fbpx
Hi, Guest
Login  |  Register

Menerapkan New Normal Interior Design pada Gym? Tentu Penting!

Posted by Romario Darell Tuesday, May 25 2021
desain interior rumah skandinavian

Gym design yang dibuat pada masa new normal harus bisa membaurkan kaidah yang dimiliki oleh desain interior itu sendiri serta protokol kesehatan yang diterapkan selama era kenormalan baru.

Estimated reading time: 7 minutes

Tren serta budaya baru tercipta sejak pandemi Covid-19 muncul. Budaya ini mengharuskan kita untuk lebih banyak beraktivitas di rumah masing-masing, dimulai dari belajar hingga bekerja. Hal ini bertujuan untuk menekan penyebaran virus Covid-19 di tempat umum.

Meski demikian, tidak semua aktivitas dapat dilakukan di rumah. Ada beberapa kegiatan yang mengharuskan seseorang untuk melakukan tatap muka dan interaksi langsung dengan orang lain. Contoh kegiatan tatap muka ini adalah pengerjaan proyek pembangunan, shooting acara televisi, jual-beli di pasar tradisional, dan masih banyak lagi.

Oleh karenanya, agar kita tetap merasa aman dan nyaman melakukan kegiatan tatap muka, kita perlu menerapkan aturan 3M yang diimbau oleh pemerintah. Aturan ini merupakan kependekan dari memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Penerapan aturan 3M di tempat umum inilah yang kita sebut sebagai budaya baru di masa new normal.

Penerapan Aturan 3M di Masa New Normal Tidaklah Cukup

gym design di interior rumah skandinavian

Namun sayangnya, masyarakat terlalu fokus pada aturan 3M untuk menjaga diri, tetapi cenderung mengabaikan hal penting lainnya. Hal penting lain yang dimaksud di sini adalah asupan gizi yang cukup untuk kesehatan. Asupan ini amat penting, karena makanan sehat yang kita konsumsi dapat membantu pembentukan imunitas serta antibodi yang kita butuhkan.

Selain itu, ada juga cara lain yang bisa kita lakukan untuk memperkuat imunitas kita, yakni dengan berolahraga. Oleh karena itu, berolahraga di tempat gym adalah salah satu solusi peningkatan antibodi yang dipilih oleh banyak orang.

Trend ini kita dikenal dengan budaya baru New Normal. Namun, masyarakat terlalu berfokus pada 3 hal (3M) tersebut sehingga orang cederung mengabaikan yang tak kalah penting yaitu gizi untuk kesehatan, dimana hal tersebut sangat penting agar kita memiliki imunitas dan antibodi yang kuat. Ada beberapa cara untuk meningkatkan imunitas tubuh salah satunya adalah olahraga. Karena itu, pergi ke gym merupakan salah satu solusi yang dicari oleh banyak orang.

Peran Interior Design dalam Gym di Era New Normal

inspirasi gym design di interior rumah skandinavian

Menurut penelitian yang dilakukan oleh IHRSA (The International Health, Racquet, & Sportsclub Association) dan MXM, ditemukan bahwa bepergian ke tempat olahragaga yang bersifat publik adalah sesuatu yang aman. Sebaran virus Covid-19 di tempat tersebut hanya sebesar 0,000023 dari 50 juta pengunjung. Penelitian ini dilakukan selama 3 bulan dengan pengamatan yang dilakukan di 2873 tempat gym di dunia. Sayangnya meski demikian, orang-orang tetap enggan untuk berolahraga di tempat gym.

#1 Gym dengan Interior Design yang Tepat Dapat Membuat Orang Tertarik untuk Berkunjung Lagi

Interior design yang tepat merupakan solusi yang dapat ditawarkan untuk tempat-tempat gym yang ingin kembali menarik kedatangan pengunjung. Penerapan protokol kesehatan di masa new normal pada interior design yang dibuat dapat mendatangkan banyak keuntungan bagi gym. Interior design gym yang amat menyesuaikan dengan kondisi new normal akan membuat setiap pengunjung merasa aman dan nyaman saat berolahraga di dalamnya.

#2 Penerapan Konsep New Normal pada Interior Design di Area Gym

Konsep interior design yang mengadaptasi budaya new normal di tempat gym dapat diterapkan ke dalam berbagai hal. Penekanan interior design gym ini akan lebih banyak ditekankan pada pemberian jarak antar peralatan, ruang, pengguna, dan masih banyak lagi. Hal ini dikarenakan penggunaan masker atau face shield saat berolahraga adalah hal yang tidak memungkinkan. Penataan ruang juga perlu diatur sedemikian rupa agar dapat menghindari kerumunan orang di dalam area gym.

#3 Interior Design yang Menjaga Physical Distancing

Selain melalui penataan ruang, penerapan physical distancing dapat dilakukan dengan mengolah elemen interior seperti lantai, dinding, dan plafon. Jika penerapan protokol kesehatan dapat diaplikasikan pada elemen interior dan divisualisasikan dengan baik, hal ini secara tidak langsung akan dapat menarik kedatangan pengunjung. Pengunjung akan bisa melihat sendiri tingkat keamanan yang dimiliki oleh gym tersebut.

#4 Solusi Interior Design untuk Penyemprotan Cairan Disinfektan

Penerapan interior design yang sesuai dengan protokol kesehatan ini penting, mengingat hal ini belum terlalu diperhatikan dengan serius di Indonesia. Penerapan protokol masih hanya sebatas pemberian pembatas di beberapa peralatan serta sistem operasionalnya. Sistem operasional ini berupa penyemprotan cairan disinfektan atau penyinaran UV setiap beberapa jam sekali.

Meski begitu, cairan disinfektan tetap diperlukan, karena ia merupakan bahan yang paling bisa diandalkan untuk sterilisasi permukaan-permukaan benda yang terkontaminasi. Maka melalui solusi interior design, penempatan sprinkler yang menyemprotkan cairan disinfektan perlu dilakukan dengan sangat baik. Kemajuan teknologi juga dianjurkan untuk dimanfaatkan, contohnya seperti penggunaan sensor yang membuat setiap orang yang masuk ke dalam area gym dalam disterilkan secara otomatis. Alternatif lainnya dapat berupa penambahan area khusus screening jika diperlukan.

Idealnya, botol semprot disinfektan atau sanitizer tersedia di tiap peralatan. Fasilitas penunjang lainnya pun sebaiknya menyediakan wastafel untuk mencuci tangan. Penerapan teknologi sensor amat disarankan untuk memberikan kenyamanan pada pengunjung.

#5 Tata Ruang dalam Gym yang Perlu Diperhatikan dengan Baik

Penataan ruangan sebaiknya dilakukan dengan tujuan untuk membatasi jumlah orang yang berkumpul dalam satu area. Beberapa orang datang ke tempat gym untuk beraktivitas bersama komunitas dalam berbagai kelas seperti yoga, aerobik, dll. Hal ini dapat diatasi dengan penataan fasilitas berupa penjagaan jarak antar pengunjung yang cukup jauh. Sediakan juga ruangan yang tidak terlalu luas agar kerumunan dapat terhindari.

#6 Perhatikan Pola Lantai dalam Gym

Pola lantai adalah salah satu faktor penting yang dapat menentukan sirkulasi yang akan dilewati oleh para pengunjung gym selain bentuk ruangan. Oleh karena itu, pola lantai perlu diatur dengan baik agar pengunjung dapat membentuk jalur sirkulasi sesuai dengan yang dikehendaki. Di masa new normal, baiknya jalur dibuat untuk satu arah saja, agar alur sirkulasi dapat lebih teratur dan kerumunan dapat dihindari.

#7 Dalam Interior Design yang Ada di Gym, Hindari Pemakaian AC dan Andalkan Bukaan untuk Sirkulasi

Area tertutup adalah salah satu tempat di mana penyebaran virus Covid-19 terjadi cukup cepat. Karena menurut kabar terbaru dari WHO, virus Covid-19 rupanya dapat ditularkan melalui udara. Oleh karena itu, sirkulasi udara teratur amat diperlukan.

Hindari penggunaan AC dan utamakan sirkulasi udara melalui pintu atau jendela. Apabula hal ini tidak memungkinkan, perhatikan tingkat kelembapan udara dalam ruangan. Sebaiknya, manfaatkan area outdoor (jika ada) sebagai area tambahan untuk aktivitas yang bersifat kelompok seperti kelas.

Situasi pandemi seperti sekarang mendorong masyarakat untuk mau tidak mau menumbuhkan kesadarannya tentang pentingnya menjaga kesehatan dan menerapkan protokol kesehatan. Namun secara tidak langsung, tren new normal mengajak para designer untuk dapat memecahkan masalah yang ada dan menawarkan solusi.

Interior designer punya peran penting dalam membaurkan aturan yang ada dengan kaidah design interior. Penerapan design interior yang tepat dapat membuat ruangan jadi lebih teratur dan terorganisir. Terlebih di masa new normal sekarang dan di tempat publik seperti gym.

Design interior yang memberikan kenyamanan dan kemanan membuat para pengunjung tidak perlu khawatir saat harus berolahraga di gym. Protokol keamanan yang ketat serta interior design yang unggul secara visual, membuat pengunjung tentu betah untuk berkegiatan di sana. Alhasil, aktivitas olahraga yang dilakukan dapat berjalan maksimal, serta kesehatan dan imunitas yang diinginkan dapat dimiliki melalui tubuh yang kuat.


ROMARIO DARELL
Mahasiswa Program Studi Desain Interior, Universitas Kristen Petra, Surabaya.


InteriorDesign.id dibandingkan dengan desainer interior konvensional, mana yang terbaik untuk Anda?

Related Articles

Siap memulai proyek desain interior?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

2000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Hello interiordesign.id