fbpx
Hi, Guest
Login  |  Register

Wallpaper: Wall Treatment Pelengkap Ketidaksempurnaan Dinding

Posted by Syifa Arbati Nur Alami Wednesday, April 14 2021
wallpaper

Wallpaper dinding ada bukan hanya untuk menambah nilai estetika dari sebuah ruangan. Ia hadir untuk melengkapi ketidaksempurnaan yang dimiliki oleh dinding rumah.

Estimated reading time: 8 minutes

Mengenal Wall Treatments

Sebelum lebih banyak membahas tentang pelapis dinding satu ini, Anda perlu berkenalan terlebih dahulu dengan wall treatments. Wall treatments adalah payung besar yang menaungi keberadaan wallpaper dinding. Lantas, apa itu wall treatments?

Mudahnya, wall treatments adalah segala usaha yang Anda lakukan untuk melengkapi dan mendekorasi dinding ruangan, untuk menciptakan atmosfer yang ingin Anda rasakan. Treatment yang Anda lakukan terhadap dinding biasanya bertujuan untuk memenuhi kebutuhan estetika, membuat ruangan terasa lebih menenangkan, dll.

Jenis-Jenis Wall Treatments

Wall treatment atau yang bisa disebut sebagai dekorasi dinding, memiliki berbagai macam jenis. Apa sajakah itu?

Cat Dinding

ruang makan modern klasik

Di antara wall treatment lainnya, cat dinding adalah treatment yang paling sederhana. Meski begitu, rumah Anda tetap dapat terlihat cantik, asalkan pemilihan warna cat rumah dilakukan dengan tepat. Pilih warna cerah agar hunian terkesan lebih luas.

Cat dinding ini tidak hanya sebatas pewarnaan polos pada dinding. Anda pun bisa menambahkan gambar mural di sana.

Batu Alam

Wall treatment batu alam bisa Anda pasang di dinding rumah Anda untuk memberikan kesan natural. Tidak hanya dinding outdoor yang boleh memiliki treatment yang satu ini. Tampilan interior pun bisa terlihat semakin cantik dengan adanya batu alam.

Keramik

Keramik bisa Anda gunakan untuk treatment dinding Anda. Material ini cocok untuk ditempatkan di ruangan yang punya kelembapan tinggi seperti dapur atau kamar mandi. Wall treatment keramik mudah dirawat dan dibersihkan dari jamur dan kotoran.

Kayu

Treatment satu ini dapat memberikan kesan hangat pada ruangan. Anda bisa melapisi dinding Anda dengan kayu asli atau buatan. Apabila Anda ingin memperlihatkan langsung material kayu yang Anda gunakan untuk dinding Anda, tentu Anda bisa melakukannya. Namun material ini perlu dilindungi dengan memberikan ekstra coating.

Material yang Diekspos

Anda bisa menemukan wall treatment semacam ini di bangunan bergaya industrial. Biasanya, material asli dari dinding bangunan diperlihatkan, entah berupa kayu, bata, beton, atau plester bangunan. Meski terkesan layaknya bangunan yang belum selesai, tetapi wall treatment berupa material yang diekspos memiliki keunikan tersendiri.

Wallpaper

Wall treatment satu ini dianggap sebagai pilihan yang paling aman. Ia adalah sentuhan akhir yang dapat Anda berikan pada dinding, berupa lapisan dengan banyak pola, warna, dan tekstur. Treatment ini memiliki berbagai macam jenis yang bisa Anda pilih sendiri sesuai dengan selera Anda.

Mengapa Wallpaper Dinding?

Pelapis dinding ini memiliki berbagai kelebihan yang dapat mendorong Anda untuk mengaplikasikannya di tembok rumah Anda. Beberapa di antaranya adalah mampu menutupi tembok yang retak. Selain itu, ia pun lebih praktis dalam hal pemasangan dan hemat dalam hal biaya. Apabila pelapis ini mengalami kerusakan, ia lebih mudah diperbaiki.

Dari segi estetika, wallpaper dinding juga terlihat lebih menarik karena memiliki beragam motif. Ia pun mudah dibersihkan menggunakan kemoceng. Terakhir, keberadaan wall treatment ini dapat memberikan kesan mewah terhadap ruangan.

Jenis-Jenis Wallpaper Dinding

Selain memiliki banyak keunggulan, wallpaper dinding juga mempunyai berbagai macam jenis. Anda bisa memilih salah satu dari beragam jenis wallpaper yang paling pas untuk hunian Anda berikut ini:

Wallpaper Berbahan Non-Tenun

Wallpaper non-tenun adalah pilihan populer dalam hal dekorasi dinding rumah. Bahannya yang breathable membuat wallpaper jenis ini dapat mengeliminasi masalah jamur. Ini pun dapat dicuci dan cocok untuk dipasang di kamar mandi dan dapur.

Selain itu, wallpaper non-tenun juga memiliki teknologi yang dapat melekat kuat pada dinding, sehingga tahan terhadap kelembapan. Dus, saat proses dekorasi ulang, wallpaper ini mudah untuk dilepas. Bahannya yang terbuat dari serat sintetis dan natural membuatnya tahan terhadap goresan. Pilihan wallpaper ini cocok untuk dipasang di seluruh area rumah.

Wallpaper Berbahan Vinyl

Wallpaper vinyl adalah pilihan tepat untuk area dengan lalu lintas tinggi seperti kamar mandi atau dapur. Ia terdiri dari lapisan kertas dan cetakan vinyl di atasnya. Material ini tahan terhadap air dan uap, serta mudah dibersihkan. Selain itu, mengombinasikan wallpaper vinyl dengan keramik di kamar mandi juga merupakan ide yang bagus.

Kertas Dinding Model Flock

Flock adalah jenis wallpaper tertua. Pada awalnya, ia ditemukan untuk meniru potongan beludru pada awal abad ke-17. Selain itu, penggunaan material ini pun dianggap sebagai suatu kemewahan di kalangan orang-orang kaya pada masa itu. Hampir berbagai pusat kegiatan publik seperti pub atau restoran memiliki hiasan dinding satu ini.

Meski telah ada sejak lama, wallpaper flock tetap bisa Anda temukan di berbagai hunian karena penggemarnya selalu ada. Penambahan aksen tiga dimensi pada wallpaper ini membuat terlihat makin menarik. Terdapat beragam motif dan pola yang bisa Anda pilih dari wallpaper flock.

Wallpaper ini cocok bagi Anda yang ingin menguatkan kesan mewah terhadap hunian. Selain itu, flock memiliki keunggulan yaitu dapat meredam suara.

Kertas Dinding Bermodel Anaglypta

Anaglypta ditemukan oleh Frederick Walton pada tahun 1877. Ia sangat populer di era Victoria dan merupakan pelapis dinding pertama yang dapat dicuci. Nama Anaglypta sendiri datang dari istilah dalam bahasa Yunani, yaitu Ana yang berarti menonjol, dan Glypta yang berarti cameo.

Pelapis dinding elegan ini memiliki beragam gaya dimulai dari vintage hingga kontemporer. Pemasangan Anaglypta disarankan dilakukan pada area dengan lalu lintas tinggi seperti area masuk rumah. Selain itu, kehadiran Anagylpta pun dapat menutupi kekurangan yang ada pada tembok rumah Anda.

Wallpaper Berbahan Grasscloth

Apabila Anda tidak tertarik dengan motif dan warna, grasscloth adalah pilihan tepat untuk membuat dinding rumah Anda jadi lebih menarik. Meski begitu, harga grasscloth dapat sangat mahal. Dari segi ketahanan dan usia, grasscloth patut diacungi jempol. Ia pun bisa menutupi ketidaksempurnaan dinding rumah Anda.

Menyesuaikan Wallpaper Dinding dengan Kesan Ruangan yang Ingin Ditimbulkan

Sebelum memutuskan pelapis dinding mana yang paling cocok untuk dipasang di rumah, Anda perlu memikirkan kesan ruangan yang ingin ditimbulkan terlebih dahulu. Karena wall treatment yang tepat dapat mendukung suasana hati Anda dan juga menunjang nilai estetika dari ruangan yang Anda dekorasi.

Ruangan yang Terkesan Lapang

Kehadiran wall treatment ini dapat membantu mencerahkan ruangan. Anda bisa memilih yang memiliki halus untuk memberikan kesan cerah dan lapang pada ruangan Anda.

Ruangan yang Terkesan Hangat

Apabila Anda ingin ruangan Anda terkesan hangat, Anda bisa memilih pelapis yang berwarna hangat juga. Ia bisa dikombinasikan dengan pola bunga-bunga yang dapat menambah kenyamanan terhadap ruangan.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai wall treatment, khususnya wallpaper dinding. Dapat disimpulkan bahwa wall treatment rupanya tidak hanya berguna dari segi estetika, ia pun berfungsi untuk “menutupi kecacatan” yang mungkin dimiliki oleh dinding rumah kita.

Di sini, wallpaper memiliki kapasitas yang sangat baik untuk menutupi ketidaksempurnaan tersebut. Ia hadir dengan berbagai macam bahan, motif, dan warna, yang bisa kita pilih dan sesuaikan dengan gaya rumah kita. Anda bisa menentukan sendiri pelapis dinding yang cocok dengan kesan ruangan yang ingin Anda timbulkan.

Baca juga: Cara Pasang Wallpaper: Berbagai Pilihan Gaya & Tips Pemasangan

InteriorDesign.id dibandingkan dengan desainer interior konvensional, mana yang terbaik untuk Anda?

Related Articles

Siap memulai proyek desain interior?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

2000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Hello interiordesign.id