desain laundry

Desain Laundry Room; Bukan Sekadar Area Cuci

Posted by HinaYana  •  7 days ago

Desain ruang laundry atau laundry room saat ini mengugurkan mitos bahwa ruang cuci hanya bisa digunakan sebagai ruang cuci saja. Konsep desain kontemporer bisa menjadikannya sebagai ruang multiguna.

Interiordesign.id – Ruang cuci atau laundry room lebih dari sekadar tempat untuk membersihkan atau mencuci pakaian. Ruang laundry bisa dirancang untuk dapat menjadi tempat yang ramah dan dapat diakses untuk lebih banyak aktivitas atau kegiatan.

Sama seperti area dapur, ataupun kamar mandi, desain laundry room juga harus memiliki sejumlah pertimbangan dan dimensi yang sempurna agar tercipta sebuah ruang multiguna.

Dan sebelum hal itu terjadi, Anda mesti mengetahui beberapa hal terkait fungsi dan tata letak, atau layout yang baik untuk menciptakan area laundry yang maksimal.

desain laundry; laundry room

Area bilas; desain laundry gaya industrial, Lombok, NTB.

Seorang kontributor Houzz menulis untuk majalah Forbes, menurutnya ada empat area utama dan fungsi ruang laundry, di antaranya:

  1. Area pintu masuk

Area pintu masuk adalah area terbaik untuk instalasi tempat cuci.

Penempatan tempat mencuci pada area ini akan memudahkan dalam mengurutkan sejumlah pekerjaan; dari mulai perwatan kain, perendaman noda, dan lain sebagainya.

  1. Area Cuci

Penggunaan meja sangat direkomendasikan di area cuci agar dapat menempatkan beban yang diurutkan sebelum menempatkannya pada mesin cuci.

desain laundry room

~ via Houzz

  1. Area pengeringan

Area ini juga memerlukan sentuhan khusus. Anda tentu menginginkan sebuah area yang bisa untuk mengeringkan pakaian yang sudah dicuci, serta juga berfungsi untuk melipat cucian yang sudah kering.

Baca juga: Desain Ruang Binatu Minimalis; Manfaatkan Area Tersisa Jadi Ruang Cuci Fungsional

  1. Area penyimpanan dan ruang setrika

Anda juga harus memastikan cukup ruang untuk sebuah papan setrika.

Pastikan memiliki model yang dapat dilipat sehingga ketika tidak digunakan, papan ini seperti tersembunyi atau terintegrasi dengan kabinet di ruang laundry.

desain laundry room

Desain laundry room minimalis.

  1. Laundry room gaya kontemporer

Konsep desain kontemporer bisa menjadikan laundry room sebagai ruang multiguna.

Ini merupakan tambahan saat Anda mulai merancang ruang landry.

Laundry room kontemporer saat ini dirancang seperti sebuah dapur, mereka adalah juga ruang komunal yang bisa berfungsi untuk kegiatan atau aktivitas lainnya.

Merencanakan ruang laundry sebagai ruangan ekstra bisa memberi banyak sekali keuntungan.

Sebagai contoh, ruang laundry juga bisa digunakan sebagai dapur, mudroom, kamar mandi, dan ruangan lainnya sesuai dengan kebutuhan masing-masing pemilik rumah. Dan dengan seperti itu, Anda sudah bisa memiliki satu ruang yang bisa difungsikan untuk berbagai hal. Sebuah keuntungan bukan.

desain laundry room

~ via Materialicious

Desain laundry room saat ini mengugurkan mitos, bahwa ruang cuci harus memiliki sifat antiseptik. Karya seni kontemporer, lampu unik, furniture pintar, dan juga warna-warna hangat justru bisa menjadikannya sangat nyaman.

Laundry room bergaya kontemporer adalah gagasan desain ruang mencuci terbaik yang dirancang bukan sekadar sebagai area mencuci saja, tetapi juga dapat difungsikan sebagai area untuk berbagai kegiatan atau aktivitas lainnya.

Butuh bantuan desain dan dekorasi interior? Konsultasikan dengan desainer-desainer terbaik kami.

Tags: , , , , ,

Hina Yana

By HinaYana

Head of Content.

Artikel lainnya




Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa


 

Follow on Instagram

preloader