ruang tamu mana pun. Terlebih jika Anda memilih warna abu-abu dan kuning yang merupakan warna yang tren di tahun 2021. Kombinasi kedua warna ini beserta pola geometris akan menciptakan ruang tamu dengan daya tarik visual yang baik.

Jika Anda menggunakan wallpaper berpola geometris dengan bentuk intan seperti ini, pastikan Anda melengkapinya dengan kehadiran bantal-bantal kursi. Bantal kursi ini perlu bisa melengkapi skema warna yang ada serta dapat menambahkan pola dan tekstur.

#11 Elemen Tropikal yang Menciptakan Ketenangan pada Ruang Tamu

by MINDTHEGAP via House Beautiful

Suasana liburan santai bisa Anda hadirkan ke dalam ruang tamu Anda dengan memakai wallpaper yang memiliki warna lembut serta elemen tropis di dalamnya. Contohnya adalah wallpaper yang memiliki pola pohon palem besar ala Karibia ini. Komposisinya yang agak kabur dapat memberikan kesan menenangkan pada ruang tamu.

#12 Menunjukkan Keberanian Melalui Wallpaper Ruang Tamu

by Wallsauce via House Beautiful

Anda sangat bisa menunjukkan keberanian melalui wallpaper pada ruang tamu Anda. Belakangan ini, mural tengah naik daun karena popularitasnya sebagian dekorasi dinding rumah. Namun, wallpaper ini menunjukkan bahwa ia bisa seunggul mural. Gambar bunga besar yang mencolok ini terkesan amat berani untuk hadir di ruang tamu.

Portfolio: Desain Ruang Tamu Gaya Jepang Modern – Bogor, Jawa Barat

Itulah kedua belas inspirasi wallpaper dinding ruang tamu yang bisa Anda tiru untuk hunian Anda. Masing-masing dari wallpaper ini memiliki keunikan dan gayanya tersendiri. Anda tinggal menyesuaikannya dengan suasana yang ingin Anda ciptakan di dalam ruang tamu.

Jadikan Interior Rumah Lebih Istimewa
...
  • ✅ Proses desain yang mudah, Online kapanpun, di manapun
  • ✅ Desainer-desainer terbaik dan profesional
  • ✅ Harga desain terjangkau, sesuaikan dengan kebutuhan, flat per room

Siap memulai proyek desain interior?

Mau rumah impian sesuai anggaran yang Anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

2000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Hello interiordesign.id