Dekorasi Ruang dengan Tanaman, Hadirkan Suasana Ruang yang Indah dan Menyegarkan

Posted by Arom  •  Tuesday, September 12 2017

Tanaman mampu menyerap polutan serta gas-gas berbahaya seperti benzena, xylene, formaldehida, xilena, nitrogen dan berbagai bahan kimia lain. Dekorasi ruang dengan tanaman mampu hadirkan suasana ruang yang sejuk dan menyegarkan.

Interiordesign.com – Untuk dapat menikmati kesejukan yang dihasilkan tanaman dan pepohonan hijau, Anda tidak harus selalu pergi ke luar rumah atau berada di halaman luar. Kesejukan dan suasana natural yang segar, juga bisa Anda hadirkan di dalam ruangan. Menghadirkan tanaman sebagai elemen dekoratif di dalam rumah, selain mampu menambah kesan natural, juga akan membuat ruangan makin terasa sejuk dan menyegarkan.

Tanaman hias dalam ruangan tak hanya berfungsi sebagai pemanis ruangan. Tanaman juga dapat bermanfaat sebagai separasi ruangan serta pembersih udara dalam ruang.

Dalam penelitian National Aeronautics and Space Administration (NASA) dan Associated Landscape Contractors of America (ALCA), menyebutkan, tanaman memiliki banyak sekali manfaat. Tanaman mampu menyerap polutan serta gas-gas berbahaya seperti benzena, xylene, formaldehida, xilena, nitrogen dan berbagai bahan kimia lain. Gas berbahaya yang hadir di udara pun dapat dibersihkan dengan kehadiran tanaman. Sehingga udara dalam ruangan bisa menjadi bersih dan sehat bagi penghuninya.

DIY: 5 Dekorasi Tanaman Indoor, Menambah Kesan Estetik dan Membuat Ruangan Makin Liveable

Inilah saatnya Anda menghadirkan indoor plant, atau biasa disebut tanaman hias di dalam ruang. Berikut beberapa tips mengkreasi “hutan kecil” di dalam ruangan.

Tips Dekorasi Ruang dengan Tanaman: Dekat Jendela

dekorasi ruang dengan tanaman, penempatan tanaman dekat jendela

Tanaman hias dekat jendela

Memilih tanaman indoor memang tak bisa sembarangan. Tidak mendapat udara sebagaimana tanaman luar dan paparan matahari langsung adalah beberapa prasyarat jenis tanaman yang akan digunakan. Menempatkan tanaman anda di dekat jendela adalah salah satu cara dekorasi ruang yang unik dan tentunya mampu manmpilkan suasana ruang yang sejuk dan menyegarkan.

Dekorasi Ruang Keluarga yang Baik Dapat Memberikan Kebahagiaan kepada Penghuninya

Sebab, meski membawa tanaman ke dalam ruang, bukan berarti Anda melalaikan kebutuhan tanaman tersebut akan cahaya matahari atau pun udara. Selain nampak cantik terlihat bagi ruangan Anda, menempatkan tanaman di dekat jendela juga memberikan pertumbuhan yang baik bagi tanaman itu sendiri.

Tips Dekorasi Ruang dengan Tanaman: Pencahayaan Alternatif

dekorasi ruang dengan tanaman, pencahayaan alternatif untuk tanaman indoor

Cahaya tambahan tanaman indoor

Seperti yang dijelaskan pada tips sebelumnya, tanaman indoor adalah jenis tanaman yang dapat memahami kekurangan cahaya. Meski begitu bukan berarti mereka tidak membutuhkan cahaya sama sekali. Jika tidak memungkinkan ditempatkan di dekat jendela, Anda dapat mengakalinya dengan lampu LED. Penempatan lampu ini bisa dilakukan secara berkala, dengan sesekali menempatkannya di luar ruangan.

DIY: 4 Ide Dekorasi Ruangan Menarik dengan Memanfaatkan Barang Bekas

Tips Dekorasi Ruang dengan Tanaman: Kombinasi Elemen Natural

Jika anda memang ingin membuat ruangan bergaya natural, ada baiknya kombinasikan dengan furnitur kayu dan atau bebatuan. Penggunaan furnitur kayu dapat Anda temukan pada tiang kayu, frame kayu hingga meja batang pohon. Sementara  elemen batu dapat Anda dapatkan dari kerikil, atau batu kali. Untuk elemen dekoratif lainnya, Anda bisa hadirkan karpet rumput sintesis.

dekorasi ruang dengan tanaman, unsur dan elemen natural

Penggunaan unsur kayu

dekorasi ruang dengan tanaman, elemen dekoratir rumput sintetis

Kombinasi dengan rumput sintesis

dekorasi ruang dengan tanaman, elemen natural dengan kombinasi batu dan kayu

Perpaduan batu dan kayu

Butuh bantuan desain dan dekorasi interior? Bekerja dan berkomunikasi langsung dengan desainer-desainer terbaik?

Tags: , , , , , ,

Arom

By Arom

Desainer interior, video editor, writer dan sekaligus seorang "barista" yang saat ini lagi fokus ngembangin kedai kopi miliknya bareng kawan-kawannya. Penyuka gaya desain minimalis-kontemporer dengan sedikit sentuhan dan aksen natural.

Artikel lainnya




Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa


 

Follow on Instagram

preloader