Rumah Kecil Hemat Energi, Desain Warna-warni dan Pencahayaan Alami yang Optimal

Posted by HinaYana Friday, January 17 2020

Rumah kecil hemat energi, dari konsep “Skaeve Huse,’ yang berarti rumah khusus untuk orang-orang istimewa.

Interiordesign.id – Memiliki rumah idaman menjadi dambaan setiap orang. Apalagi jika bisa memiliki rumah yang besar dan luas, dengan kelebihan tanah yang bisa digunakan untuk taman, playground atau mungkin untuk kebutuhan yang lainnya. Namun sayang, tidak semua oang memiliki keberuntungan semacam itu. Jangankan memiliki rumah besar yang lengkap dengan segala fasilitasnya, memiliki rumah kecil atau mungil saja bagi sebagian besar orang mungkin hanya sekadar mimpi.

Saat ini rumah kecil tipe 36 dengan luas tanah sekitar 70 hingga 80 meter, memiliki harga jual di kisaran 400 – 500an juta. Menjadi kenyataan pahit bagi sebagian orang yang bercita-cita memiliki hunian ideal dengan desain menawan. Harga rumah sebesar itu tentu belum termasuk perabotan dan perlengkapan rumah lainnya.

Untuk memiliki rumah ternyata tak semurah yang dibayangkan. Memiliki hunian sederhana saja membutuhkan banyak sekali biaya.

Mengutip hasil riset HSBC Kanada yang dikutip tirto.id, presentase kepemilikan rumah bagi generasi milenial saat ini sungguh sangat rendah. Bahkan didapati kenyataan bahwa kepemilikan rumah bagi generasi milenial didapat dari bantuan orang tua. Sungguh kenyataan yang menyakitkan.

Namun terlepas dari hal tersebut, dan bukan bermaksud menegasikan begitu saja fakta-fakta yang ada, memiliki hunian nyaman dan aman bukanlah soal ukuran. Tipe-tipe rumah kecil dengan desain yang atraktif dan menarik, desain rumah kecil yang impresif, banyak bertebaran saat ini. Beberapa bahkan telah menjadi rujukan dan mendatangkan ide bagaimana merancang sebuah hunian atau tempat tinggal seharusnya.

Seperti desain rumah kecil hemat energi hasil rancangan arsitek dari studio Elmo Vermijs berikut ini. Rumah kecil dengan desain warna-warni yang melahirkan karakter yang unik pada setiap rumah.

rumah kecil hemat energi

Desa rumah kecil ramah lingkungan yang berada di pinggiran Kota Eindhoven tersebut, merupakan pedesaan atau kompleks perumahan yang dirancang dengan keseriusan untuk menciptakan dan membantu mereka yang tidak memiliki hunian, untuk mendapatkan tempat tinggal yang layak, bahkan jauh lebih layak dengan konstruksi dan desain yang modern.

Desain rumah kecil hemat energi

Jika kita berpikir soal keselarasan dengan alam. Rumah-rumah kecil hemat energi adalah kecenderungan yang menguat dalam dunia arsitektur dan desain interior. Banyak arsitek dan desainer merekomendasikan dan mengajukan model hunian semacam itu.

Yang paling penting pada desain rumah Anda adalah bukan melulu soal ukuran besar dan luas agar tampak menarik dan nyaman. Kenyamanan dan keamanan tersebut bisa saja diraih dalam rumah-rumah berukuran kecil, atau bahkan mungil.

rumah kecil hemat energi

Rumah memang mesti dirancang, didesain senyaman mungkin. Rumah, tidak peduli berapapun ukurannya; kecil, sedang ataupun besar, harus jadi satu tempat yang dapat memberikan ketenangan yang dibutuhkan.

Tempat tinggal sederhana dengan desain yang menarik, akan memberikan cukup energi positif pada setiap penghuninya. Rumah, meski berukuran kecil adalah tempat tinggal sempurna yang kita miliki.

Ada pepatah lama yang mengatakan: sebagian orang sibuk mencari tempat-tempat indah, sebagian lainnya menjadikan tempat-tempat mereka menjadi indah.

Mungkin hal itulah yang dimaksud oleh firma arsitek dari Belanda, studio Elmo Vermijs. Mereka berhasil merancang dan mengembangkan sebuah desa rumah kecil hemat energi, rumah kecil ramah lingkungan bertenaga surya dengan warna-warni ceria yang diperuntukan bagi orang-orang yang tidak memiliki hunian atau tempat tinggal.

Dilansir dari inhabitat, studio Elmo Vermijs menciptakan sebuah desa kecil yang indah di pinggiran kota Eindhoven untuk membantu mereka yang berada dalam kesulitan. Arsitek Elmo Vermijs merancang tata letak lingkungan serta rumah bertenaga surya berukuran 32 meter persegi untuk memenuhi kebutuhan spesifik penghuni.

Inspirasi untuk desa ini berasal dari frasa bahasa Belanda “Skaeve Huse” – yang diterjemahkan secara bebas berarti “rumah khusus untuk orang-orang istimewa.”

Perumahan hasil kolaborasi dan kerjasama dengan organisasi sosial

Bekerja sama dengan organisasi perumahan sosial, The Trudo Housing Corporation, para arsitek merancang rumah-rumah kecil khusus untuk individu-individu yang menderita Penyakit jiwa, kecanduan narkoba, dan siapapun yang memiliki masalah tinggal di lingkungan rumah tradisional.

Sebagian besar Skaeve Huses biasanya merupakan tempat penampungan sementara, namun proyek khusus ini, tim tersebut ingin menciptakan sebuah komunitas rumah permanen yang hemat energi yang dapat menawarkan manfaat jangka panjang kepada penduduk maupun masyarakat sekitar.

rumah kecil hemat energi

Interior dengan pencahayaan alami

Beralih ke bagian dalam, interior rumah kecil hemat energi ini sengaja dirancang untuk mendapatkan pencahayaan alami yang optimal.

Tata ruang interior rumah kecil hemat energi ini sangat mencerminkan dan menunjukan sebuah gaya desain yang ramah lingkungan. Entry way, ruang tamu, dapur, kamar mandi, dipasangi sebuah jendela besar yang mampu memberikan pencahayaan langsung dari sinar matahari masuk ke seluruh ruangan.

Dengan konstruksi langit-langit yang tinggi, rumah kecil tersebut terasa luas meski permukaan lantainya hanya seluas 32 meter persegi. Instalasi jendela ditempatkan cukup tinggi, sehingga privasi masih cukup terjaga. Palet warna segar dan ceria menciptakan keragaman dan memberi setiap rumah karakter masing-masing yang tampak unik dan berbeda.

rumah kecil hemat energi

Perumahan dibangun pada sebidang tanah yang penuh dengan pepohonan, lingkungannya terdiri dari serangkaian rumah berukuran kecil. Semua struktur terbuat dari fasad baja bergelombang dengan bingkai jendela yang menonjol, namun masing-masing memiliki skema warna yang unik.

Dengan menggunakan kelimpahan pohon yang ada sebagai panduan tata letak, jalan setapak dibuat mengarah dari rumah ke rumah.

rumah kecil hemat energi

Desa rumah kecil hemat energi tersebut sangat terorganisir dengan rapi. Memberi setiap penduduk banyak privasi dan kebebasan, namun tanpa menciptakan suasana isolasi. Tanaman hijau di sekitarnya dan warna ceria di rumah memberi suasana yang menyenangkan dan menenangkan bagi keseluruhan suasana desa.

Siap memulai proyek desain interior?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

1000* desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
... ... ...
×