desain dan dekorasi kamar tidur anak

Ide Desain dan Dekorasi Kamar Anak agar Tampil Makin Menarik

Posted by Aisah Wolfard  •  Tuesday, August 25 2020

Desain dan dekorasi kamar anak adalah soal bagaimana setiap ide dekorasi dapat diterapkan agar memiliki tampilan yang menarik juga atraktif.

InteriorDesign.id –  Jika Anda adalah orangtua yang memiliki anak menuju usia lima tahun, itu berarti saatnya untuk mengajarkan anak tidur sendiri. Menurut Margot Sunderland, direktur Centre For Child Mental Health London menyarankan untuk mengajarkan anak tidur sendiri sejak usia lima tahun. Sebab, lima tahun, adalah usia ideal untuk anak mandiri dan mulai berkeinginan untuk memiliki privasinya sendiri.

Mengajarkan anak untuk belajar mandiri dengan tidur sendiri bukanlah perkara mudah. Tidak sedikit anak-anak yang merasa asing dan takut ditinggal sendirian di dalam kamar. Hal ini tentu cukup menyulitkan dan merepotkan. Meski seiring berjalannya waktu, anak-anak akan merasa terbiasa dan menjadi sangat nyaman dengan kamar tidurnya.

Desain interior kamar tidur anak.
Desain interior kamar tidur anak, Dago, Bandung.

Salah satu cara agar anak menyukai kamarnya dan betah berlama-lama di dalam kamar adalah dengan mendesain dan mendekorasinya interiornya menjadi lebih menarik. Ada banyak sekali ide dan dekorasi untuk melakukannya.

Namun, mendekorasi kamar tidur anak juga tidaklah mudah. Ini bukanlah pekerjaan gampang. Dekorasi kamar anak tidak bisa polos atau sebutlah ‘plain‘, ia mestilah disertai banyak ornamen dan aksesori yang bisa merangsang kognitif dan kreativitas.

Sebaiknya, kita harus benar-benar memerhatikan karakter dan terutama kesukaan mereka. Desain kamar tidur yang sesuai dengan kesenangan dan kesukaan anak-anak bisa memberi kenyamanan bagi mereka.

Ini adalah beberapa ide dan dekorasi kamar anak yang bisa Anda jadikan inspirasi dan referensi.

Desain Kamar Anak dengan Warna-warna Cerah

Warna memiliki pengaruh yang tidak kecil, terutama penggunaannya di dalam interior. Tidak terkecuali untuk kamar tidur anak.

Warna-warna cerah dan ceria seperti kuning, hijau, dan atau oranye, sangat cocok sebagai warna cat kamar tidur anak.

Anak-anak akan selalu merasa bersemangat di dalam ruangan yang penuh warna. Apalagi jika kita bisa merancangnya dengan warna-warna favorit mereka, ini keuntungan besar lain.

Namun, perlu diingat, penggunaan warna-warna cerah ini upayakan jangan terlalu mendominasi. Warna cerah yang dominan bisa berakibat tidak baik terhadap mereka. Ingat, kamar tidur dirancang untuk istirahat, suasana yang nyaman dan menenangkan adalah prioritas utama.

Desain interior kamar tidur anak gaya skandinavia.
Desain interior kamar tidur anak gaya skandinavia, BSD.

Desain dan Dekorasi Tematik

Anak-anak, terutama perempuan biasanya sangat menyukai karakter-karakter tertentu, semisal hello kitty atau semacamnya. Tema desain interior kamar mereka yang sengaja dirancang berdasar kesukaan karakter favorit mereka adalah salah satu ide terbaik.

Desain kamar tidur anak tematik, Lamongan, Jawa Timur.
Desain kamar tidur anak, Lamongan, Jawa Timur.

Bunk Bed

Anak-anak sangat menyukai sesuatu yang aneh tapi simpel. Bunk bed atau ranjang bertingkat adalah salah satunya.

Meski ini bukanlah sesuatu yang sengaja dirancang dan diperuntukan untuk anak-anak saja, model ranjang seperti ini biasanya sangat cocok, dan akan selalu cocok untuk kamar anak.

Kamar tidur anak dengan bunk bed, Serang, Banten.
Kamar tidur anak dengan bunk bed, Serang, Banten.

Konsep Interior Unik

Setiap orangtua pasti paham dan mengerti bahwa kita belum bisa mengandalkan sepenuhnya keterorganisiran kamar tidur anak-anak. Bukannya kita tidak percaya sama mereka, tetapi ini hal yang wajar karena anak-anak pasti belumlah terbiasa.

Itulah sebab, kamar tidur anak mesti dirancang unik, menarik, dan kasual. Tidak hanya itu, salah satu keunikan dari rancangan kamar anak bisa saja seperti gambar desain di bawah ini. Ranjang mereka tersembunyi dan bisa digeser. Ini tentu saja asyik, karena area main mereka tidak menyatu dengan area atau tempat tidur.

Banyak sekali keuntungan dari rancangan unik ini.

Desain kamar anak dengan ranjang geser tersembunyi, Sukabumi, Jawa Barat.
Desain kamar anak dengan ranjang geser tersembunyi, Sukabumi, Jawa Barat.

Simple and Warm

Ada beberapa orangtua kurang atau bahkan tidak menyukai kamar anak mereka berlebihan dan terlalu ‘mainstream‘; dengan bunk bed, tenda, tema karakter, atau lainnya. Jika Anda adalah salah satunya, Anda bisa coba gaya atau konsep desain kamar anak yang simpel, minimalis, dan hangat seperti gambar desain ini.

Desain kamar tidur anak gaya modern natural, Bekasi.
Desain kamar tidur anak gaya modern natural, Bekasi.
Ada pertanyaan seputar desain interior?

Tags: , , , , , ,

Aisah Wolfard

By Aisah Wolfard

Creative Director, Designer.

Artikel lainnya

Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa

 

Follow on Instagram

... ... ...