Dekorasi Kamar Kos Minimalis; Tips Dekorasi Mudah dan Murah untuk Kamar Tidur Berukuran Kecil

Posted by Nita Hidayati Inayah  •  Tuesday, October 31 2017

Kamar kosan yang rapi dan menyenangkan akan melahirkan kenyamanan kepada penghuninya. Dekorasi kamar kos minimalis akan membuat Anda semakin merasa betah di dalam kamar kosan meski berukuran sangat kecil.

Interiordesign.id – Sebagai anak rantau atau Anda yang hidup jauh dari orang tua dan tinggal di kamar kosan, merancang kamar yang nyaman merupakan hal terpenting. Tak jarang kamar kos menjadi tempat di mana seluruh aktivitas dilakukan. Tidak hanya sebagai tempat berisitirahat, beragam kegiatan seperti menonton, makan, mengerjakan tugas dan lainnya dilakukan di kamar kosan. Itu berarti, mau tidak mau, Anda mesti mampu mendesain dan mendekorasi kamar kosan agar menjadi sebuah tempat atau ruang yag paling nyaman, fungsional dan menyenangkan.

Kamar kosan yang rapi dan menyenangkan akan melahirkan kenyamanan kepada penghuninya. Anda akan merasa betah dan menjadikan kamar sebagai ruang relaksasi sekaligus sebuah tempat yang dapat memberi kualitas istirahat yang baik.

Ukuran ruang yang tidak terlalu besar atau bahkan terbilang kecil kerap menjadi kendala saat mendekorasi kamar kosan. Namun, ukuran tidak akan menjadi masalah berarti jika Anda cukup terampil saat berkreasi dengan ruang kamar kosan.

Saatnya mengubah dekorasi dan penataan ruang kamar kosan agar rapi, nyaman dan menyenangkan untuk hidup yang lebih sehat dan bahagia. Perhatikan beberapa tips dekorasi kamar kos minimalis berikut, untuk dapatkan tampilan kamar tidur kecil minimalis dan fungsional.

Dekorasi Kamar Kos Minimalis pada Dinding

#1 CAT

Langkah mudah yang anggarannya terbilang murah adalah dengan mengecat kembali dinding kamar kos. Terutama jika warna catnya sudah kusam atau bahkan mengelupas. Pilihlah warna putih sebagai skema warna utama untuk memberi kesan luas pada ruangan.

dekorasi kamar kos minimalis

via dekorrumah.net

Anda juga dapat mengombinasikan warna dinding putih dengan warna favorit Anda. Namun tetap gunakan warna putih sebagai warna dasar. Mengecat dinding selalu menjadi cara paling mudah dan murah serta tepat bagi Anda yang berencana menghuni kosan dalam jangka panjang.

#2 WALLPAPER

Selain mengecat, solusi lain yang dapat Anda lakukan agar tampilan dinding kamar kosan terlihat lebih rapi dan menarik adalah dengan menggunakan wallpaper.

Pilihlah tema dan warna wallpaper sesuai kesukaan Anda sehingga dapat memberi kenyamanan selama Anda berada di dalam kamar. Hindari warna dan motif yang terlalu ramai dan mencolok.

#3 HIASAN

Manfaatkan spot kosong di dinding kamar kosan dengan berbagai hiasan dinding. Anda dapat menempelkan poster, foto-foto berkesan, kutipan inspirasi dan lain sebagainya. Membuat to-do-list juga bisa. Dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan seperti karton, styrofoam dan sticky note, Anda dapat membuat dinding kamar terlihat lebih atraktif.

dekorasi kamar kos minimalis

via homedit.com

Furnitur & Lampu yang Tepat untuk Dekorasi Kamar Kos Minimalis

Umumnya kamar kos memiliki ukuran ruang yang lebih kecil dari ukuran kamar tidur di rumah Anda. Bahkan tak jarang yang memiliki ukuran sangat kecil atau bahkan mungil. Untuk menyiasatinya, jangan pernah gunakan perabotan dengan ukuran yang terlalu besar. Gunakanlah perabotan-perabotan berukuran kecil yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Seperti ukuran kasur single, lemari ramping dan televisi flat atau layar datar.

Pada beberapa kosan dengan fasilitas cukup lengkap, biasanya sudah tersedia berbagai perabotan utama atau standar, seperti lemari, kasur, meja dan kursi. Ukurannya pun pasti sudah disesuaikan dengan besarnya ruangan. Manfaatkan fasilitas tersebut dan gunakan semaksimal yang Anda bisa, tidak perlu menggantinya. Cukup lakukan sedikit dekorasi dan modifikasi tampilan agar sesuai dengan keinginan Anda.

Untuk memaksimalkan potensi ruang di kamar kosan Anda, atur ulanglah peletakan perabotan yang tersedia. Letakkan lemari, tempat tidur ataupun meja belajar di sudut-sudut ruangan agar nampak terasa lebih luas dan tentunya nyaman.

Letakkan lemari, meja dan kasur dalam satu garis lurus. Dengan seperti itu Anda dapat memiliki area yang lebih lapang. Untuk penerangan atau pencahayaan, gunakan lampu yang sesuai dengan fungsi area. Cukup gunakan lampu terang persis di area tengah.

Dekorasi Kamar Kos Minimalis dengan Floating Bookshelf

Memiliki koleksi buku yang banyak akan menambah beban ruangan jika Anda kurang terampil memikirkan tempat penyimpanannya. Buatlah rak-rak kayu yang ditempelkan pada dinding kamar Anda. Buatlah rak dengan ukuran yang disesuaikan dengan jumlah buku yang Anda miliki.

dekorasi kamar kos minimalis

via Shelfbar

Tempatkan rak-rak tersebut di atas tempat tidur atau sekitar meja belajar Anda. Model peletakan seperti itu, tidak akan terlalu memakan banyak tempat. Area kamar kos kecil minimalis Anda akan terasa lebih luas.

Ada pertanyaan seputar desain interior?

Tags: , , , , , ,

Nita Hidayati Inayah

By Nita Hidayati Inayah

Content writer, menyukai gaya skandinavia

Artikel lainnya

Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa


 

Follow on Instagram

... ... ...