Desain Interior Toserba, Tips dan Cara Unik Mendapatkan Tampilan Toko Kecil yang Atraktif

Posted by Nita Hidayati Inayah  •  Wednesday, September 20 2017

Mengkreasi desain interior toserba yang memiliki tampilan atraktif, merupakan cara unik dan diklaim sebagai salah satu trik pemasaran terbaik untuk menarik lebih banyak pengunjung.

Interiordesign.id – Toko serba ada alias toserba merupakan toko semacam mini market yang menyediakan keperluan yang cukup lengkap. Toserba umunya hadir dalam bentuk bangunan yang tidak terlalu luas dan tidak menyediakan kebutuhan laiknya supermarket.

Toserba menjadi salah satu pilihan yang menarik bagi Anda yang ingin membuka bisnis toko modern. Memulai bisnis yang satu ini juga dapat dilakukan dengan modal yang terbilang kecil. Anda bahkan dapat memanfaatkan ruang atau garasi yang tak terpakai sebagai tempat untuk menjalankan bisnis ini.

Mungkin masih sangat jarang Anda temui desain toserba yang memiliki tampilan yang unik dan anti mainstream. Sepintas desain interior antara satu toserba dengan yang lainnya terlihat sama saja. Inilah justru kabar baiknya. Anda harus membuat desain yang sedikit berbeda. Trik marketing yang dapat dilakukan agar makin banyak pengunjung dan pembeli ke toko Anda.

Untuk membangun sebuah toserba memang tidak juga lantas dikatakan mudah. Terutama untuk mendapatkan desain interior yang cukup atraktif, Anda bisa coba memerhatikan beberapa tips dan cara unik berikut.

Desain Interior Toserba ala Rumahan

Untuk memberikan kesan nyaman layaknya berkunjung ke sebuah rumah, Anda dapat menerapkan ide display ala rumahan untuk toserba. Letakkan barang-barang yang dijual layaknya Anda menata interior rumah. Isi setiap ruangan dengan barang jualan sesuai kategorinya. Sebuah toko unik bernama Goop Shop menerapkan konsep rumahan ini pada seluruh cabangnya di Dallas, Chicago maupun LA.

desain interior toserba

via shopatgood

Desain Interior Toserba ala Industrial

Bagi Anda yang ingin menghemat anggaran namun ingin memiliki tampilan yang keren dan unik, maka gaya industrial adalah solusinya. Anda bisa menghemat dana dengan gaya unfinished industrial yang menjadi sentuhan dan ciri khasnya yang atraktif.

desain interior toserba

via dot & bo

Penggunaan furnitur yang kasar, plafon yang dibiarkan terbuka, pipa-pipa yang sengaja nampak merupakan bagian dari dekorasi interior yang satu ini. Dinding bata ekspos, atau dinding yang hanya semen dan sengaja tidak selesai akan menghemat pengeluaran Anda.

desain interior toserba

via justweb.com.au

Tak hanya menghemat anggaran, kehadirannya pun akan mempercantik toserba Anda. Jangan lupa gunakan bohlam dengan kabel panjang yang sengaja dibuat menggantung dalam ruang.

Penggunaan Rak

Langkah selanjutnya yang harus diperhatikan saat mendekorasi toserba Anda adalah pemilihan rak. Jika bangunan yang akan digunakan memiliki plafon yang tinggi, maka sebaiknya gunakan rak yang tinggi. Hal ini diharapkan dapat melengkapi ruangan yang tinggi serta memberi kesan seimbang dalam ruang. Sebaliknya, jika ruangan Anda memiliki plafon yang tidak terlalu tinggi, siasati dengan penggunaan rak yang pendek.

desain interior toserba

via plas.biz

Untuk area yang cukup luas, Anda bisa menggunakan rak gondola sehingga mendapatkan kesan yang rapi dan lebih teratur. Penggunaan rak gondola dapat Anda sesuaikan sesuai selera, apakah Anda ingin menonjolkan toserba dengan gondola atau penggunaan furnitur lain.

Pilihan Warna Cat Dinding & Pencahayaan

Jangan ragu berkreasi dengan warna-warna cat dinding toserba Anda. Gunakanlah warna-warna cerah sebagai warna utama. Berikan sentuhan warna tertentu untuk mempercantik dan menampilkan kesan semarak.

desain interior toserba

via retail design blog

Pastikan juga seluruh barang-barang yang dipajang mendapatkan cahaya yang cukup sehingga terlihat terang dan menawan. Dinding kaca di bagian depan adalah jurus tepat untuk dapatkan pencahayaan alami dari sinar matahari. Untuk bagian dalam, gunakan lampu untuk menerangi lorong-lorong dan rak-rak di dalam ruang toserba.

Meski begitu, Anda juga harus memerhatikan penggunaan lampu pada produk tertentu yang sensitif terhadap cahaya dan panas. Gunakan lampu yang dapat membuat barang serta ruangan terlihat terang namun tidak merusak produk, seperti chandelier dan lampu spot.

Dekorasi & Aksesori Pelengkap

Untuk mempercantik ruangan toserba, Anda dapat menggunakan wallpaper yang disesuaikan dengan suasana dan konsep yang Ingin Anda sajikan. Kehadiran tanaman hias juga mampu mempercantik dan memberi kesegaran bagian dalam ruangan.

desain interior toserba

via inhabitat

Sebagai aksesori pelengkap lainnya, Anda bisa menempatkan papan tulis yang sengaja Anda tulisi dengan menggunakan kapur. Papan tersebut dapat berfungsi untuk memercantik ruangan sekaligus sebagai aksen dekorasi informatif. Anda bisa menuliskan apa saja produk yang sedang kosong atau informasi promo dan diskon pada papan tersebut.

Gaya dekorasi yang unik dan hits dijamin bisa menjadikan toko Anda makin ramai dikunjungi.

Ada pertanyaan seputar desain interior?

Tags: , , , ,

Nita Hidayati Inayah

By Nita Hidayati Inayah

Content writer, menyukai gaya skandinavia

Artikel lainnya

Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa


 

Follow on Instagram

preloader
... ... ...