pilihan warna cat interior rumah

Bagaimana Menentukan Pilihan Warna yang Tepat Berdasarkan Posisi dan Arah Ruangan

Posted by HinaYana  •  Wednesday, November 28 2018

Dalam ruangan yang menghadap ke sebelah utara, di mana pancaran sinar matahari tidak didapatkan secara langsung, suhu ruangan akan terasa lebih dingin dan suasana ruangan akan tampak lebih gelap.

Interiordesign.id – Pilihan warna cat nterior menjadi salah satu hal yang sangat esensial. Penggunaan warna cat yang tidak tepat dapat memiliki implikasi langsung yang menyebabkan ruangan terasa tidak nyaman. Dan ruangan yang tidak nyaman sangat memengaruhi mood atau suasana hati penghuninya.

Pancaran sinar matahari langsung, atau cahaya natural yang masuk ke dalam rumah, bisa menjadi pertimbangan saat menentukan pilihan warna apa yang cocok dan harus digunakan. Antara pencahayaan dan warna, secara langsung ataupun tidak, berkorelasi satu sama lain.

Di dalam ruangan yang terpapar sinar matahari langsung pada pagi hari misalnya, pilihan warna terbaik yang bisa digunakan adalah jenis warna-warna yang dapat memberi ketenangan, kesejukan dan menampilkan suasana natural. Sementara pada di ruangan yang tidak terpapar cahaya matahari langsung, pilihan warna yang digunakan haruslah yang dapat memberikan suasana hangat sekaligus terang.

Pilihan warna cat interior yang tepat dapat melahirkan suasana nyaman serta bisa mengembalikan mood ke level yang positif.

10 Warna Cat Ruang Tamu Sempit, Sulap Ruangan Jadi Terasa Luas & Istimewa

Berikut rekomendasi pilihan warna terbaik berdasarkan posisi dan arah ruangan;

1. Ruangan menghadap ke utara

Pada ruangan yang menghadap ke sebelah utara, di mana pancaran sinar matahari tidak didapatkan secara langsung, suhu ruangan akan terasa lebih dingin dan atmosfer ruang yang tampak lebih gelap. Pilihan warna terbaik yang harus dipertimbangkan adalah warna-warna yang dapat memberikan suasana hangat dan warna-warna cerah yang bisa menjadikan ruangan terlihat lebih terang.

Warna-warna terang dan netral seperti putih, kuning, oranye atau emas bisa jadi pilihan terbaik.

pilihan warna cat interior rumah

Warna netral dan terang di ruangan yang menghadap utara. ~ via pinterest

pilihan warna cat interior rumah

Ruang keluarga mid-century yang menghadap utara. ~ via houzz

2. Ruangan menghadap ke selatan

Ruangan yang menghadap ke arah selatan bakalan terasa hangat sepanjang hari. Pertimbangkan pilihan warna yang dapat memertahankan suasana hangat sekaligus memberi kenyamanan maksimal. Warna biru, biru kristal, atau warna-warna pucat seperti pale pink, pale green atau bahkan ungu atau violet adalah yang terbaik.

pilihan warna cat interior rumah

pilihan warna biru kristal dalam ruangan yang menghadap ke selatan. ~ via dulux paint

3. Ruangan menghadap ke arah timur

Ruangan yang menghadap ke sebelah timur selalu mendapatkan cahaya natural pada pagi hari. Pilihan warna terbaik adalah warna-warna netral yang lembut.

pilihan warna cat interior rumah

Suasana ruangan yang menghadap ke timur. Menyegarkan pada pagi hari. ~ via mhom

4. Ruangan menghadap ke arah barat

Ruangan ini mendapatkan pancaran sinar matahari di sore hari. Untuk memertahankan suasana ruangan yang menenangkan,  pilihan warna merah atau pink bold bisa mendatangkan suasana intim dan nyaman pada sore hari.

Pilihan terbaik ada pada hijau. Hijau akan membuat ruangan tampak lebih natural, membuat ruangan tampak lebih segar dan menyejukan, terlebih saat-saat sore hari yang menyenangkan.

pilihan warna cat interior rumah

suasana kamar tidur pada sore hari dengan sentuhan warna hijau yang fungky. ~ Kyle M interiors

Butuh bantuan desain dan dekorasi interior? Bekerja dan berkomunikasi langsung dengan desainer-desainer terbaik?

Tags: , , , , ,

Hina Yana

By HinaYana

Konten Editor.

Artikel lainnya

Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa


 

Follow on Instagram

preloader