fbpx
Hello, Guest

19 Model Pintu Geser Kaca Terbaru Untuk Rumah Modern dan Klasik

Posted by Mochamad Rezky Pradhana Sunday, February 5 2023
Pintu Geser Kaca

InteriorDesign.id – Pintu geser kaca adalah akses area yang rapih dan tidak membuang banyak tempat. Akses indoor-to-indoor atau indoor-to-outdoor, menggeser pintu merupakan hal yang menyenangkan terutama jika Anda mengaplikasikan kaca pada pintu tersebut. Seolah tak ada sekat ruang dan interior rumah terkesan lebih luas.

Jauh dari fungsinya sebagai sekat ruang dan benda akses bagi penghuni, pintu geser kaca juga terkenal dengan estetika yang indah. Berbagai model desain dan inovasi mampu mencuri perhatian untuk Anda jadikan inspirasi mendesain ulang rumah.

Mengenal Pintu Geser

Pintu geser terdiri dari beberapa panel yang beroperasi sebagai satu kesatuan. Ia bergantung pada lintasan atau rel agar penghuni dengan mudah membuka dan menutupnya. Pintu geser didesain dengan satu kesatuan, ada yang semua daun pintunya bisa digeser dan ada yang hanya memiliki satu daun pintu yang bergantung pada rel. 

Baca Juga :

Sliding Door; Jenis, Model, Kelebihan dan Kekurangan

8 Inspirasi Desain Pintu Geser Kayu Ini akan Membuat Hunian Makin Estetik

Keuntungan dan kekurangan

Pintu geser memiliki kelebihan dan kekurangan yang bisa Anda pertimbangkan untuk diaplikasikan di rumah. Selain di sisi keindahan, sisi fungsional dan pembiayaan harus menjadi topik utama agar rumah bisa menjadi tempat yang nyaman bagi Anda dan keluarga.  

1. Keuntungan

  • Pintu geser besar menciptakan hubungan yang indah antara ruang dalam dan luar ruangan karena mampu membuka lebar akses antar-ruangan.
  • Mengaplikasikan pintu kaca geser berarti membiarkan cahaya luar masuk ke dalam ruangan sehingga tak perlu watt lampu bohlam yang terlalu tinggi. 
  • Dengan adanya kaca pada pintu, Anda bisa dengan mudah mengawasi penghuni rumah lain yang sedang berada di dalam ruangan, tanpa harus mengganggu privasi mereka. 
  • Pintu geser tidak seperti pintu berengsel, tidak memakan tempat di ruangan saat Anda membukanya.

2. Kekurangan

  • Biaya instalasi pintu geser kaca terkadang lebih mahal daripada pintu biasa yang lebih mudah untuk dibeli dan dipasang. Selain itu, perawatan dan perangkat keras pintu geser bisa lebih mahal.
  • Pintu geser kaca bisa lebih sulit dirawat daripada pintu tradisional karena harus membersihkannya setiap saat. Selain itu, kotoran dapat menumpuk di rel yang harus Anda bersihkan untuk menghindari masalah di masa mendatang.
  • Hamparan kaca yang luas pada pintu kaca geser memberikan pemandangan di dalam ruangan yang kurang privasi.

Jenis Pintu Geser

Pintu geser adalah setiap pintu yang beroperasi di trek atau pesawat layang. Ada beberapa macam jenis dan gaya.

1. Pintu Bypass

Pintu Bypass adalah pintu yang memiliki panel yang tidak tetap. Cirinya panel-panel saling bersilangan saat membuka dan menutup.

2. Pintu Gudang (barn doors)

Pintu gudang adalah pintu yang membuka dan menutup pada penggeser yang terletak di atas kusen pintu.

3. Pintu Sliding Bifold

Merupakan pintu  ganda yang dihubungkan oleh engsel vertikal. Pintu ini terbuka di jalur atas dan/atau bawah sehingga nantinya pintu ini akan menekuk saat ruangan terbuka.

4. Pocket door

Pintu saku (pocket door) adalah pintu geser yang membuka ke ceruk di dinding. Dengan cara ini, pintu saku, saat terbuka, menghilang untuk menciptakan bukaan yang mulus.

Inspirasi desain model pintu geser kaca

Setelah mengenal berbagai jenisnya, kini waktunya Anda untuk menyimpan gambar-gambar menarik yang bisa Anda jadikan inspirasi interior rumah. Kelak, Anda bisa memasangnya di rumah dan menjadikan interior semakin menarik!

Terkait : Serba-serbi Pintu Kaca yang Patut Anda Ketahui!

Simpulan

Harga instalasi yang mahal, namun bisa memberi efek yang baik pada interior dan eksterior ruangan. Itulah kelebihan pintu geser kaca. Mungkin perawatannya agak mahal tapi efek estetika yang ditawarkan tak bisa digantikan dengan jenis pintu lain. 

Anda bisa memilih bahan baku bingkai pintu geser dari kayu, besi, stainless steel, atau PVC sekalipun. Tapi jangan lupa pertimbangkan kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi jika diaplikasikan di rumah Anda. 

InteriorDesign.id dibandingkan dengan desainer interior konvensional, mana yang terbaik untuk Anda?

Saatnya Mendesain Ulang Rumah Anda

Mau dekorasi, atau renovasi rumah?

Interiordesign.id adalah perusahaan desain interior online terkemuka yang dipercaya oleh ribuan pemilik rumah untuk menjadikan hunian mereka lebih baik. Desainer-desainer kami spesialis dalam berbagai gaya desain. Anda akan bekerja secara langsung bersama mereka saat proses desain. Online, terjangkau, dan profesional.

Ketika desain selesai, kami juga menangani proses renovasi. Tim renovasi dan produksi internal kami, dengan manajemen proyek berpengalaman, akan memastikan proyek renovasi ditangani secara profesional. Jangan khawatir, untuk pembiayaan, kami tidak mahal.

Info lebih lanjut, kontak CS

Artikel Terkait

Berapa estimasi biaya renovasi Anda?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

4000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Estimasikan biaya interior rumah Anda dengan menjawab beberapa pertanyaan sederhana.
Estimasikan sekarang!
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Estimasikan sekarang!
Let's share!
Hello interiordesign.id