proyek desain interior

5 Fase dan Tahapan Proyek Desain Interior yang Harus Anda Pahami

Posted by HinaYana  •  Wednesday, September 12 2018

Interiordesign.id – Pernahkah anda membayangkan rencana dan pengerjaan proyek desain interior rumah anda bisa seperti dalam acara-acara TV? Tidak hanya sekadar dekorasi, namun mungkin juga renovasi dan bahkan rekontruksi alias sedikit dibangun ulang.

Tentu hal itulah yang didambaan oleh siapa pun. Sebagaimana seringkali kita mendambakan proses perubahan pada setiap ruang di rumah kita dapat berjalan sesuai rencana dan dengan kecepatan yang maksimal, atau dapat diselesaikan secepat-cepatnya.

Namun sayang, kenyataan tak semudah yang dipikirkan. Apalagi jika proyek desain interior memiliki kerumitan yang cukup tinggi. Sekadar informasi, proyek desain interior memiliki tingkat kerumitan dalam skala yang berbeda-beda.

Namun Anda juga tak perlu khawatir, asa akan selalu ada, apalagi jika anda memilih proyek desain interior bersama kami yang keseluruhan tahapan dan fase proyek dilakukan secara online.

Mari kita sama-sama cek seperti apa langkah-langkah proyek desain interior dari fase awal hingga akhir.

Fase proyek desain interior #1: Pemrograman

Tahapan atau fase ini adalah ibarat kencan pertama. Inilah momen terpenting, saat seorang desainer bertemu klien. Saat kami berusaha memahami keinginan dan keseluruhan rencana proyek anda. Di sinilah kami akan mengajukan banyak pertanyaan yang relevan untuk mendukung dan mendiskusikan rencana proyek desain interior yang anda inginkan.

Semua proses ini dilakukan secara online. Melalui fasilitas chat di web, messenger, social media, via telepon, ataupun beberapa aplikasi percakapaan yang telah tersedia dan menjadi pilihan cara dan alat komunikasi yang sudah biasa digunakan.

Dengan keleluasaan dan kemudahan seperti itu, komunikasi antara kami (desainer) dengan Anda akan berjalan maksimal dan sesuai rencana.

Fase proyek desain interor #2: Pembuatan dan pengembangan desain

Jika tahap pertama adalah kencan pertama, maka tahapan ini adalah jadian. Kita sekarang berada dalam tahap pertama saat-saat pacaran. Segala hal yang ada dan dirasa dapat mendukung keseluruhan rencana proyek desain tak sabar untuk kami bagikan dengan anda.

Seperti layaknya orang pacaran, setiap hari selalu butuh untuk berkomunikasi.

proyek desain interior

Design layout. ~ via logo

Pengembangan rencana ruang, tata letak, rencana furnitur, pemilihan warna, instalasi berbagai elemen-elemen dekorasi yang dibutuhkan lahir dalam tahap ini.

Tahap ini juga merupakan fase di mana setiap rancangan dibuat dalam sketsa desain awal. Yang tentunya akan anda evaluasi untuk berbagai perbaikan dan perubahan yang anda anggap kurang atau tidak sesuai dengan keinginan.

Hingga akhirnya seluruh rencana desain Anda setujui.

Fase proyek desain interior #3: Dokumen konstruksi dan proses administrasi

Tahapan ketiga ini adalah saat di mana kami dan anda semakin memiliki keintiman. Setelah rencana desain disetujui, sekarang saatnya mendokumentasikannya. Tujuannya adalah agar proses dan tahapan selanjutnya dapat dengan mudah dilakukan dengan dokumen terkait yang lengkap dan instruksi yang benar-benar detail.

Dokumentasi pada tahap ini dapat juga diartikan sebagai rincian mendetail dari proyek desain interior anda.

proyek desain interior

Desain pantry moden-minimalis, Rumah Ibu Intania, Tangerang Selatan.

Selain dokumen berisi rencana detail proyek, kami juga menyertakan sejumlah daftar belanjaan yang dibutuhkan untuk keperluan proyek. Kami juga menyiapkan petugas untuk membantu anda dengan detail belanjaan tersebut.

Fase pertama ibarat kencan pertama. Fase kedua adalah tahap pacaran. Selanjutnya persiapan pernikahan.

Fase proyek desain interior #4: Konstruksi dan instalasi

Sekarang kita siap untuk bersama-sama melakukan konstruksi dan instalasi desain interior ruang impian anda. Desainer akan memberikan panduan secara bertahap dan mendetail agar anda tidak mengalami sedikit pun kesulitan.

Dan tenang saja, jika anda memutuskan memilih dan menggunakan jasa “expert” untuk membantu proses instalasi, kami akan menyediakannya untuk anda. Tidak ada yang tidak bisa untuk kepentingan anda.

Kami akan memantau seluruh pekerjaan instalasi secara real time dan online. Sehingga anda tidak perlu khawatir akan hasil akhir yang tidak sesuai dengan rencana desain dan keinginan anda. Perubahan dalam instalasi bisa segera didiskusikan dengan kami.

proyek desain interior

Desain ruang keluarga gaya modern-eklektik, Rumah Ibu Fitri Lestari, Sidoarjo, Jawa TImur.

Fase proyek desain interior #5: Tahap akhir dan tahap penyelesaian

Sebelum anda telah benar-benar merasa puas akan hasil dari proyek desain interior hasil dari kolaborasi dengan kami, kita masih membutuhkan beberapa hal dan sedikit evaluasi untuk membicarakan mengenai detail-detail kecil atau pun sedikit tambahan yang dibutuhkan.

Selain detail yang mungkin tertinggal dari rencana awal, kita juga perlu membicarakan soal perawatan dan pemeliharaan. Ibarat saat kita telah masuk ke fase atau jenjang pernikahan, merawatnya agar langgeng dan awet tahan lama adalah sebuah keharusan.

proyek desain interior

Desain kedai susu “Me-Milk” gaya modern-natural, Bengkulu

Seperti itulah tahapan dan fase dimana kami dan Anda berkolaborasi dalam satu proyek desain interior online. Semua keputusan dan ketepatan desain akan sama-sama kita bicarakan dan diskusikan. Meski tidak menutup kemungkinan hal-hal tersebut membutuhkan pertemuan dan diskusi offline. Namun sekali lagi tak ada yang tak bisa dilakukan untuk anda, kepuasan adalah tujuan akhirnya. Sudah siapkah mengubah setiap ruang menjadi lebih spesial bersama kami?

Butuh bantuan desain dan dekorasi interior? Bekerja dan berkomunikasi langsung dengan desainer-desainer terbaik?

Tags: , , , , ,

Hina Yana

By HinaYana

Head of Content.

Artikel lainnya




Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa


 

Follow on Instagram