fbpx
Hi, Guest
Login  |  Register

5 Tips Mendesain Interior Kamar Kecil ala Kamar Hotel yang Minimalis dan Aesthetic

Posted by Cindy Antonia Gunaidi Thursday, March 24 2022
interior kamar minimalis aesthetic

Desain interior kamar Minimalis Aesthetic ala Hotel.

Estimated reading time: 6 minutes

InteriorDesign.id – Memiliki kamar yang kecil dan terlihat sempit? Jangan khawatir, hal itu tidak harus menjadi penghalang bagi kita untuk berkreasi dan menjadikannya tampil menarik. Luasan yang terbatas justru menjadi tantangan untuk mencari cara bagaimana menata dan membuatnya nyaman. Yang kita butuhkan hanyalah sedikit kreativitas.

Ada banyak cara bagaimana menjadikan interior kamar tidur berukuran kecil juga bisa terlihat luas, lapang, nyaman, serta tentu saja menarik secara visual.

Berikut adalah beberapa tips bagaimana mengubah interior kamar tidur kecil menjadi senyaman kamar-kamar hotel yang minimalis dan aesthetic.

Pencahayaan alami dari matahari dengan bukaan jendela besar

interior kamar minimalis aesthetic

Sunlight is a must! Yep. Selain membuat ruangan menjadi terang, cahaya matahari juga menyehatkan.

Sebisa mungkin buat jendela, atau pintu balkon, dengan material dominan kaca, agar sinar matahari bisa masuk ruangan dengan maksimal.

Di samping itu, cahaya matahari tentu juga membuat kita lebih hemat dalam penggunaan listrik.

Saat hari masih pagi sampai siang, tentu kita bisa menghemat penggunaan listrik dengan membuka gorden agar cahaya matahari bisa dengan mudah masuk. Selain cahaya matahari, bukaan juga memungkinkan kita untuk menerima udara segar dari luar.

Bukalah jendela kamar saat pagi. Ini bisa menjadikan interior kamar terasa nyaman dan menyegarkan.

Material kayu yang ramah lingkungan

interior kamar minimalis aesthetic

Tidak perlu bingung saat memilih material untuk kamar tidur. Kayu adalah pilihan terbaik.

Kayu menjadi material yang bisa dirancang sedemikian rupa dan bisa tampil cantik saat diaplikasikan ke kamar tidur. Warna alami cokelat dari kayu memberi kesan elegan, simpel, dan estetik.

Tekstur kayu dan warna cokelatnya juga merupakan elemen netral yang bisa cocok dengan pilihan warna apapun, terutama hitam dan putih.

Di samping itu, kayu juga dapat meningkatkan kenyamanan di dalam kamar karena kayu menciptakan suasana yang hangat, akrab, rileks, dan sangat efektif untuk menurunkan tingkat kestressan.

Selain furniture kayu seperti meja, kursi, ataupun lemari, lantai yang menggunakan wooden parquette, atau keramik bermotif kayu, bisa menjadi salah satu cara menambah elemen kayu ke dalam ruangan.

Ini juga menjadi bukti kenapa kamar hotel bisa terlihat sangat wah bukan? yang salah satunya disebabkan pemilihan material kayu terbaik dan berkualitas.

Lukisan sebagai dekorasi dinding

wall treatment dinding kamar minimalis aesthetic

Dinding kamar terlihat kosong? Painting on the wall to the rescue!

Pilihlah lukisan atau foto berbingkai yang sekiranya cocok dan selaras dengan suasana kamar.

Memajang lukisan tak pernah menjadi hal yang kuno, atau ketinggalan zaman. Dengan adanya lukisan, interior kamar tidur bisa terasa lebih hidup.

Jangan lupa pilih bingkai yang cocok dengan suasana interior yang diinginkan. Jika interior kamar cenderung ke minimalis aesthetic style, sebaiknya gunakan bingkai yang dibuat dari material kayu, atau plastik, tetapi dengan warna netral, misalnya warna cokelat, putih, atau hitam.

Gunakan furniture yang proporsional dengan ukuran kamar tidur

furniture minimalis untuk kamar minimalis aesthetic

Hindari furniture yang berdimensi besar.

Konsep dari gaya desain minimalist aesthetic adalah less is more. Jangan meletakkan terlalu banyak barang.

Kita memang akan selalu tergoda ketika melihat model furniture yang lucu, dan langsung ingin meletakkannya di dalam kamar. Tidak masalah sebenarnya. Namun, pastikan untuk tetap memerhatikan ukuran, dan terutama jumlahnya. Kamar minimalis aestehtic tidaklah dirancang dengan meletakkan terlalu banyak barang-barang di dalamnya.

Ukuran perabotan yang terlalu besar bisa menjadikan kamar terlihat sempit. Jumlah yang banyak, membuat kamar terlihat tidak rapi.

Pilih dan gunakan yang benar-benar dibutuhkan saja. Akan terasa lebih baik jika model furniture kamar didesain multifungsi.

Indoor plants as decor

Tanaman indoor bisa menjadi salah satu dekorasi yang membuat kamar lebih eye-pleasing dan estetik.

Berdasar psikologi warna, warna hijau yang terkandung dalam tanaman, bisa membuat otak lebih rileks dan nyaman. Tanaman hijau juga sudah teruji dan terbukti bisa mereduksi stres.

Nah, Jika bingung memilih jenis tanaman apa saja untuk diletakkan di dalam kamar, berikut adalah beberapa di antaranya:

Snake Plant

Salah satu tanaman yang tidak “rewel” dengan cahaya matahari. Dalam tingkat cahaya matahari yang rendah pun, snake plant masih bisa hidup. Ini adalah salah satu jenis tanaman dekorasi terbaik dan bisa sangat cocok diletakan di dalam kamar. Tidak memerlukan perawatan ekstra untuk memelihara tanaman ini.

tanaman snake plant untuk dekorasi kamar

ZZ Plant

Tanaman yang satu ini efektif karena berukuran kecil dan bisa dipindah-pindah dengan mudah. Sama halnya seperti snake plant, dengan tingkat cahaya yang rendah pun ZZ Plant masih bisa hidup. Bentuknya juga sangat minimalis dan estetik.

tanaman zz plant untuk dekorasi kamar
~ via pinterest

Spanish Lavender

Beraroma manis dengan warna yang cantik, spanish lavender bisa menjadi pilihan terbaik bagi pecinta estetika.

Spanish lavender memiliki bunga yang berwarna ungu tua, tetapi tersedia juga yang memiliki warna pink. Secara keseluruhan, tanaman ini memiliki “aura” elegan.

tanaman spanish lavender untuk dekorasi kamar

Artificial Plants

Jangan khawatir bagi yang tidak memiliki waktu untuk merawat tanaman hidup, artificial plants, atau tanaman artifisial, atau tanaman palsu, bisa menjadi alternatif dan tetap sanggup menjadikan kamar minimalis aesthetic tampil fresh.

Jenis tanaman artifisial juga tetap bisa terlihat cantik dan terkesan segar. Kekurangannya hanyalah, ini tidak seperti tanaman asli, atau tanaman hidup, yang bisa berfungsi sebagai air purifier dan membantu membersihkan udara di dalam ruangan.

tanaman artifisal untuk dekorasi kamar minimalis aesthetic
A Small Accent Plant: Opalhouse Artificial Small Peperomia Plant in Ceramic Pot ~ via popsugar

Nah, itulah beberapa cara –tips dan trik– bagaimana mengubah, mendesain, menjadikan kamar tidur, meski berukuran kecil, tampil nyaman dan menyegarkan.

Meski kecil, bukan berarti interior kamar tidak bsia dirancang maksimal. Ada banyak cara mengubahnya tampil sangat menarik secara visual layaknya kamar-kamar hotel yang minimalis dan estetik.

 


Cindy Antonia Gunaidi
Mahasiswi Desain Interior Universitas Kristen Petra, Surabaya. Lahir di Samarinda, 5 Juli 2001. Suka segala hal yang berhubungan dengan seni. Berambisi untuk mendesain secara estetik dan dapat memberi solusi kreatif untuk orang lain.


Siap memulai proyek desain interior?

Mau rumah impian sesuai anggaran yang Anda miliki? Sangat mungkin & mudah!

2000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Hello interiordesign.id