fbpx
Hi, Guest
Login  |  Register

Ciptakan Suasana Interior yang Tak Monoton dan Dinamis dengan Variasi 9 Model Keramik Dinding Ini

Posted by Kumala Devanty Wednesday, March 9 2022
keramik dinding

Dengan model dan motif keramik dinding yang tepat, interior ruangan akan terasa lebih bervariasi, dinamis, dan tidak monoton.

Estimated reading time: 7 minutes

InteriorDesign.id – Rasa bosan merupakan hal yang wajar dan sering kali kita rasakan dalam berbagai aspek kehidupan. Ini juga terjadi pada interior ruangan yang semakin lama bisa terasa sangat monoton dan membosankan.

Karakter gaya desain yang diterapkan pada ruangan memang memberikan kesan tersendiri, tetapi bukan berarti rasa jenuh dan bosan dapat dihindari.

Selain penggunaan dekorasi ruangan yang dapat menambah keindahan, kita juga bisa melakukan kreasi pada dinding ruangan.

Dinding dapat menjadi “kanvas” tempat kita menuangkan kreativitas dan memberikan nuansa baru yang tidak biasa.

Keindahan dan keunikan dinding pada interior ruangan dapat membangun karakter ruangan yang lebih kuat.

Salah satu cara untuk memberikan sentuhan baru pada dinding, adalah penggunaan berbagai macam variasi model keramik yang saat ini sudah semakin beragam motif dan bentuknya.

Dengan teknik pemasangan yang mudah, dan biaya yang relatif murah, pemasangan keramik sering menjadi alternatif treatment dinding sekaligus dekorasi interior ruangan.

keramik dinding
~ via design cafe

9 Model Keramik Dinding yang Ciptakan Suasana Lebih Dinamis pada Ruangan

Dengan banyaknya variasi keramik dinding yang beredar di pasaran, kita bisa memilih dengan menyesuaikan dengan gaya desain interior yang diterapkan.

Selain itu, setiap motif atau bentuk memberikan kesan yang berbeda-beda.

Inilah beberapa model keramik dinding yang bisa memberikan tambahan estetika pada interior ruangan.

1. Keramik Dinding Motif Marmer

Keramik dinding motif marmer

Batu marmer asli biasa dijual dalam bentuk lembaran dan memiliki harga yang cukup mahal. Namun, jangan khawatir, saat sekarang terdapat keramik yang memiliki motif serupa dengan marmer asli. Ini bahkan dijual dengan harga yang relatif lebih murah.

Meski memiliki keukatan yang tak sebanding dengan marmer asli, tetapi model keramik ini dapat memberikan tampilan yang elegan dan sama mewahnya dengan marmer.

Selain itu, berbagai motif lebih mudah ditemukan pada keramik jika dibandingkan marmer asli.

Keramik marmer cocok jika diterapkan pada ruangan dengan gaya desain minimalis, ataupun gaya desain modern klasik.

2. Keramik Dinding Motif

Untuk menerapkan aksen motif kayu pada interior ruangan, kita tidak harus menggunakan dinding kayu asli. Saat ini sudah banyak material yang mehadirkan motif kayu seperti HPL, dan bahkan keramik.

Tentunya keramik ini menyediakan berbagai motif yang diadaptasi dari serat kayu asli sehingga memberikan tampilan yang natural.

keramik dinding motif kayu

Sama seperti halnya karakter kayu asli, penggunaan keramik motif kayu juga bisa melahirkan kesan hangat dan homey pada interior ruangan.

Keramik motif kayu bisa menjadi alternatif penggunaan kayu asli yang dalam beberapa hal sangat rentan terserang rayap dan jamur.

3. Keramik Bentuk Hexagonal

Membicarakan keramik jangan selalu membayangkan bentuk perseginya yang monoton. Kini keramik hadir tidak hanya dalam bentuk persegi, tetapi memiliki berbagai bentuk unik, seperti hexagonal.

Dengan bentuk hexagonal, kita bisa menciptakan tampilan baru yang lebih dinamis pada dinding.

keramik bentuk hexagonal
Pinterest Jcpenney

Meski memiliki bentuk yang tidak biasa, tetapi prosen pemasangan dari keramik ini tetap mudah. Kita hanya perlu menyusun keramik satu persatu dengan urutan dan posisi yang pas.

Keramik hexagonal juga bisa dikombinasikan dengan jenis finishing dinding lain, seperti dipadukan dengan dinding semen ekspos yang cocok dengan gaya desain indutrial.

4. Keramik Dinding Berwarna Cerah

Bosan dengan penggunaan warna netral yang monoton? Coba tampilkan suasana baru dengan model keramik berwarna cerah yang membawa tampilan fresh pada interior ruangan.

Salah satunya menggunakan keramik berwarna kuning cerah yang bisa memberi titik fokus pada ruangan.

Pinterest Emily henderson

Warna kuning yang memiliki karakter membawa semangat baru, penuh energi, dan ceria, secara tidak langsung dapat membangun mood yang lebih baik. Tentu ini yang kita butuhkan saat merasa bosan bukan.

Keramik berwarna cerah dapat diaplikasi pada berbagai ruangan di rumah kita, seperti ruang keluarga, atau area dapur.

Agar ruangan tidak terkesan terlalu berlebihan, keramik berwarna cerah dapat dikombinasikan dengan warna netral lainnya –warna putih atau beige.

Baca juga:

Keramik Dinding Motif Batu Alam “Travertine”

5. Keramik Motif Granit

Sama halnya dengan batu marmer, batu granit juga memiliki harga yang tinggi.

Nah, untuk mendapatkan tampilan dinding granit yang lebih ekonomis, kita bisa menggunakan keramik motif granit.

Karakteristik granit yang memberikan tampilan mewah bisa kita dapatkan dari model keramik ini.

Dalam penerapannya, keramik motif granit cocok digunakan pada area dapur, atau di kamar mandi.

Berbagai motif dan gradasi batu granit dapat kita temukan pada keramik ini sehingga memudahkan ketika dipadukan dengan bebagai gaya desain interior.

Baca juga:

7 Motif Keramik Kamar Mandi yang Cantik dan Unik

6. Keramik Motif Batu Alam

Untuk menghadirkan kesan natural pada ruangan, bisa kita coba lakukan dengan pemilihan material atau motif pada bagian dinding.

Keramik motif batu alam menjadi alternatif terbaik utnuk hal tersebut. Keramik bahkan lebih mudah dibersihkan dan tidak memiliki rongga seperti halnya batu.

keramik dinding motif batu alam
Pinterest Tileflairltd

Keramik motif batu tidak mudah berlumut jika diterapkan pada kamar mandi jika dibandingkan dengan penggunaan batu alam asli.

Keramik ini cocok jika diterapkan pada ruangan dengan gaya desain industrial atau bahkan gaya farmhouse.

7. Keramik Motif Terrazzo

Unik, kata yang tepat untuk menggambarkan keramik motif ini.

Terrazzo merupakan pelapis lantai yang terbuat dari campuran pecahan marmer, semen, tagel, dan pasir, yang menjadikannya memiliki motif yang unik dan eye catching.

Kebanyaka orang memilih keramik terrazzo karena motif dan corak yang terbentuk dari campuran bahan tersebut.

Terdapat berbagai corak seperti corak polos, mozaik, atau kerikil marmer yang dapat kita terapkan dalam mengkreasikan dinding interior.

keramik dinding motif terrazzo
Pinterest The kitchen

8. Keramik Motif Zig Zag

Seperti halnya keramik hexagonal, keramik motif zig zag juga memberikan tampilan yang dinamis.

Meski begitu, kita dapat menggunakan keramik ini dengan warna netral seperti abu-abu atau putih untuk memberikan tampilan yang terlihat lebih simpel.

Tidak hanya satu warna, kita bisa mengkreasikannya dengan kombinasi warna yang membuat dinding tampak lebih indah dan tidak membosankan.

Pinterest Kylie

9. Keramik Motif Mozaik

Keramik mozaik memang sudah sering digunakan sebagai alternatif variasi dinding.

Degan berbagai motif mozaik yang ditawarkan, keramik ini bisa diterapkan pada berbagai ruangan.

Salah satu yang sering digunakan adalah motif persegi panjang berwarna putih yang cocok diaplikasikan pada gaya desain kontemporer.

Simpulan

Nah, itulah 9 model keramik dinding yang bisa kita coba gunakan untuk mempercantik interior, terutama bagian dinding agar suasana ruangan makin terasa dinamis dan tidak membosankan.

Banyak model dan motif yang dibawa keramik. Ini menjadikannya sebagai alternatif material terbaik untuk dekorasi interior, baik penggunaanya yang dominan, ataupun digunakan hanya sebagai aksen.

Intinya, jika menginginkan tampilan yang lebih unik dan berani, kita bahkan bisa menggabungkan beberapa motif dan bentuk keramik sekaligus, tidak hanya satu motif atau model. Ini bahkan bisa dilakukan dengan warna yang bertabrakan.

Interior ruangan pun akan terasa lebih bervariasi dan tidak monoton. Treatment dinding dengan pilihan model keramik yang tepat, bisa menambah kadar estetika interior secara keseluruhan.

InteriorDesign.id dibandingkan dengan desainer interior konvensional, mana yang terbaik untuk Anda?

Siap memulai proyek desain interior?

Mau rumah impian sesuai anggaran yang Anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

2000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Hello interiordesign.id