warna cat kamar tidur anak

Warna Cat Kamar Tidur Anak; Pilihan Warna-warna Terbaik Menurut Sains

Posted by Yana  •  Friday, May 24 2019

Warna cat kamar tidur anak harus benar-benar dipertimbangkan menurut ukuran sains.

Interiordesign.id – Banyak orang tua mengecat kamar tidur anak mereka hanya dengan dua pilihan warna, pink dan atau biru. Warna pink biasanya digunakan sebagai warna untuk kamar tidur anak perempuan, sementara warna biru dipilih untuk kamar tidur anak laki-laki.

Entah mulai kapan standarisasi dua warna tersebut seolah melekat dan tidak memberi alternatif pilihan warna lain untuk kamar tidur anak. Biru selalu diidentikan dan menjadi satu-satunya warna pilihan untuk anak laki-laki, dan pink atau merah muda selalu dianggap sebagai yang terbaik untuk kamar tidur anak perempuan.

Memutuskan waran cat terbaik untuk kamar tidur anak bisa merupakan pilihan yang sangat sulit. Studi mengenai psikologi warna mungkin saja dapat membantu kita dan memberi arahan kepada para orang tua untuk menentukan pilihan warna cat kamar tidur anak-anak mereka. Tetapi, semua itu seakan juga tak pernah cukup.

Saat ini, seiring perkembangan gagasan desain interior, pilihan warna ruangan harus benar-benar menjadi bahan pertimbangan super serius. Sebab, warna memiliki implikasi besar dan dampak yang berbeda-beda.

Studi psikologis membuktikan bagaimana pilihan warna dapat memengaruhi mood dan tingkah laku, menstimulasi otak, hingga memberi dampak kesehatan yang cukup serius terhadap seseorang.

Studi psikologi telah membuktikan bagaimana pilihan warna dapat memengaruhi mood dan tingkah laku, menstimulasi otak, hingga memberi dampak kesehatan yang cukup serius terhadap seseorang. Tidak terkecuali kepada anak-anak.

Mengutip sciencedaily, sebuah studi mengenai pilihan warna telah membuktikan bagaimana warna ruangan dapat memberi dampak positif terhadap naiknya kreativitas dan juga atensi terhadap detail. Hal ini jelas menjadi sebuah keuntungan bagi perkembangan mental dan psikologis anak, dan menjadi salah satu faktor pendukung dalam aktivitas akademis mereka.

Nah, berikut adalah 5 pilihan terbaik warna cat kamar anak menurut sains. Mari kita simak!

  1. Warna merah

Merah melambangkan sesuatu yang sangat emotif. Warna Merah melambangkan gairah dan memberi energi pada tubuh; meningkatkan denyut jantung; tekanan darah dan pernapasan.

warna cat kamar tidur anak

kamar tidur anak dengan pilihan warna merah dan aksen oranye. ~ via digsigns

Beberapa penelitian menunjukkan, bahwa efek fisik yang terkait dengan warna merah dapat meningkatkan kemampuan atletik. Namun, merah juga dikaitkan dengan peningkatan agresi, ketidakmampuan untuk fokus, dan bahkan sakit kepala.

Penelitian tersebut juga mengungkapkan bahwa paparan warna merah bahkan bisa melukai prestasi akademis anak. Sehingga, berhati-hatilah saat memutuskan untuk menggunakan warna merah di kamar tidur anak. Kombinasikan dengan warna-warna netral atau beri aksen sedikit dominan pada warna lain, agar dampak negarif merah bisa diminimalisir.

  1. Warna merah muda/pink

warna cat kamar tidur anak

desain kamar tidur anak dengan pilihan warna pink. ~ via digsdigs

Warna pink telah menjadi semacam pilihan warna universal yang sangat disukai anak perempuan. Warna pink mampu membangkitkan empati dan feminitas serta menciptakan suasana yang menenangkan.

Tetapi, meski memiliki efek menenangkan, pink bisa menjadi iritasi dari waktu ke waktu, yang menyebabkan kegelisahan dan kecemasan.

Pink mungkin sangat disukai oleh anak perempuan, namun seiring perkembangan usia, pink akan menjadi pilihan warna terakhir yang akan digunakan untuk desain kamar tidur anak perempuan. Percayalah.

  1. Warna kuning dan oranye

Kuning menciptakan suasana ruang yang cerah dan ceria.

Warna kuning selalu dikaitkan dengan kebahagiaan dan motivasi. Warna kuning dengan tone yang lembut dapat meningkatkan konsentrasi. Sementara kuning terang dapat merangsang ingatan dan meningkatkan metabolisme.

Tetapi, perlu dicatat, terlalu banyak warna kuning juga bisa membangkitkan perasaan marah dan frustrasi, mengakibatkan stres karena terlalu menstimulasi.

warna cat kamar tidur anak

skema warna kuning; desain kamar tidur anak. ~ via pinterest

warna cat kamar tidur anak

~ via manohome

Sementara oranye menjadi pilihan warna yang dapat menampilkan suasana ruang yang nyaman dan welcoming.

Oranye memiliki sifat sosial dan mengilhami komunikasi interpersonal. Namun, seperti halnya warna kuning, terlalu banyak oranye juga dapat memberi terlalu banyak rangsangan. Gunakan hanya sebagai aksen yang cukup terlihat tegas saja.

warna cat kamar tidur anak

skema warna ornyae dan merah. ~ via interior exterior

  1. Warna biru

Warna biru adalah kebalikan dari warna merah pada roda warna. Biru menenangkan pikiran dan tubuh, menurunkan tekanan darah, detak jantung dan pernapasan, serta mengurangi perasaan cemas dan agresi.

warna cat kamar tidur anak

desain kamar tidur anak dengan skema warna biru yang menenangkan. ~ via pinterest

Anak-anak yang memiliki masalah tidur atau rentan terhadap amukan dan masalah perilaku lainnya dapat mengambil manfaat dari menghabiskan waktu di dalam ruangan berwarna biru.

Efek fisik biru juga dapat mendinginkan tubuh, menciptakan oasis yang menyegarkan di tempat yang panas dan lembab.

Baca juga: Desain Kamar Tidur Anak; Manfaat Berbagi Ruang untuk Anak-anak

  1. Warna ungu dan hijau

Ungu terkait erat dengan kebijaksanaan dan spiritualitas.

Warna ungu menggabungkan kestabilan biru dan energi merah, mengambil karakteristik yang baik dari keduanya. Ungu juga bisa memiliki nuansa mewah dan elegan.

warna cat kamar tidur anak

desain kamar tidur anak perempuan; skema warna ungu yang terlihat mewah dan elegan. ~ via pinterest

Sementara warna hijau adalah perlambang alam, dus, mendorong lingkungan yang tenang dan menenangkan. Hijau terkait erat dengan kesehatan, penyembuhan dan kesejahteraan. Hijau memiliki efek menenangkan pada tubuh dan pikiran, mengurangi kecemasan dan meningkatkan konsentrasi.

Paparan warna hijau bahkan bisa meningkatkan kemampuan membaca. Satu studi menemukan bahwa dengan meletakkan lembaran hijau transparan di atas teks, siswa dapat meningkatkan kecepatan membaca dan pemahaman mereka.

warna cat kamar tidur anak

desain kamar tidur anak dengan skema warna hijau terang yang segar dan menenangkan. ~ via fullhomeliving

Bacaan terkait: 6 Pilihan Warna Cat Kamar Tidur yang Menenangkan

Nah, sedikit simpulannya, meski sains dapat membuat generalisasi yang sempurna dan sangat berguna, selalu ingatlah; bahwa respons psikologis sifatnya sangat pribadi. Pilihan warna selalu terkait dan terikat pada preferensi masing-masing. Tidak terkecuali dalam hal pemilihan warna cat kamar tidur untuk anak-anak.

Butuh bantuan desain dan dekorasi interior? Konsultasikan dengan desainer-desainer terbaik kami.

Tags: , , , , , , ,

Yana

By Yana

Head of Content.

Artikel lainnya




Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa


 

Follow on Instagram