fbpx
Hello, Guest

17 Pilihan Sofa Sudut untuk Ruang Tamu Minimalis Terbaru 2023

Posted by Kumala Devanty Thursday, February 23 2023
sofa sudut

InteriorDesign.idSofa sudut adalah area krusial untuk ruang keluarga atau ruang tamu. Mengusung tempat duduk yang nyaman ini bisa menjadi pilihan terbaik untuk menyapa tamu dengan hangat karena posisinya yang berdekatan. Sofa dengan panjang dan lebar yang maksimal juga bisa menjadi sahabat “si anak rumahan” untuk bermalas-malasan di depan televisi.

Banyak yang bilang ruang keluarga adalah nyawa sebuah rumah, agar penghuninya lebih menyatu dalam keadaan apapun. Tapi bagi kami sofa adalah meubel yang tidak bisa terlewatkan. Tanpa sofa, tak akan ada yang mau berlama-lama menonton televisi, tanpa sofa tak akan ada aktivitas dan chemistry yang terbangun di ruang keluarga.

Sofa kini mulai bergaya dan dibuat dengan berbagai macam material. Desain yang klasik tetap menarik perhatian, tapi Anda boleh juga mengaplikasikan sofa sudut terbaru yang disebut “sunken”. Penasaran bentuknya? Berikut berbagai macam sofa sudut yang bisa menghadirkan nuansa baru di rumah Anda.

Berbagai Macam Sofa Sudut untuk Ruangan Rumah Impian 

1. L Shape Sofa

Source: Pinterest Ally R.

Tipe sofa semacam ini banyak menjadi pilihan rumah-rumah di Indonesia, terutama karena sofa yang empuk dan juga bahan linen yang terjangkau. Pilihan warna netral seperti abu-abu memudahkan penghuni rumah untuk memadukan warna ruang tamu. Seperti gambar diatas yang menyatukan berbagai macam motif bantal dan juga karpet. 

Half Chaise Sofa

Sofa yang dibentuk dengan bantal susunan akan lebih tahan lama. Jika terkena banjir, Anda tinggal mengganti bantalannya saja sementara bagian kaki yang terbuat dari HPL (atau mungkin semen permanen) akan lebih awet dan tahan air. 

Source: Pinterest Camille Styles

Biasanya sofa sudut dengan model seperti gambar diatas disebut half chaise sofa, karena tidak sepenuhnya dicover dengan material sofa yang sama. Misalnya pada gambar diatas sandaran punggung dan pinggul dibuat dari material yang sama, namun bagian kaki dibuat full dengan material lain dan tidak menjadi kesatuan 100%. 

Bisa saja terbuat dari semen permanen atau material HPL. Keuntungannya mengusung half chaise sofa bisa memaksimalkan bagian kaki sebagai penyimpan barang selayaknya laci. 

Source: Pinterest One Kindesign

Half chaise sofa ternyata juga pas di ruang yang tinggi. Bata permanen yang menyatu dengan tembok bisa diakali menjadi rak majalah. 

Grande Sofa

Source: Pinterest businessinsider.com

Sofa yang lebar terkenal nyaman dan mungkin itulah yang menggambarkan jenis sofa diatas. Orang menyebutnya ‘grande sofa’ karena ukurannya yang besar dan bisa mengakomodasi lebih dari 4 orang. 

Grande sofa dengan model campuran seperti diatas memang sedang trend akhir-akhir ini. Bentuknya tidak seragam namun tetap nyaman dan indah dipandang mata.

Sofa dengan frame kayu

Source: Pinterest Pop and Scott 

Sofa dengan frame yang terbuat dari kayu juga lebih efisien. Tanpa mati gaya, kayu yang menyatu dengan segala jenis desain menambah kesan naturalisme yang sesuai dengan warna hijau. 

Source: Pinterest Amazing Architecture

Sofa rande yang tidak beraturan tetap menjadi chic di tangan desainer yang tepat. Berpadu dengan sandaran tangan yang juga berfungsi sebagai meja kecil, serta area grande luas yang muat untuk dua orang. 

Source: Pinterest Modern Home Decorating Magazine

Padukan kain wol berbulu di atas sofa agar tampilan sofa sudut Anda kian mempesona. Sentuhan meja kayu di tengah ruang keluarga menghangatkan ara ruang tamu yang nyaris mati.

 Modular siku sofa warna hijau

Sofa modular dengan siku yang tidak meruncing meninggalkan kesan lembut dan menyatu. Setiap orang yang duduk di atasnya bisa saling berhadapan dengan mudah dan tetap menyandarkan bahu tanpa harus memundurkan badan.

Source: Pinterest Scandinavian Designs
sudut sofa hijau
Source: Pinterest Curated Interior

Warna hijau matcha selalu menyegarkan mata. Seirama dengan pemilik rumah yang menyukai nuansa naturalis, sehingga menciptakan ruang keluarga yang nyaman dan segar. Desain modern slope yang tidak terlalu mencolok karena busa yang fluffy

couch table

Source: Pinterest home decoration

Meja tak selalu datar dan kaku, tetapi sentuhan busa bisa menjadikan meja yang tidak menjadi tempat penyimpanan barang menjadi lebih nyaman dipandang mata. Saat ruangan ramai, couch table bisa menjadi sandaran punggung bagi yang duduk di karpet. Couch table akan sangat nyaman jika dijadikan tangan bersandar saat bersantai.

Armless couch

sudut sofa armless
Source: Pinterest Elif Marko

Armless couch akan sangat berguna saat ruangan ramai. Siapapun bisa duduk di atasnya karena tidak ada sekat pembatas di area pinggir. Armless couch juga bisa menjadi pilihan untuk ruang keluarga yang sempit agar area lebih terasa lega. 

Sekat sofa yang tinggi meninggalkan kesan sempit karena seolah ada penghalang antara orang yang duduk di atas sofa dengan ruang keluarga. Maka armless couch disarankan untuk rumah atau apartemen dengan area terbatas. 

2. Sudut sofa: C Shaped Sofa

Source: Pinterest Boca do Lobo

Sofa berbentuk setengah lingkaran ini terlihat seperti potongan kue yang fluffy dengan bantal berbalut woll yang lembut. C shaped sofa mampu memuat lebih dari 10 orang dan sangat sesuai untuk keluarga besar atau rumah liburan.

Balutan c-shaped sofa yang baik adalah berbahan dasar beludru lembut, dan dirawat dengan vacuum cleaner secara teratur. 

sudut sofa c shape
Source:Pinterest Elle

C-shaped sofa juga bisa mengisi sudut yang kosong yang menempel persis pada jendela. Warna serta keindahan sofa ini terlihat jelas karena sinar matahari langsung masuk ke dalam ruangan. Pada malam hari, area ini akan terlihat romantis jika dipasang lampu kuning yang menghadap jendela malam gelap. 

half circle sofa

Source: Pinterest Archello

Sofa yang melingkar mengitari setengah ruang keluarga sangat memaksimalkan area tamu. Rumah menjadi tempat yang nyaman untuk berkunjung, apalagi jika sofa yang terpasang berukuran besar. Pemilihan meja berbusa tak hanya memberi sisi keunikan dan estetika, namun juga meminimalisir orang yang lalu lalang dari cedera.

Source: Pinterest ArchitectureArtDesigns

Mengusung interior modern di dalam rumah mediterania Portugis yang serba kayu termasuk berani. Namun hasilnya ternyata memuaskan. Dua sofa c-shaped sofa yang saling berhadapan membuat ruang tamu menjadi hangat, meski furniture dan perabot didominasi warna abu-abu. 

Suasana homey juga semakin terasa dengan hiasan pohon pisang mini dan kembang anggrek di tengah ruang keluarga.

3. Sofa Sudut: Sunken Couch

Source: Pinterest Atomic Ranch

Tipe sofa ini adalah yang ditanam atau lebih rendah daripada lantai ruangan. Sunken yang artinya tenggelam, begitulah kira-kira gambaran sofa yang tenggelam atau mencekung ke bawah.

Sunken couch dengan nuansa Morocco serba merah, dipadukan dengan sarung bantal hasil kerajinan dan aksesoris emas kuningan ternyata mampu menghidupkan rumah minimalis yang serba putih. 

sudut sofa sunken couch
Source: Pinterest HGTV

Sunken couch bisa berbentuk apa saja, bahkan berbentuk C-shaped sofa juga bisa. Keuntungannya, bisa menghemat area dimana Anda menempatkan rak buku di bagian atas dan menempatkan sofa agak kebawah. Jika sofa Anda tidak permanen yang bantalannya bisa diganti kapan saja mungkin bisa menyulap bagian bawah sofa menjadi rak penyimpanan.


Source: Pinterest Danielle Deshai | Modern Residential Interior Designer

Pemasangan sunken sofa pada ruang tamu jenis ini menambah dinamika keindahan rumah. Bayangkan jika sofa ditaruh di atas lantai putih yang sama dengan area diatasnya dan tidak ada bagian lantai yang cembung ke bawah, beserta dengan tangga turun. Mungkin interior rumah akan terasa monoton. 

Apalagi area dapur, ruang keluarga, dan ruang makan menjadi satu. Tampilannya mungkin kurang berkesan. Beda halnya jika ruang keluarga dibuat sedikit kebawah, menekankan kesan keintiman di antara penghuni rumah saat berkumpul bersama. 

Baca selanjutnya

Membeli Sofa Baru
Wednesday, November 9 2022
Posted by Anastasia Michella

InteriorDesign.id dibandingkan dengan desainer interior konvensional, mana yang terbaik untuk Anda?

Saatnya Mendesain Ulang Rumah Anda

Mau dekorasi, atau renovasi rumah?

Interiordesign.id adalah perusahaan desain interior online terkemuka yang dipercaya oleh ribuan pemilik rumah untuk menjadikan hunian mereka lebih baik. Desainer-desainer kami spesialis dalam berbagai gaya desain. Anda akan bekerja secara langsung bersama mereka saat proses desain. Online, terjangkau, dan profesional.

Ketika desain selesai, kami juga menangani proses renovasi. Tim renovasi dan produksi internal kami, dengan manajemen proyek berpengalaman, akan memastikan proyek renovasi ditangani secara profesional. Jangan khawatir, untuk pembiayaan, kami tidak mahal.

Info lebih lanjut, kontak CS

Berapa estimasi biaya renovasi Anda?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

4000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Estimasikan biaya interior rumah Anda dengan menjawab beberapa pertanyaan sederhana.
Estimasikan sekarang!
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Estimasikan sekarang!
Let's share!
Hello interiordesign.id