fbpx
Hi, Guest
Login  |  Register

6 Tips Menciptakan Interior Rumah yang Mewah dan Elegan

Posted by Vania Erlinda Fulbertus Wednesday, May 19 2021
interior rumah gaya klasik modern

Rumah mewah tidak melulu tentang segala sesuatu yang bersifat mahal. Ia bisa lebih banyak bicara tentang investasi pada material berkualitas serta kesesuaian yang terjadi dalam ruangan.

Estimated reading time: 7 minutes

Siapa yang tidak ingin memiliki rumah tinggal dengan interior yang mewah dan elegan? Mungkin Anda adalah salah satu orang yang menginginkannya. Umumnya, rumah mewah memiliki semua fitur kelas atas dan biasanya identik dengan segala sesuatu yang serba mahal. Namun banyak orang justru tidak tahu bahwa kemewahan serta elegannya sebuah rumah dapat diciptakan dari suasana yang dirasakan oleh penghuni.

Pernahkah Anda memasuki sebuah ruangan yang meski desainnya sederhana, tetapi Anda dapat merasakan atmosfer mewah dari ruangan tersebut? Tentu preferensi dan pengertian rumah mewah akan berbeda bagi tiap orang. Namun pada umumnya, Anda dapat membuat rumah Anda terkesan mewah dan elegan melalui beberapa tips berikut ini:

Pernahkan anda memasuki sebuah ruangan yang meskipun desainnya terbilang sederhana, namun anda dapat merasakan suasana atau atmosfer mewah dari ruangan tersebut? Tentunya preferensi dan pengertian rumah mewah akan berbeda bagi setiap orang, tetapi pada umumnya anda dapat membuat rumah anda menjadi berkesan mewah dan elegan melalui beberapa tips berikut ini:

#1 Lakukan Permainan Cahaya untuk Menciptakan Suasana Mewah dalam Rumah

rumah classic modern solo

Permainan pencahayaan yang tepat dapat membuat rumah terkesan lebih mewah. Hal ini dikarenakan susunan dan warna cahaya tertentu dapat mempengaruhi suasana yang ada di dalam ruangan.

Permainan cahaya ini dapat dilakukan dengan menggunakan variasi jenis pencahayaan seperti hidden light, spot light, general light, dll. Selain pada plafon, permainan cahaya bisa dilakukan pada dinding atau wall panel, tangga, serta furniture. Contoh dari permainan cahaya seperti hidden light dapat memberikan variasi dan kesan elegan dengan ditempatkan pada kabinet dapur atau wall panel.

Apabila plafon Anda memiliki jenis drop ceiling, Anda dapat menggunakan hidden light untuk memberikan mood pada ruangan Anda. Umumnya, hidden light berupa LED strip light yang tersedia dalam berbagai warna. Anda dapat memilih sendiri sesuai dengan mood yang diinginkan.

Jika Anda memiliki karya seni yang ingin ditonjolkan, Anda bisa menggunakan spot light untuk meneranginya. Hal ini dapat membuat karya seni tersebut menjadi aksen dari ruangan dan terlihat lebih mewah. Kehadiran spot light juga membuat pola serta tekstur karya seni jadi lebih terlihat.

Untuk pencahayaan umum, Anda dapat memanfaatkan chandelier pada ruangan besar seperti ruang tamu dan ruang keluarga. Penggunaan chandelier pada ruangan akan menimbulkan kesan elegan dan mewah. Oleh karena itu, Anda perlu memilih chandelier yang sesuai dengan gaya ruangan agar dapat mendukung suasana di dalamnya.

#2 Rumah Mewah Berarti Investasi pada Material Berkualitas Baik

interior ruang keluarga gaya klasik modern

Selain baik untuk penggunaan jangka panjang, material berkualitas tinggi dan dikerjakan dengan teknik yang benar dapat bertahan lama dan memiliki nilai visual yang bagus. Contoh dari material berkualitas ini adalah marmer alam atau granit tile yang bisa digunakan untuk lantai rumah. Kedua batu alam ini dapat memberikan kesan mewah. Selain itu, granit dan marmer juga dapat Anda gunakan untuk melapisi dinding atau melapisi beberapa furniture seperti table top counter di dapur, meja makan, serta coffee table.

Jika Anda ingin memberikan kesan yang lebih elegan, gunakan material kaca dan metal. Pantulan cahaya pada kedua material ini dapat memberikan kesan ruangan yang terang, elegan, dan megah. Contohnya adalah kaca atau cermin yang diterapkan pada wall panel, serta metal yang dapat diterapkan pada railing tangga juga partisi.

#3 Berikan Sentuhan Karya Seni pada Rumah

interior rumah gaya klasik modern

Bukan hal yang baru jika sesuatu yang bersifat “mewah” umumnya lebih mementingkan nilai keindahan atau estetika dibandingkan fungsinya, demikian juga dalam hal desain interior. Jika Anda ingin rumah Anda terlihat lebih mewah, interior rumah Anda perlu dilengkapi dengan karya seni. Ada berbagai jenis karya seni selain lukisan yang bisa Anda gunakan, misalnya fotografi, ilustrasi gambar, atau berbagai benda seni.

Anda dapat memilih karya seni yang menurut Anda paling indah, baik yang berjenis dua dimensi atau tiga dimensi. Ada berbagai jenis material karya seni yang dapat dipilih seperti kanvas, kain, keramik, besi, juga kayu. Pilihlah karya seni yang sesuai dengan karakter ruangan, sehingga ia dapat menjadi pusat perhatian atau focal point dari ruangan.

Contohnya adalah jika ruangan Anda memiliki gaya klasik, Anda bisa memilih karya seni yang terlihat antik. Karya seni ini dapat mendukung nuansa klasik dari ruangan Anda. Namun apabila ruangan Anda bergaya modern atau kontemporer, Anda bisa memilih karya seni yang bersifat abstrak atau less ornament.

#4 Pilih Color Palette Rumah Mewah yang Tepat

warna rumah klasik

Pemilihan palet warna yang tepat dapat menciptakan suasana ruangan yang diinginkan. Sebaiknya, jangan gunakan warna gelap pada plafon, karena ia bisa membuat ruangan terkesan rendah bahkan semakin kecil. Gelap-terangnya warna dapat dimainkan pada dinding ruangan. Selain itu, bagian lantai ruangan juga dapat divariasikan sesuai keinginan. Apabila Anda ingin ruangan terasa luas, Anda dapat menggunakan warna terang pada lantai.

Untuk menciptakan kesan mewah dan elegan pada interior, Anda dapat menggunakan kombinasi warna putih, beige, abu-abu, serta hitam. Contohnya, Anda bisa memilih warna beige untuk lantai marmer, warna putih untuk dinding dan plafon, serta warna hitam dan abu-abu untuk furniture dan dekorasi ruangan.

Adalah hal yang sangat penting bagi Anda untuk memperhatikan warna apa yang akan mendominasi ruangan Anda, serta warna aksen yang digunakan. Lewat contoh tadi, dapat disimpulkan bahwa warna dominan yang digunakan adalah putih, sedangkan aksennya adalah beige. Warna abu-abu serta hitam penjadi pelengkap interior dan berperan sebagai warna tambahan.

#5 Pilih Gorden yang Menyentuh Lantai

Gorden yang menjuntai dari plafon ke lantai dapat membuat interior terkesan lebih megah. Oleh karenanya, Anda perlu menghindari gorden yang terlalu pendek agar tidak terkesan murah.

Jika rumah Anda bergaya klasik, Anda bisa menggunakan gorden dengan pattern klasik atau yang memiliki ornamen. Namun jika rumah Anda bergaya modern atau kontemporer, sebaiknya Anda menggunakan gorden yang polos. Sebuah tips untuk membuat tampilan gorden lebih rapi dan modern adalah Anda dapat menyembunyikan railing gorden di balik crown moulding pada plafon ruangan Anda.

#6 Pilih Furniture yang Tepat

Interior rumah klasik kontemporer bandung

Penciptaan rumah dengan interior yang mewah dan elegan dapat berasal dari pemilihan furniture yang tepat. Anda dapat menggunakan perabotan yang besar, karena ukuran besar perabot ini terkesan lebih berat dan megah. Namun jangan lupa untuk menyesuaikan ukuran perabot ini dengan ukuran ruangan, agar keberadaan furniture tidak menghalangi area gerak Anda.

Apabila Anda tidak menginginkan furniture yang terlalu besar karena keterbatasan ruangan, Anda dapat memilih perabotan yang tidak terlalu besar tetapi punya kualitas baik. Kualitas baik pada perabotan inilah yang membuatnya cenderung tahan lama dan terlihat lebih indah.

Contohnya adalah furniture bermaterial kayu yang menggunakan kayu solid akan cenderung tahan lama. Lalu untuk material metal, Anda dapat menggunakan stainless steel agar terlihat lebih elegan dan modern. Anda pun bisa menggunakan finishing berupa kuningan apabila Anda ingin menguatkan kesan mewah dan elegan.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk merancang ulang interior rumah agar terkesan lebih mewah dan elegan. Perlu diingat bahwa kemewahan pada rumah Anda tidak melulu berkaitan dengan sesuatu yang mahal. Kemewahan yang ada di sini berupa investasi pada material berkualitas baik, sehingga memiliki nilai lebih dari segi estetika serta punya daya tahan yang berlangsung lama.


VANIA ERLINDA FULBERTUS
Mahasiswi Program Studi Desain Interior di Universitas Kristen Petra, Surabaya


InteriorDesign.id dibandingkan dengan desainer interior konvensional, mana yang terbaik untuk Anda?

Related Articles
interior rumah gaya industrial natural
Tuesday, May 25 2021
Posted by Michelle Angelica
desain facade
Thursday, May 20 2021
Posted by Angela Nathalia

Siap memulai proyek desain interior?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

2000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Hello interiordesign.id