4 Inspirasi Rumah Industrial, Desain Interior ala Industri yang Artistik

Posted by Nita Hidayati  •  Monday, July 10 2017

Interiordesign.id – Inspirasi rumah industrial menjadi pilihan desain interior yang banyak dipakai sebagai konsep desain interior kafe, barber shop hingga rumah. Desain interior ala industrial diyakini dapat memberikan kesan yang unik dan artistik bagi hunian Anda.

Gaya Industrial memiliki kesan yang maskulin, karena kerap menonjolkan tekstur yang kasar dan biasanya didominasi oleh warna gelap dan monokrom. Tertarik untuk mengubah tampilan di rumah dengan gaya industrial? 4 inspirasi berikut ini bisa Anda aplikasikan sebagai inspirasi rumah desain interior bergaya industrial.

Dapur Industrial, Desain Dapur Rumah ala Kafe

Desain Interior Ruang Tamu Industrial yang Atraktif & Artistik

Inspirasi rumah industrial pada dinding dan lantai unfinished

Salah satu ciri khas dari gaya industrial adalah kesan unfinished pada dinding atau lantai. Dinding atau lantai yang terbuat dari beton atau semen yang hanya dilapisi dengan pelapis. Dinding tidak berwarna atau berwarna asli merupakan jurus yang tepat untuk Anda gunakan agar memberikan kesan unfinished.

inspirasi rumah industrial

Unfinished Style

Unfinished yang dimaksud di sini sebenarnya bukanlah sesuatu yang benar-benar belum selesai. Istilah ini digunakan untuk menyempurnakan gaya industrial yang mengekspos sistem bangunan yang sengaja ditampilkan untuk memberikan kesan “belum selesai”. Material khas industrial ini bisa dijumpai pada  rangka bangunan, saluran angin, tiang-tiang penyangga hingga dinding yang dibiarkan seolah belum selesai.

inspirasi rumah industrial

Dinding bata

Dinding bata menjadi salah satu jurus ampuh untuk menciptakan kesan unfinished. Anda juga bisa membuat dinding dibiarkan berwarna abu-abu begitu saja. Sentuhan unfinished dapat dilakukan dengan semen atau dinding beton yang dibiarkan sehingga menghasilkan warna yang nampak natural. Eksplorasikan warna abu-abu untuk sentuhan unfinished dinding yang disesuaikan dengan gaya Anda.

Terapkan juga sentuhan yang sama seperti pada dinding untuk lantai. Pilihlah warna abu-abu, atau kayu sebagai material lantai dan furniturnya. Kayu terbukti dapat memberikan suasana santai dan nyaman.

Desain Interior Industrial, Menampilkan Kesan Simpel, Easy Going dan Maskulin

Konstruksi & Desain Interior “Rumah Mungil”, Tampilan “Industrial Chic” yang Modern

Inspirasi rumah industrial pada bohlam si penarik perhatian

inspirasi rumah industrial

Bohlam menggantung

Bohlam tanpa kap lampu yang dibiarkan begitu saja menggantung dapat membuatnya terlihat berbeda, menarik dan berhasil memberikan sentuhan bergaya industrial! Namun, lampu gantung tersebut sebaiknya dipilih yang menggunakan material alumuminium, bohlam, kaca bergaris atau lampu dengan aksen kayu. Bohlam menggantung yang dikombinasikan dengan dinding bata dan lantai semen akan menyempurnakan kesan “kasar” pada desain interior gaya industrial.

10 Desain Lampu & Pencahayaan yang Artistik Untuk Ruang Dapur

Inspirasi rumah industrial Minimalis

inspirasi rumah industrial

Desain minimalis

Minimalkan penggunaan perabotan untuk dapatkan kesan industrial. Kombinasikan ranjang modern dengan lampu tidur dan material besi baja. Palet warna monokratik juga mampu mempertegas kesan industrial pada rumah. Hindari penggunaan banyak perabotan untuk mengurangi ruangan terasa sempit dan memberikan ruangan terkesan luas.

Inspirasi rumah industrial dengan hiasan papan tulis

Tambahkan kesan industrial dengan pajangan papan tulis di ruangan. Pajanglah sebuah papan tulis dengan kutipan-kutipan penyemangat. Anda dapat membeli papan tulis yang tersedia di toko buku, pengrajin kayu. Anda juga dapat membuat papan tulis sendiri, memanfaatkan papan kayu yang dilapisi cat hitam. Untuk mempercantik, tambahkan bingkai kayu pada papan tulis tersebut.

inspirasi rumah industrial

Hiasan papan tulis via trendir.com

Untuk tulisan, gunakan kapur berwarna-warni yang diseusaikan dengan keinginan Anda. Tulislah beragam kutipan motivasi kesukaan. Papan tulis dapat menjadi penghias dan daya tarik tersendiri bagi ruangan. Yang menarik, karena tulisannya mudah dihapus, Anda dapat mengubah tulisan tersebut setiap hari sesuai keinginan.

Perhatikan juga keseseuaian antara ukuran papan tulis dan luas ruangan Anda. Jangan biarkan papan tulis tersebut memenuhi seluruh ruang dan membuatnya terasa sesak dan memberikan kesan tidak luas.

Butuh bantuan desain dan dekorasi interior? Bekerja dan berkomunikasi langsung dengan desainer-desainer terbaik?

Tags: , , , , ,

Nita Hidayati

By Nita Hidayati

Content writer, menyukai gaya skandinavia

Artikel lainnya




Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa


 

Follow on Instagram

preloader