fbpx
Hello, Guest

Atap Kaca: Kelebihan, Kekurangan dan Harga

Posted by Iqbal Mujahid Saturday, January 21 2023
Ilustrasi model atap kaca

InteriorDesign.id– Atap kaca adalah material penutup bagian atas rumah yang kerap digunakan untuk desain rumah minimalis modern. Menggunakan atap kaca atau skylight  menjadi sangat menyenangkan karena Anda dapat menatap langit yang selalu berubah-ubah tanpa perlu keluar rumah.

Teknologi atap berbahan kaca memang telah dirancang kuat dan tahan lama. Jika Anda tertarik menggunakan skylight, maka Anda harus mengetahui lebih dahulu hal-hal yang perlu pertimbangan.

Seperti halnya struktur rumah secara keseluruhan, cara membersihkan hingga cara merawatnya. Berikut hal-hal yang perlu Anda ketahui tentang atap kaca.

Apa Itu Atap Kaca

Atap kaca adalah material yang terbuat dari bahan berkualitas, tidak mudah pecah, dan terlihat bening seperti kristal.  Material skylight ini dapat membatasi sinar ultraviolet yang masuk ke dalam ruangan.

Atap kaca dapat dibingkai dengan kayu, aluminium, dan baja, serta ditempatkan sebagai atap rumah, atap gedung, dan atap bangunan lainnya. Dengan menggunakan kaca, area rumah yang lebih gelap dapat disinari dengan cahaya alami dan ruangan yang dilengkapi dengan atap berbahan kaca pun menjadi terlihat luas.

Skylight sendiri memiliki kelebihan dan kekurangan yang bisa jadi pertimbangan Anda sebelum menggunakan atap jenis ini. Berikut kelebihan dan kekurangan atap kaca.

Kelebihannya:

1. Memberikan Sinar Matahari yang Cukup

Memberikan adanya cahaya alami yang cukup di dalam rumah. Ruangan Anda pun terasa lebih hangat dan terbuka. Dengan cahaya natural yang masuk ke dalam rumah, Anda akan jadi lebih kreatif untuk mendesain interiornya.

Anda bisa memadukannya dengan tampilan yang unik seperti mendekorasi ruangan dengan tanaman hijau yang beraneka ragam. Rumah Anda pun akan menjadi hijau dan asri.

2. Memperluas Ruangan

Dapat menciptakan ilusi ruangan yang lebih luas. Dengan pencahayaan yang maksimal, ruangan rumah Anda akan terlihat lebih lapang. Penggunaan skylight dapat menjadi solusi yang baik untuk memaksimalkan potensi ruangan Anda.

3. Sebagai Ventilasi dan Menurunkan Polusi Udara

Dengan memiliki beberapa jenis dasar kaca, seperti atap kaca permanen, geser, dan kanopi membuat atap kaca dapat menjadi ventilasi udara. Seperti halnya atap kaca geser yang dapat membuat sirkulasi rumah Anda menjadi lebih baik.

Selain itu, kaca memiliki kemampuan untuk meredam suara berdesibel tinggi. Anda pun dapat menikmati suasana senang di rumah setelah melewati aktivitas yang melelahkan.

4. Hemat Energi

Dengan menggunakan skylight, maka dapat menghemat energi karena dapat menurunkan konsumsi listrik. Anda jadi tidak perlu menggunakan lampu di siang hari karena dapat mengandalkan sinar matahari yang masuk.

5. Menjadi Nilai Tambah dalam Desain Interior dan Properti

Atap kaca identik menjadi material bangunan yang digunakan untuk desain rumah minimalis modern. Hal tersebut tentu dapat meningkatkan nilai properti rumah Anda. Memasang skylight dapat memberikan kesan minimalis, modern, dan mewah.

Kekurangannya:

1. Ruangan Terasa Panas Saat Cuaca Panas

Atap kaca dapat membuat suhu ruang di rumah menjadi lebih tinggi.Hal ini terjadi karena kaca tidak membatasi sinar UV dan panas matahari, sehingga suhu kerap tinggi di saat panas matahari sedang menyengat. 

Meskipun begitu, dominasi panas matahari bisa dikurangi dengan memerhatikan arah bangunan. Jika masih ada panas yang lolos, Anda dapat menutupnya dengan menambahkan tanaman. 

Selain membuat rumah Anda lebih adem, tanaman juga dikenal sebagai penghasil oksigen yang baik dan udara dalam rumah pun bisa lebih segar.

2. Konstruksi yang Rumit

Membangun skylight membutuhkan perhitungan, material yang tepat, serta membutuhkan waktu lama. Jika terjadi kesalahan, atap tersebut dapat mudah jatuh dan membahayakan keselamatan penghuni. Jika Anda berniat untuk memasang atapnya di rumah, pilihlah teknisi yang telah berpengalaman dalam hal ini.

3. Biaya Pemasangan dan Perawatan yang Tinggi

Material kaca jelas lebih mahal daripada atap genteng, batu bata, dan lainnya. Jika Anda menginginkan atap berbahan kaca di tiap ruangan di rumah Anda, biayanya pun akan semakin mahal. 

Perawatan skylight juga tidak mudah, sifat kaca yang transparan menjadi harus selalu dibersihkan dari luar. Debu dan daun di atap juga akan menghalangi cahaya matahari yang masuk ke dalam rumah. 

Selain itu, pelapis atap bahan kaca yang kokoh juga tidak sepenuhnya aman jika terkena cabang pohon atau bola yang terlempar ke atap. Jika terdapat keretakan pada atap atau terdapat celah, Anda pun perlu mengubah seluruh bingkai atapnya.

Atap kaca yang menjadi pilihan untuk desain rumah minimalis dan modern dapat menjadi inspirasi untuk membangun hunian Impian Anda. Temukan tips dan inspirasi interior desain lainnya melalui interiordesign.id.

Baca Juga : Berbagai Model dan Jenis Atap Rumah Terbaik yang Bisa Anda Pilih

Saatnya Mendesain Ulang Rumah Anda

Mau dekorasi, atau renovasi rumah?

Interiordesign.id adalah perusahaan desain interior online terkemuka yang dipercaya oleh ribuan pemilik rumah untuk menjadikan hunian mereka lebih baik. Desainer-desainer kami spesialis dalam berbagai gaya desain. Anda akan bekerja secara langsung bersama mereka saat proses desain. Online, terjangkau, dan profesional.

Ketika desain selesai, kami juga menangani proses renovasi. Tim renovasi dan produksi internal kami, dengan manajemen proyek berpengalaman, akan memastikan proyek renovasi ditangani secara profesional. Jangan khawatir, untuk pembiayaan, kami tidak mahal.

Info lebih lanjut, kontak CS

Artikel Terkait
Atap Kayu Sirap
Monday, January 30 2023
Posted by Nikho Asruri
kelebihan atap logam
Friday, January 13 2023
Posted by Fauzi Rahman

Berapa estimasi biaya renovasi Anda?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

4000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Estimasikan biaya interior rumah Anda dengan menjawab beberapa pertanyaan sederhana.
Estimasikan sekarang!
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Ketahui anggaran biaya renovasi rumah Anda sejak awal!
Estimasikan sekarang!
Let's share!
Hello interiordesign.id