fbpx
Hi, Guest
Login  |  Register

4 Dekorasi yang Direkomendasikan untuk Tangga Rumah

Posted by Rio Stefanus Monday, August 2 2021
inspirasi desain butik

Dekorasi tangga rumah tidak hanya bisa membuat tangga menarik secara visual, tetapi rupanya ada yang memiliki manfaat lain seperti dapat meredam suara dan mencegah aus.

Estimated reading time: 4 minutes

Tangga merupakan elemen utama yang amat membantu kita untuk berpindah dari satu tingkat ke tingkat yang lain, karena ia bukanlah sebuah elemen dekoratif semata. Meski begitu, tangga tetap layak untuk memiliki dekorasi agar ia juga dapat menonjol dari segi estetika dan visual.

Berikut adalah empat cara untuk meningkatkan penampilan tangga Anda dan menjadikannya sebagai elemen desain yang menarik di rumah Anda.

#1 Pasang Ubin di Bagian Riser Tangga sebagai Dekorasi

Kehadiran ubin pada tangga eksterior merupakan hal yang biasa, terutama jika tangga tersebut ada di rumah bergaya Spanyol. Namun, bagaimana jika ubin ini dipasang pada area tangga yang ada di dalam rumah Anda?

Tangga dengan dekorasi ubin satu ini merupakan desain dari Pental Granite & Marble.

Desain tangga ini memadukan tapak tangga kayu solid tradisional dengan bagian riser berdekorasi keramik Clayhaus dengan warna putih matte. Riser sendiri adalah bagian vertikal yang ada pada anak tangga. Terdapat beragam gaya ubin yang bisa Anda pilih untuk menghiasi riser tangga Anda.

#2 Dekorasi Lukisan pada Riser Tangga

Saat Anda menaiki tangga dari lantai bawah, sudut pandang Anda hanya menyuguhkan Anda pemandangan riser, bukan tapak. Meski bergantung pada lebar tangga Anda, Anda bisa melihat permukaan vertikal tangga Anda dengan lebar 3 kaki dan tinggi 8 kaki.

Rumah satu ini memilik riser yang dilukis dengan warna biru-jingga secara bergantian, serta memiliki pola stensil putih. Dekorasi ini merupakan karya dari Kristan Cunningham, seorang desainer dan pakar desain yang telah tampil di acara “Design on a Dime di HGTV dan Designer’s Challenge di acara “Rachel Ray Show”.

Skema warna yang terlihat sibuk seperti ini mungkin tidak cocok untuk semua orang. Namun, mengecat anak tangga dengan warna solid dapat melengkapi warna dinding dan berpeluang untuk membuat hunian Anda terlihat kreatif.

#3 Pasang Penutup Tapak dan Riser Tangga

Anda tidak perlu mengganti seluruh tapak dan riser tangga Anda. Anda bisa menambahkan dekorasi pada tangga Anda dengan melibatkan penutup tangga di seluruh bagian anak tangga Anda. Setelah pemasangan penutup tangga dilakukan, tapak dan riser tangga Anda akan terlihat seperti asli tanpa penutup.

Pelapis tangga seperti Kit StareCasing ini memiliki material kayu solid untuk menutup tapak dan riser tangga Anda. Anda hanya perlu memotongnya sesuai dengan ukuran tangga dan tempelkan bagian dekorasi ini ke tangga menggunakan paku. Ada pula pelapis tangga yang terbuat dari kayu rekayasa.

Namun, Anda perlu memerhatikan bahwa penutup tangga ini bisa membuat anak tangga Anda menjadi lebih tinggi. Hal ini bisa Anda rasakan saat menapakkan kaki pada anak tangga pertama dan anak tangga terakhir.

#4 Pasang Dekorasi Karpet Sisal pada Tapak Tangga

Memasang dekorasi tangga berupa karpet untuk menutupi anak tangga bisa Anda lakukan.

Namun, menutupi keseluruhan anak tangga menggunakan karpet bisa menghasilkan penampilan yang tidak terlalu menarik. Anda bisa mengakalinya dengan menghadirkan karpet sisal pada permukaan tapak tangga.

Selain terlihat menarik secara visual, keberadaan karpet sisal pada tapak tangga juga dapat meredam suara. Selain itu, ia pun bisa melindungi tangga Anda dari aus.

Itulah keempat cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk menerapkan dekorasi pada tangga rumah Anda. Ada lebih banyak cara untuk Anda mendekorasi tangga Anda. Anda hanya perlu membaurkan kreativitas dan selera Anda agar bisa menciptakan dekorasi tangga yang unik dan menarik.

InteriorDesign.id dibandingkan dengan desainer interior konvensional, mana yang terbaik untuk Anda?

Siap memulai proyek desain interior?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

2000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Hello interiordesign.id