warna cat interior

6 Skema Warna yang dapat Anda Gunakan untuk Mempercantik Ruang

Posted by HinaYana  •  Thursday, November 8 2018

Sesuatu yang sederhana seperti mengubah warna yang tepat atau saturasi warna dapat membangkitkan perasaan yang sama sekali berbeda.

Interiordesign.id – Persoalan penggunaan warna pada ruangan menjadi persoalan subjektif alias sangat personal. Pilihan warna tertentu yang digunakan dapat menimbulkan reaksi yang sangat berbeda terhadap setiap orang. Hal ini dikenal dengan istilah atau diskursus color psychology atau psikologi warna.

Dalam psikologi warna, pemilihan warna seringkali diakibatkan oleh preferensi pribadi, namun dalam beberapa kasus juga bisa disebabkan oleh beragam perbedaan latar belakang budaya. Seperti perbedaan soal teori warna yang digunakan pada masyarakat yang berbeda secara geografis atau bahkan perbedaan kombinasi pilihan warna yang digunakan dalam berbagai Agama di dunia.

Teori soal warna adalah soal ilmu pengetahuan itu sendiri. Mempelajari bagaimana warna dapat memengaruhi setiap orang dengan efek yang berbeda-beda, baik terhadap individu maupun kelompok; adalah sesuatu yang sudah dipelajari sejak lama. Sesuatu yang sederhana seperti mengubah warna yang tepat atau saturasi warna dapat membangkitkan perasaan yang sama sekali berbeda.

Oleh sebab itu, mengetahui pilihan kombinasi warna berdasar pada teori skema warna, akan membantu menemukan kombinasi warna terbaik untuk keperluan dekorasi berbagai ruangan di dalam rumah Anda.

Lingkaran atau roda warna atau “color wheel”. ~ via visual.ly

Semenjak skema warna dalam desain interior ini begitu penting, dan menjadi hal yang sangat krusial atau bahkan esensial, dipercaya atau tidak,  kombinasi warna dapat secara langsung memengaruhi suasana dan nuansa sebuah ruang, yang memiliki implikasi langsung terhadap mood dan perasaan yang berbeda kepada penghuninya.

Dalam 6 skema warna yang didasarkan pada roda warna berikut, kita akan mendapatkan gambaran spesifik mengenai kombinasi pilihan warna seperti apa yang tepat sebagai bagian dari dekorasi interior.

4 Skema dan Kombinasi Warna yang Populer dalam Desain Interior

1. Skema Warna Komplementer

Komplementer atau pelengkap, adalah skema pewarnaan yang menggunakan warna-warna yang saling berlawanan satu sama lain pada roda warna.

skema warna komplementer. ~

Karena perbedaan yang sangat kontras pada pewarnaan komplementer, seorang desainer biasanya memilih dan menggunakan satu warna dominan sebagai latar, dan warna lainnya sebagai pelengkap.

contoh penggunaan skema warna komplementer pada kamar tidur. ~ via southnex

2. Skema Warna Analog

Skema pewarnaan analog adalah penggunaan warna yang ada di kedua sisi warna tertentu. Kombinasi warna ini sering kita temukan di alam. Ini merupakan skema warna yang sangat serasi dan enak dipandang.

skema warna analog. ~

Warna analog sangat cocok untuk menciptakan suasana ruang yang tenang dan nyaman.

contoh penggunaan skema warna analogous pada living room. ~ via forwardcapital

10 Warna Cat Ruang Tamu Sempit, Sulap Ruangan Jadi Terasa Luas & Istimewa

3. Skema Warna Triadic

Warna triadic menggunakan tipe tiga warna yang berbeda, yang terletak 120 derajat satu sama lain pada roda warna.

skema warna triadic. ~

Keselarasan atau harmoni dalam skema triadic dianggap oleh beberapa orang sebagai warna terbaik dalam kombinasi tiga warna.

contoh penggunaan skema warna triadic pada living room. ~ via home edit

4. Skema Warna Split-komplementer

Skema warna spilt-komplementer adalah variasi dari skema warna komplementer. Selain warna dasar, skema warna ini juga menggunakan dua warna yang berdekatan dengan pelengkapnya.

skema warna split-komplementer. ~

Skema split-komplementer ini memiliki tingkat kontras yang cukup tinggi, namun tidak se-ekstrem pada skema warna komplementer, sehingga mampu menghasilkan harmoni yang lebih baik.

contoh penggunaan skema warna split-komplementer pada ruang makan. ~ via forwardcapital

5. Skema Warna Persegi/Tetradic

Skema warna empat persegi panjang atau tetradik menggunakan empat warna yang disusun menjadi dua skema warna komplementer yang berpasangan. Tetradik merupakan skema warna yang kaya. Menawarkan banyak kemungkinan variasi.

skema warna rectangular atau tetradic. ~

Skema warna tetradik bekerja sangat baik jika Anda membiarkan satu warna mendominasi. Namun pastikan untuk memerhatikan keseimbangannya.

contoh penggunaan skema warna tetradic pada living room. ~ via decorlove

6. Skema Warna Kotak

Skema warna persegi atau kotak, mirip dengan skema segi empat/tetradik. Perbedaanya adalah keempat warna yang digunakan adalah yang ditempatkan secara merata dan simetris di sekeliling lingkaran atau roda warna seperti dalam gambar berikut.

skema warna square atau kotak. ~

contoh penggunaan skema warna rectangle atau kotak d rang tamu/ruang keluarga. ~ via pinterest

Skema warna kotak menawarkan jumlah kombinasi warna yang banyak dan mungkin untuk digunakan, sehingga dapat menjadi masalah pada keselarasan atau harmoni. Berhati-hatilah saat mencoba menggunakan skema warna persegi ini.

Butuh bantuan desain dan dekorasi interior? Bekerja dan berkomunikasi langsung dengan desainer-desainer terbaik?

Tags: , , , , , ,

Hina Yana

By HinaYana

Konten Editor.

Artikel lainnya

Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa


 

Follow on Instagram

preloader