desain loteng rumah

Desain Loteng Rumah; Area Tersembunyi yang Dirancang sebagai Tempat Penyimpanan Ekstra

Posted by HinaYana  •  Monday, July 8 2019

Desain loteng rumah sebagai tempat penyimpanan ekstra, adalah cara paling praktis dan cukup murah.

Interiordesign.id – Loteng ibarat sebuah topi. Area ini merupakan satu tempat di antara lantai dan atap. Loteng merupakan area tersembunyi yang kerap tidak dimanfaatkan secara maksimal, padahal menyimpan potensi sangat besar untuk dijadikan ruang dengan banyak fungsi.

Keberadaan area loteng sebenarnya cukup penting. Area inilah yang merupakan wilayah insulasi pada sebuah bangunan. Sekadar informasi, insulasi pada bangunan digunakan untuk termal dengan beberapa istilah yang berlaku yakni; insulasi api, insulasi akustik dan insulasi impact (untuk getaran yang disebabkan oleh aplikasi industri).

Loteng rumah sebagai sebuah ruang dengan fungsi isolasi merupakan cara yang paling praktis dan murah untuk menjadikan rumah lebih hemat energi. Keberadaan loteng bisa mendinginkan suhu pada ruangan rumah di saat panas; dan juga sebaliknya; menjaga suhu ruang agar tetap hangat di saat cuaca dingin.

Baca juga: Memanfaatkan Loteng Rumah, Kenapa Tidak? Jadikan Seperti dalam 10 foto ini

Area tersembunyi dengan banyak kegunaan

Meski tersembunyi, loteng rumah bisa memiliki kegunaannya tersendiri. Selain sebagai area di mana proses insulasi bangunan berada, loteng memiliki sejumlah potensi.

desain loteng rumah

desain loteng rumah yang fungsional. ~ via houzz

Merancang loteng rumah sebagai playground, ruang penyimpanan atau gudang, kamar tidur, hingga ruang makan, adalah cara paling kreatif pemanfaatan ruang atau space secara efisien. Apalagi di saat tren hunian atau rumah berukuran kecil, pemanfaatan setiap jengkal area yang tersedia di dalam rumah, bisa sangat berarti.

loteng rumah sebagai area serbaguna

desain loteng rumah untuk beragam keperluan. ~ via Architectural Digest

Tempat penyimpanan ekstra

Rumah dengan sebuah loteng, tentu sangat berharga. Area ini bisa dirancang dan ditata sedemikian rupa untuk beragam keperluan maupun fungsi. Salah satu yang terbaik, adalah menjadikannya sebagai tempat penyimpanan ekstra.

desain loteng rumah

loteng rumah sebagai tempat penyimpanan dan lemari pakaian. ~ via home design ideas

Memang bukan hal yang baru dan luar biasa. Namun, dengan merancang dan mendekorasi ulang bagian loteng, sebuah rumah bisa memiliki tempat penyimpanan ekstra yang cukup efisien.

Di beberapa rancangan rumah, loteng juga banyak dijadikan tempat-tempat lain dengan fungsi yang beragam. Mulai dari playground atau ruang bermain anak, ruang makan, atau bahkan kamar tidur.

desain loteng rumah

desain loteng rumah sebgai tempat bermain anak-anak. ~ via good housekeeping

Merancang tempat penyimpanan, dibutuhkan perencanaan yang cukup hati-hati. Merancang loteng rumah sebagai tempat penyimpanan ekstra, adalah keuntungan besar yang tidak semua orang bisa melakukannya.

desain loteng rumah

ruangan “combo”; loteng rumah sebagai tempat penyimpanan, ruang palaian, playground, dan ruang TV. ~ via pinterest

Hal terpenting yang harus Anda ingat adalah, mengubah loteng menjadi ruang penyimpanan harus benar-benar memerhatikan gaya desain.

Konsep minimalis dengan sedikit elemen dekoratif, bisa sangat tepat dan cermat, serta tidak akan membebani kapasitas ruangan. Karena secara umum, loteng masih memiliki fungsi sebagai ruang insulasi bangunan yang cukup penting, terutama pada rancangan-rancangan rumah yang tidak memiliki mekanisme atau sistem HVAC yang baik.

Bacaan terkait: Lemari Bawah Tangga; Menyulap Area Tersembunyi Jadi Tempat Penyimpanan Fungsional

Nah, terlepas dari semua gagasan desain loteng rumah, menjadikannya sebagai tempat penyimpanan ekstra, adalah cara paling praktis dan cukup murah. Ini juga berkaitan erat dengan pemanfaatan spasial setiap jengkal area di dalam rumah.

Konsep desain loteng rumah seperti apa yang Anda suka?

Butuh bantuan desain dan dekorasi interior? Konsultasikan dengan desainer-desainer terbaik kami.

Tags: , , , , , , ,

Hina Yana

By HinaYana

Head of Content.

Artikel lainnya




Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa


 

Follow on Instagram