Desain Rumah Loft, Menyulap Bangunan Komersial Jadi Hunian Masa Kini yang Unik dan Modern

Posted by Nita Hidayati Inayah  •  Tuesday, September 19 2017

Desain Rumah Loft adalah soal menyulap bangunan komersial menjadi hunian masa kini yang unik & modern.

Interiordesign.id – Pernahkah terpikir untuk menghuni sebuah rumah bekas bangunan industri atau bangunan komersial? Kenapa tidak? Dengan Merias kembali wajah bangunan dengan melakukan sedikit renovasi, Anda dapat memiliki rumah masa kini yang unik dan modern. Beberapa perubahan yang dilakukan pada gedung lama, maka fungsi bangunan tersebut akan berubah menjadi sebuah tempat tinggal yang asyik dan menyenangkan.

| Gaya Desain Bohemian, Bagaimana Ketidakberaturan Dapat Menjadi Seni yang Unik dan Eksentrik

Namun sebelumnya, mari mengenali apa itu desain loft. Agar Anda dapat mengerti seperti apa desain loft yang cocok untuk hunian Anda. Untuk hasil yang maksimal, ada baiknya menyewa jasa layanan desain interior terbaik di Kota Anda. Berkerjasama dengan desainer-desainer profesional terbaik yang dapat membantu Anda mendapatkan desain rumah yang Anda butuhkan.

| Menyulap Sebuah Garasi Lama Menjadi Hunian Idaman yang Minimalis dan Fungsional

Mengenal Desain Rumah Loft

desain rumah loft

via home-designing.com

Desain loft adalah desain yang terlahir dari bekas bangunan industri atau bangunan komersial. Desain ini mulai dikenal di Eropa, karena kebijakan pemerintah setempat yang memutuskan agar sebuah lokasi dapat diubah dan dikonversikan fungsinya. Hal itu dilakukan untuk peremajaan terhadap gedung dan bangunan lama.

| Merancang ‘Smart Home’, Rumah yang ‘Smart & Liveable’ Untuk Semua Anggota Keluarga

Bangunan jenis loft ini umumnya adalah bangunan bekas pabrik atau bangunan industrial lainnya. Bangunan loft memiliki struktur eksterior dan interior yang sangat khas, seperti besi, baja, beton dan bata batu ekspos. Material-material ini merupakan ciri khas yang ada dalam setiap bangunan loft. Sehingga Anda akan merasakan kesan gagah, maskulin dan kuat di dalam interior bangunan jenis ini.

desain rumah loft

via pinterest

Selain maskulin dan gagah, bangunan loft memiliki karakteristik dengan langit-langit ruangan yang tinggi. Sehingga akan nampak bangunan loft area lantai 1 dan lantai 2 yang dipisahkan oleh tangga. Dengan perbedaan tinggi lantai 1 ke lantai 2 kurang dari 3 meter. Karakter langit-langitnya yang tinggi, membuat interior bangunan loft ini hampir menyerupai dengan elemen mezzanine pada desain interior bergaya modern.

| Cara Praktis Menentukan Zonasi Denah Lantai Terbuka Desain Apartemen Studio Minimalis

Desain Rumah Loft Pada Apartemen

Konsep desain loft dapat diterapkan pada rumah maupun apartemen. Sebagai tempat tinggal masyarakat modern yang lebih terjangkau, konsep hunian apartemen loft modern sangat cocok diterapkan di perkotaan seperti Jakarta dan atau Bandung.

| Desain Apartemen Studio, Merancang Ruang Kecil yang Multifungsi dan Menyenangkan

desain rumah loft

via homedesignrev.com

Desain loft merupakan solusi bagi warga yang ingin memiliki tempat tinggal yang berada sedekat mungkin dengan tempat kerja. Hanya saja, mereka terkendala oleh biaya lahan di pusat kota yang melambung tinggi untuk pembangunan sebuah rumah. Maka dari itu konsep desain rumah dan apartemen loft dapat menjadi ide dan gagasan yang sangat menarik untuk diwujudkan.

Dekorasi & Desain Rumah Loft

Interior loft hadir dengan penggunaan skema warna yang cenderung ke arah netral. Penggunaan warna seperti putih, coklat, krem dan abu-abu adalah pilihan warna yang tepat. Anda juga bisa berkreasi dengan variasi warna terang lainnya. Meski begitu jangan biarkan warna-warna tersebut malah membuat rumah Anda tidak nyaman untuk ditinggali. Jangan lupa sesuaikan dengan pilihan furnitur yang Anda akan gunakan.

| Dekorasi Rumah Baby Pink, Sentuhan yang Cantik dan Elegan

| 10 Warna Cat Ruang Tamu Sempit, Sulap Ruangan Jadi Terasa Luas & Istimewa

desain rumah loft

via pinterest

Sangat disarankan untuk mempertahankan gaya industrial pada bangunan yang sudah nampak. Dengan melakukan sedikit perbaikan, Anda tak perlu repot saat berusaha memperbarui penampilannya. Tambahan elemen dekoratif seperti lampu, meja, kursi dan tanaman hias akan semakin mempercantik ruangan. Hadirkan suasana yang lembut dan nyaman di dalam bangunan loft untuk dapatkan kesan maskulin yang kuat.

| 4 Inspirasi Rumah Industrial, Desain Interior ala Industri yang Artistik

Untuk menyiasati ukuran ruang yang minim, Anda bisa manfaatkan ruang dan furnitur dengan fungsional. Kembangkan ide untuk membuat area multifungsi, seperti sebuah panggung kecil yang diberi alas karpet untuk ruang menonton atau membaca buku. Buatlah laci tanpa handle di bagian bawahnya sebagai area penyimpanan barang.

desain rumah loft

via R3ARCHITETTI

Karena bangunan bekas tempat usaha memiliki plafon yang tinggi, Anda bisa berkreasi dengan membuat dua lantai dalam rumah. Dua konsep dinding yang menyatu dalam satu rumah atau apartemen ini akan membuat apartemen terlihat lebih luas.

| Desain Interior Ruang Tamu Industrial yang Atraktif dan Artistik

desain rumah loft

Happy decorating.

Ingin memiliki desain loft untuk rumah atau apartemen Anda yang unik dan nyaman? Bekerja dan berkomunikasi langsung dengan desainer-desainer terbaik kami? Silakan kunjungi laman berikut: Proses desain dan dekorasi ruangan (step by step) full online.

Tags: , , , ,

Nita Hidayati Inayah

By Nita Hidayati Inayah

Content writer, menyukai gaya skandinavia

Artikel lainnya




Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa


 

Follow on Instagram