fbpx
Hi, Guest
Login  |  Register

Cara Memasang Lantai Vinyl dengan Bentuk Lembaran

Posted by Dhila F Khairunisa Friday, August 13 2021
inspirasi ruang keluarga eclectic designs

Cara memasang lantai vinyl termasuk tips dan beberapa hal yang perlu disiapkan sebelum proses pemasangan dimulai.

Estimated reading time: 6 minutes

Lantai vinyl berbentuk lembaran adalah salah satu bahan lantai yang paling tahan lama dan tahan air yang dapat Anda pasang di rumah Anda. Sebagai penutup lantai yang ideal untuk dapur dan kamar mandi, lantai vinyl berbentuk lembaran hampir seratus persen tahan air. Sebuah predikat yang hanya bisa diraih oleh beberapa jenis lantai lainnya.

Beberapa orang yang lebih sering memasang lantai sendiri mungkin akan menghindari lantai vinyl berbentuk lembaran ini. Ini dikarenakan lembaran lantai vinyl “katanya” terlalu sulit untuk dipasang. Memang cara memasang lantai vinyl memiliki beberapa aspek yang rumit. Namun tidak ada yang tidak dapat Anda atasi jika Anda mengetahui solusinya.

Cara Memasang Lembaran Lantai Vinyl dengan Metode “Loose-Lay

Loose-Lay” merupakan metode pemasangan lantai vinyl yang kebanyakan menghindari penggunaan perekat untuk menempelkan lantai ke lapisan bawah lantai. Pemakaian metode ini membuat lantai tidak bebas untuk bergeser. Ini dikarenakan bobot lembaran lantai vinyl serta gesekan pada lapisan bawah lantai membantu lantai vinyl tertahan.

Di kamar mandi, toilet dipasang di atas lantai ini sebagai titik aman yang menahan lembaran lantai vinyl. Meski begitu, untuk mencegah pergerakan lantai vinyl, pita perekat dua sisi atau double tape dipasang di lantai vinyl yang ada di area dengan “lalu lintas” tinggi.

Karena sambungan antar lantai merupakan titik pemisah yang potensial, gunakan maksimal satu sambungan lantai dengan metode loose-lay. Pemasangan dengan metode loose-lay bekerja paling baik di area berukuran 9 meter persegi atau lebih kecil. Kamar mandi dan dapur berukuran kecil adalah ruangan yang bagus untuk memasang lantai vinyl berbentuk lembaran dengan metode loose-lay.

Tips Memasang Lembaran Lantai Vinyl

  • Beli lembaran ekstra lantai vinyl sebanyak 5 sampai 10 persen untuk memperhitungkan kelebihan pemakaian
  • Singkirkan berbagai macam penghalang sebagai mungkin, seperti ventilasi pemanas, rak portabel, bahkan toilet dan kabinet. Memindahkan barang-barang ini untuk sementara memang sebuah pekerjaan ekstra. Namun hal ini bisa membuat proses memasang lantai vinyl berjalan dengan lebih mudah. Selain itu, keberadaan barang-barang tersebut di atas lantai vinyl nantinya bisa menahan lantai.
  • Kamar mandi dan ruang kecil lainnya yang memiliki lebar kurang dari 3,5 meter tidak memerlukan sambungan antar lantai. Ini biasanya karena gulungan lembaran lantai vinyl memiliki lebar 3,5 meter atau lebih.

Alat dan Bahan yang Dibutuhkan untuk Memasang Lembaran Lantai Vinyl

Berikut adalah alat dan bahan yang dibutuhkan untuk memasang lembaran lantai vinyl:

Alat

  • Sekop
  • Kape
  • Oscillating multi-tool
  • Obeng manual
  • Bor tanpa kabel dan mata bor
  • Utility knife
  • Pita pengukur

Bahan

  • Lembaran lantai vinyl
  • Pre-mixed floor patch serta level compound
  • Double tape

Cara Memasang Lembaran Lantai Vinyl

Berikut adalah beberapa cara memasang lantai vinyl berbentuk lembaran yang harus Anda ikuti:

1. Kondisikan Lantai Anda

Tempatkan lantai vinyl di dalam atau di dekat area kerja selama 24 jam sebelum proses pemasangan dimulai. Usahakan area kerja berada dalam suhu 18 sampai 30 derajat celcious agar lantai lebih mudah untuk dibuka dan diratakan.

2. Singkirkan Berbagai Macam Penghalang

Singkirkan berbagai macam penghalang yang bisa menghambat proses pemasangan lembaran lantai vinyl. Penghalang ini adalah apapun yang menempel di lantai, termasuk dudukan toilet, lemari toilet, dan penghalang-penghalang lainnya.

3. Siapkan Dasar Lantai

Dasar lantai haus benar-benar rata dan bebas dari celah, sambungan, atau lekukan yang dapat berpengaruh terhadap permukaan lantai vinyl. Gunakan kombinasi tambalan lantai pre-mixed dan level compound untuk mengisi titik rendah sampai memiliki ketebalan maksimal 2,5 cm.

4. Potong Lis di Bawah Pintu

Gunakan multi-tool yang dilengkapi dengan bilah kayu untuk memotong lis di bawah pintu 0,3 cm. Atau Anda bisa melepas lis pintu dan memasangnya kembali setelah lantai vinyl dipasang.

5. Potong Lembaran Lantai

Matikan pemanas yang terpasang di lantai. Potong lembaran lantai vinyl agar ukurannya sesuai dengan ruangan. Tambahkan ukuran sekitar 10 cm di semua sisi. Letakkan lantai vinyl di dalam ruangan dengan kelebihan lembaran yang terlipat ke atas dinding. Biarkan lembaran lantai vinyl ini di dalam ruangan selama kurang lebih 2 jam agar sesuai dengan ukuran ruangan.

6. Buat Potongan Bantu

Lembaran lantai vinyl akan menumpuk di sudut-sudut ruangan, sehingga sulit bagi Anda untuk memotong sisi-sisinya. Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa membuat potongan bantu di sudut-sudutnya. Gunakan utility knife dimulai dari sudut, di bagian terendah, lalu buat satu potongan ke atas sampai lantai jatuh ke tempatnya.

7. Buat Potongan di Sekitar Sisi

Lakukan pemotongan lembaran lantai di mana dinding dan dasar lantai bertemu. Potong ia sedekat mungkin ke sudut, sehingga semua lantai akan tersembunyi. Potong lembaran lantai di sekitar toilet dan berbagai area khusus lainnya.

8. Tambahkan Double Tape

Lepaskan lembaran lantai vinyl dan sisihkan. Pastikan lembaran lantai tetap rata. Tambahkan double tape di beberapa ruangan yang mendapat predikat “area lalu lintas utama”, seperti di dekat pintu, di depan bak mandi atau pancuran, dan di depan kabinet.

Pilihan lainnya adalah biarkan lantai di tempatnya dan tarik satu sisi ke arah tengah dengan lembut. Tempatkan selotip atau perekat di sepanjang tepi dan gulung lantai kembali ke tempatnya. Ulangi prosedur ini untuk sisi lainnya. Lembaran lantai vinyl terkadang mudah sobek, terutama pada potongan sudut bagian dalam. Oleh karena itu, Anda harus berhati-hati saat memindahkannya.

9. Letakkan Lantai Vinyl

Pasang lembaran lantai vinyl kembali di area pemasangan. Pastikan lembaran lantai tidak terlipat atau terlipat di antara double tape.

10. Pasang Kembali Baseboard dan Barang-Barang Lainnya

Setelah selesai memasang lembaran lantai vinyl, Anda bisa kembali menghadirkan toilet, lemari, serta ventilasi pemanas. Selain itu, Anda pun bisa memasang baseboard pada dasar dinding Anda.

Itulah beberapa tips serta kesepuluh cara memasang lembaran lantai vinyl yang perlu Anda perhatikan. Pastikan jenis lantai ini sesuai dengan gaya interior rumah Anda serta kesan yang ingin ditimbulkan pada hunian Anda. Perhatikan juga berbagai cara merawat lembaran lantai vinyl agar tetap awet. Semoga kehadiran lembaran lantai vinyl dapat semakin mempercantik hunian Anda.

InteriorDesign.id dibandingkan dengan desainer interior konvensional, mana yang terbaik untuk Anda?

Related Articles

Siap memulai proyek desain interior?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

2000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Hello interiordesign.id