Cara Terbaik Merancang Ruang Makan Kecil agar Nyaman dan Menyenangkan

Posted by Nita Hidayati Inayah  •  Wednesday, December 13 2017

Desain dan dekorasi ruang makan kecil yang menyatu dengan area dapur, banyak digunakan di rumah-rumah kecil bergaya modern minimalis, dengan konsep denah lantai terbuka.

Interiordesign.id – Ruangan berukuran kecil membutuhkan konsep desain yang pintar untuk mendapatkan kenyamanan dan fungsi yang maksimal. Ruang makan, misalnya, meski hanya digunakan pada saat-saat tertentu saja, bukan berarti area ini bisa didesain asal-asalan. Ruang makan juga harus dirancang sempurna agar nyaman dan menyenangkan.

Desain Ruang Makan ala Kafe, Sulap Ruang Makan Biasa Jadi Serasa di Kafe Favorit

Seiring perkembangan desain interior, fungsi ruang makan kian bertambah. Ia lebih dari sekadar area makan. Ruang makan telah menjadi salah satu ruang yang memiliki fungsi sebagai tempat berkumpul dan berinteraksi di antara sesama penghuni. Oleh sebab itu, mendesain ruang makan agar nyaman dan menyenangkan, menjadi kebutuhan yang tak terhindarkan.

Tidak semua rumah memiliki ukuran besar dengan ruang-ruang yang luas. Kebutuhan akan sebuah ruang makan di rumah berukuran kecil juga tidak bisa diabaikan.

Memerlukan area yang cukup luas untuk dapat memenuhi kebutuhan akan sebuah ruang makan. Meski begitu, hal tersebut tidak menjadi satu-satunya faktor yang paling menentukan. Di area terbatas sekalipun, seperti di rumah-rumah berukuran kecil, kebutuhan akan ruang makan dengan atmosfer ruang yang nyaman dan menyenangkan sangat mungkin untuk dihadirkan. Kuncinya adalah teknik penataan dan penggunaan elemen dekorasi yang pas dan tepat.

Salah satu cara terbaik untuk menyiasati area terbatas adalah dengan menggabungkan ruang makan dengan area dapur. Cara ini merupakan solusi yang cukup efektif. Ruang makan yang menyatu dengan dapur banyak digunakan di rumah-rumah kecil dengan pilihan gaya interior minimalis dan konsep lantai terbuka.

Desain Ruang Makan Minimalis Terbuka; Sebuah Gagasan Desain Ruang Modern yang Simpel dan Elegan

Lantas, seperti apa penggunaan serta penataan interior yang tepat untuk ruang makan berukuran kecil? Berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan saat mendekorasi ruang makan kecil agar nyaman dan menyenangkan.

Pilihan Warna Cat Ruang Makan

Untuk dapat menampilkan suasana nyaman dan luas pada ruangan berukuran kecil, pilihan warna menjadi faktor yang cukup menentukan. Desain ruang makan kecil dengan pilihan skema warna putih dominan bisa melahirkan kesan luas dan lapang. Warna putih juga merupakan warna yang mudah dikombinasikan dengan warna-warna lain. Pilihan warna netral ini sangat bagus tatkala berpadu dengan warna-warna mute yang tenang.

Perabotan multipurpose/multifungsi

1. Kursi dan Meja ala Jepang

desain ruang makan kecil

via livingroomideas.com

Gaya interior minimalis ala Jepang bisa menjadi pilihan konsep interior terbaik untuk ruang makan. Gaya Jepang dengan penggunaan perabotan yang simpel dan minimalis, seperti meja kursi yang memiliki kaki pendek, menjadi satu trik pintar dekorasi. Penggunaan perabotan ala Jepang juga dijamin tidak akan membebani kapasitas ruang makan dengan space yang terbatas.

Penggunaan meja dan kursi berkaki pendek, atau bantal, dan meja rendah, melahirkan konsep ruang makan yang terasa luas sekaligus nyaman.

2. Meja & Bangku Panjang

desain ruang makan kecil

via pinterest

Tidak perlu terpaku pada kursi satuan yang hanya dapat digunakan oleh satu orang. Selain sofa sudut, penampilan ruang makan kecil bisa dimodifikasi dengan melakukan sedikit perubahan tampilan menggunakan bangku kayu panjang tanpa sandaran. Bangku semacam ini selain fungsional juga memiliki penampilan unik yang bisa menambah kadar estetika ruang.

3. Meja Fungsional

desain ruang makan kecil

from pinterest

Tidak hanya untuk ruang makan, di dalam ruangan apapun, terutama yang memiliki ukuran terbatas, sebaiknya hindari penggunaan banyak terlalu perabotan. Pilihlah furnitur yang memiliki ukuran tidak besar, berbentuk sederhana, serta multifungsi.

Penggunaan perabotan-perabotan multipurpose semacam itu sangatlah direkomendasikan. Mereka adalah trik pintar lainnya mendekorasi ruangan kecil terlihat lebih fungsional dan gaya.

Pencahayaan Ruang Makan

desain ruang makan kecil

via jeparapedia.com

Pilihan pencahayaan juga memberi pengaruh cukup besar dan signifikan. Intensitas cahaya yang baik bisa memberi kesan luas sekaligus nyaman. Oleh sebab itu, selain pilihan pencahayaan artifisial, ruang makan juga sangat direkomendasikan mendapatkan pencahayaan alami.

Jangan lupakan juga sistem ventilasi agar ruang makan bukan hanya nyaman dan menyenangkan, tetapi juga terasa segar sepanjang hari.

Butuh bantuan desain dan dekorasi interior? Bekerja dan berkomunikasi langsung dengan desainer-desainer terbaik?

Tags: , , , , , ,

Nita Hidayati Inayah

By Nita Hidayati Inayah

Content writer, menyukai gaya skandinavia

Artikel lainnya




Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa


 

Follow on Instagram