fbpx
Hi, Guest
Login  |  Register

10 Pilihan Material Meja Dapur: Plus & Minus?

interior dapur minimalis dengan meja dapur kayu

Jenis material meja dapur beserta kelebihan dan kekurangannya.

Estimated reading time: 6 minutes

InteriorDesign.id – Bicara mengenai kitchen set pastinya tidak akan terlepas dari meja dapur, karena sejatinya, ini adalah poin utama dari sebuah dapur dan menjadi pusat aktivitas di area tersebut.

Nah, bagi Anda yang sedang ingin mendekorasi dapur, tentu harus memerhatikan banyak hal, termasuk di antaranya mengenal material apa yang sesuai dan paling baik untuk meja dapur di rumah Anda.

Berikut adalah 10 pilihan material untuk meja dapur beserta kelebihan dan kekurangannya.

1. Material Kayu

dapur minimalis modern

Meja dapur berbahan kayu selalu berhasil menciptakan suasana yang hangat dan nyaman pada sebuah dapur. Walaupun terkesan “tradisional”, tetapi masih banyak yang setia menggunakan material ini.

Kelebihan:

Kelebihan dari material kayu untuk meja dapur adalah bahan ini bersifat ramah lingkungan dan sangat nyaman untuk digunakan. Dari segi desain pun, dapur yang menggunakan unsur kayu akan terlihat natural dan hangat, terlebih jika Anda melengkapinya dengan peralatan dapur serba kayu agar tercipta keserasian.

Kekurangan:

Kekurangan dari material kayu saat digunakan sebagai material utama untuk meja dapur, adalah ia sangat mudah menyerap noda. Jadi, jika permukaan meja terkena percikan minyak atau saus, maka akan meninggalkan bekas harus seringkali Anda bersikan. Itulah sebab, jika Anda menggunakan material kayu, lapisi permukaan meja dengan kaca agar noda tidak mengenai langsung pada permukaan kayunya.

2. Kuarsa Buatan

Membutuhkan material yang kuat untuk meja dapur Anda untuk aktivitas memasak yang tinggi? Material kuarsa Buatan adalah solusinya.

Material yang terbuat dari 95% batuan kuarsa yang diikat dengan resin ini menciptakan material meja dapur yang kokoh dan tahan panas.

Kelebihan:

Material kuarsa sangat disukai karena sangat awet, serta tahan panas dan noda. Material ini sangat cocok jika aktivitas memasak di area dapur cukup tinggi.

Kekurangan:

Jika ada kekurangan dari material kuarsa untuk meja dapur, adalah harganya yang cukup mahal. Ya, jika Anda menginginkan material kuat seperti kuarsa, bersiaplah merogoh kocek lebih dalam.

3. Ubin Keramik

dapur render

Siapa bilang ubin keramik hanya dapat digunakan sebagai material lantai?

Nyatanya, material Jenis ini juga populer digunakan untuk bahan countertop dapur.

Kelebihan:

Kelebihan dari ubin keramik sebagai bahan meja dapur adalah harganya yang sangat ekonomis, mudah didapat, dan mudah dipasang. Ubin keramik juga hadir dalam berbagai corak sehingga akan mempercantik meja dapur Anda.

Kekurangan:

Kekurangan dari ubin keramik adalah material ini mudah retak atau rusak ketika terkena benturan keras. Untuk perbaikannya pun cukup sulit, bahkan terkadang Anda harus membongkar beberapa bagian meja untuk memperbaikinya.

Baca juga:

10 Inspirasi Meja Dapur yang Bergaya Minimalis

4. Solid Surface

Material solid surface dibuat dari campuran akrilik dan resin. Material ini cukup unggul digunakan sebagai bahan dari pembuatan countertop.

Kelebihan:

Kelebihan dari material ini adalah memiliki ketahanan terhadap noda yang baik, hadir dalam desain yang beragam, dan mudah diperbaiki hanya dengan cara diampelas ketika ada kerusakan.

Kekurangan:

Untuk kekurangannya sendiri, bahan meja dapur ini cukup mahal, tidak tahan panas, dan pemasangannya memerlukan tenaga ahli.

5. Beton

material meja dapur
Meja dapur beton. ~ via the spruce

Walaupun beton merupakan material meja dapur yang belum terlalu lazim digunakan, tetapi cukup memiliki penggemar.

Kelebihan:

Material beton memiliki keunggulan dari segi harga dan juga nuansa industrial.

Kekurangan:

Kekurangan dari material beton adalah lumayan berat sehingga Anda harus memastikan bagian bawah dari meja dapur cukup kuat untuk menopangnya.

6. Meja Dapur Granit

Ini dia material countertop buat pecinta dapur mewah dan elegan.

Material granit selalu berhasil menciptakan nuansa berkelas pada sebuah dapur. Walau memiliki harga “selangit”, nyatanya material ini termasuk material yang paling digemari.

Kelebihan:

Seperti disebutkan sebelumnya, kelebihan dari material granit adalah kemampuannya untuk menghadirkan kesan mewah dan elegan pada ruang dapur. Di samping itu, material ini sangat kuat dan tahan terhadap panas.

Kekurangan:

Penggunaan material granit untuk countertop adalah harganya yang mahal. Pemasangannya juga memerlukan tenaga ahli, dan tidak bisa dilakukan sembarang.

7. Meja Dapur Marmer


Marmer adalah material untuk meja dapur yang juga memiliki harga yang cukup mahal. Namun, ini sangat sebanding dengan kualitas dan keindahan yang dihasilkan.

Kelebihan:

Setiap lempengan marmer tidak sama, hal inilah yang membuat material ini istimewa. Marmer juga sangat kuat, serta tahan panas dan air, sehingga tidak perlu khawatir meja dapur rusak atau bahkan terlihat kotor. Sangat mudah membersihkannya.

Kekurangan:

Material ini tergolong material untuk dapur yang dibanderol dengan harga tinggi. Untuk pemasangannya sendiri, tidak bisa dilakukan sembarang, dan harus dilakukan oleh ahlinya.

Baca juga:

20+ Warna Cat Dapur Terbaik yang Menjadikan Ruang Dapur Terlihat Lebih Menyenangkan

8. Bahan Laminasi

Bahan laminasi yang digunakan sebagai bahan meja dapur terbuat dari Laminasi plastik yang diikat pada bagian inti dari papan partikel MDF (mid-density fiberboard). Material ini memiliki cukup banyak keunggulan.

Kelebihan:

Keunggulan dari material ini adalah harganya yang terjangkau dan mudah untuk dipasang. Selain itu, material ini memiliki banyak corak yang bagus seperti menyerupai kayu, marmer, dan granit.

Kekurangan:

Karena memiliki bahan dasar plastik, pastinya material ini memiliki ketahanan panas yang rendah. Hindari meletakkan panci panas langsung ke permukaan meja dapur ini karena akan membuat lapisan meja meleleh atau terkelupas.

9. Stainless Steel

Bagi Anda yang mendambakan dapur futuristik, jenis material ini sangat cocok untuk Anda.

Kelebihan:

kelebihan dari material ini adalah ketahanannya terhadap panas dan goresan. Meja dapur dengan material juga sangat mudah untuk dibersihkan.

Kekurangan:

Kekurangan meja dapur stainless steel adalah biaya pemasangan yang mahal, berisik, mudah penyok, dan sangat mudah menghantarkan panas. Petimbangkan saat mau menggunakannya.

Baca juga:

10 Inspirasi Model Meja Dapur Minimalis yang Nyaman dan Fungsional

10. Porselen

material meja dapur
Meja dapur porselen. ~ via floornature.com

Sama-sama terbuat dari tanah liat, nyatanya porselen memiliki perbedaan cukup mendasar jika dibandingkan dengan keramik.

Keramik terbuat dari tanah liat biasa, sementara porselen menggunakan tanah liat yang kaya akan mineral dan dibakar dalam suhu yang tinggi sehingga menjadikannya sangat padat.

Kelebihan:

Porselen merupakan material yang kokoh, tahan noda dan panas, serta sangat mudah dibersihkan.

Kekurangan:

Kekurangan porselen jika digunakan sebagai material meja dapur, adalah dari sisi harga. Porselen cuku mahal dan tidak lagi praktis.

Menentukan material yang tepat untuk meja dapur memang memerlukan banyak pertimbangan. Ingat, sesuaikan dengan kebutuhan. Dapur tidak hanya harus terlihat cantik, tetapi juga mesti fungsional dan sesuai dengan seberapa banyak aktivitas yang Anda lakukan di sana.

Material meja dapur mana yang terbaik menurut Anda?

Jadikan Interior Dapur Lebih Istimewa
...
  • ✅ Proses desain yang mudah, Online kapanpun, di manapun
  • ✅ Desainer-desainer terbaik dan profesional
  • ✅ Harga desain terjangkau, sesuaikan dengan kebutuhan, flat per room

Siap memulai proyek desain interior?

Rumah impian sesuai anggaran yang Anda miliki? Sangat mungkin & mudah!

2000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Hello interiordesign.id