fbpx
Hello, Guest

Ikuti Panduan Mudah ini serta Tips Memilih Ukuran Sofa Rumah

Posted by Kumala Devanty Thursday, February 16 2023
Memilih ukuran sofa untuk ruang tamu

InteriorDesign.id – Saat Anda membeli sofa pastikan untuk tidak asal memilih sesuai dengan model dan jenis yang diinginkan. Hal yang tidak boleh dilewatkan saat membeli sofa adalah ukurannya. Karena ukuran sofa harus menyesuaikan dengan lebar ruangan yang ada. Hal ini agar sofa tidak membuat ruang gerak penghuninya saat digunakan. 

Panduan Memilih Ukuran Sofa 

memilih ukuran sofa
decoraidcom

Agar tidak salah pilih, Anda harus mengerti terlebih dahulu mengenai panduan memilih ukuran sofa yang wajib Anda ketahui. Sebelum membeli sofa, Anda harus mengetahui ukuran sofa yang dimiliki. Setiap sofa memiliki besar yang berbeda. Kebanyakaan sofa pada umumnya dihitung menggunakan ukuran sofa single, sofa 2 seater, sofa 3 seater, sofa L, dan sofa bed. 

Setelah itu, Anda bisa memilih jenis sofa yang diinginkan beserta warna yang sesuai dengan konsep hunian. Perhatikan juga ruangan Anda, apakah ruangan yang akan diletakkan sofa merupakan ruang terbuka, luas, atau sempit. Hindari penggunaan sofa besar hingga melingkar untuk ruangan sempit. 

Tips Menentukan Sofa yang Tepat 

tips memilih ukuran sofa
thesprucecom

Anda bisa menggunakan beberapa tips di bawah ini sebelum menentukan untuk membeli sofa. Selengkapnya di bawah ini! 

1. Ukur Ruangan 

Hal yang wajib dilakukan sebelum membeli sofa adalah mengukur luas ruangan. Ada banyak teknik yang bisa digunakan, mulai dari menghitung kotak kerakik atau memakai meteran untuk mengetahui angka pastinya. 

Umumnya sofa tidak boleh lebih dari 30% luas ruangan yang ada. Karena penghuni membutuhkan ruang gerak dan penempatan furniture lainnya seperti lampu, meja, lemari, dan lainnya jika dibutuhkan. Idealnya Anda juga harus mengukur ukuran pintu agar tidak kesulitan saat mengangkut sofa ke dalam rumah. 

2. Perhatikan Ruang Gerak 

Hal paling penting selanjutnya adlah perhatikan ruang gerak. Hindari membeli ukuran sofa yang dapat membatasi ruang gerak Anda. terutama bagi Anda yang memiliki ruang tamu atau ruang keluarga yang tidak terlalu luas / sempit maka gunakan model sofa minimalis dengan seat yang tidak terlalu banyak. 

3. Tentukan Jenis Sofa 

Seperti yang sudah disebutkan, ada berbagai macam jenis dan model sofa yang bisa Anda pilih. Meskipun tergantung merk dan desainnya, namun rata-rata ukuran sofa berdasarkan jenisnya adalah berikut ini. 

  • Sofa Single : Panjang (75-110 cm) x Lebar (70-90 cm) x Tinggi (80-110 cm)
  • Sofa 2 Seater : Panjang (130-180 cm) x Lebar (72-95 cm) x Tinggi (65-110 cm)
  • Sofa 3 Seater : Panjang (180-254 cm) x Lebar (75-100 cm) x Tinggi (85-110 cm)
  • Sofa L : Panjang (200-286 cm) x Lebar (139-186 cm) x Tinggi (83-110 cm)
  • Sofa Bed : Panjang (130-200cm) x Lebar (50-60 cm) x Tinggi (100-150 cm)

Selain ukuran di atas, masih banyak ukuran sofa yang dijual di pasaran. Sesuaikan ukuran dengan kebutuhan Anda. 

homedesignlovercom

4. Hindari Sofa Big Size 

Jangan gunakan sofa melingkar atau sofa bundar untuk ruang tamu, hal ini karena bentuk sofa terlalu lebar dan besar dengan banyak seater yang tidak efektif. Ada baiknya untuk sofa bundar dan sofa L berukuran besar diletakkan pada ruang tengah atau keluarga sehingga bisa menampung semua anggota keluarga untuk duduk dengan nyaman di sofa. 

5. Perhatikan Material dan Kerangka 

Setelah mengetahui ukuran sofa yang tepat untuk hunian Anda, maka jangan lupa untuk memilih material dan kerangka yang kokoh sehingga sofa mampu digunakan dalam jangka waktu yang lama. Untuk penopang, ada baiknya menggunakan sofa yang memakai material kayu dibandingkan menggunakan baut dan lem agar lebih kokoh dan tahan lama. 

Penutup

apartmenttherapy

Itulah panduan dan tip memilih ukuran sofa yang tepat untuk Anda. meskipun terlihat mudah, namun mencocokkan ukuran sofa, jenis sofa, bahan sofa, dan model sofa yang tepat membutuhkan ketelitian yang tinggi. Karena itulah, jika Anda kebingungan, maka gunakan jasa desain interior profesional Interior Design untuk membantu Anda mendapatkan sofa impian Anda!

Maksimalkan budget dan dapatkan sofa terbaik untuk hunian Anda bersama InteriorDesign. Kami akan membantu Anda mendapatkan sofa terbaik tanpa menghilangkan kesan aesthetik yang cocok untuk hunian Anda. Silahkan cek portofolio kami di sini dan buat ruang impian Anda bersama kami di sini! 

Baca selanjutnya

Membeli Sofa Baru
Wednesday, November 9 2022
Posted by Anastasia Michella

InteriorDesign.id dibandingkan dengan desainer interior konvensional, mana yang terbaik untuk Anda?

Saatnya Mendesain Ulang Rumah Anda

Mau dekorasi, atau renovasi rumah?

Interiordesign.id adalah perusahaan desain interior online terkemuka yang dipercaya oleh ribuan pemilik rumah untuk menjadikan hunian mereka lebih baik. Desainer-desainer kami spesialis dalam berbagai gaya desain. Anda akan bekerja secara langsung bersama mereka saat proses desain. Online, terjangkau, dan profesional.

Ketika desain selesai, kami juga menangani proses renovasi. Tim renovasi dan produksi internal kami, dengan manajemen proyek berpengalaman, akan memastikan proyek renovasi ditangani secara profesional. Jangan khawatir, untuk pembiayaan, kami tidak mahal.

Info lebih lanjut, kontak CS

Artikel Terkait
Saturday, December 10 2022
Posted by Christoper Wibisono

Berapa estimasi biaya renovasi Anda?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

4000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Estimasikan biaya interior rumah Anda dengan menjawab beberapa pertanyaan sederhana.
Estimasikan sekarang!
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Estimasikan sekarang!
Let's share!
Hello interiordesign.id