desain ruang makan minimalis

Desain Ruang Makan Minimalis Terbuka yang Modern, Simpel dan Elegan

Posted by HinaYana  •  Friday, August 14 2020

Ruang makan minimalis terbuka menawarkan banyak keuntungan dan kelebihan. Menyatunya ruang makan dengan dapur, atau bahkan dengan ruang keluarga, memberi kesan sebuah ruang yang terlihat sederhana, tetapi maksimal dalam fungsi.

InteriorDesign.id – Setiap rumah pasti memiliki ruang makan, baik itu menyatu dengan area dapur atau bahkan dengan ruang keluarga. Di beberapa rumah, ruang makan sengaja dirancang terpisah dari ruangan lainnya. Ia memiliki area tersendiri.

Ruang makan akan selalu menjadi salah satu ruang yang cukup penting yang dimiliki setiap rumah. Namun, keterbatasan space yang tersedia, menyebabkan area ini tidak mendapatkan prioritas, sehingga ruang makan kadang hanya menjadi ruangan minor yang bisa ada atau bahkan tidak.

Tren ukuran rumah yang semakin kecil dan compact, tidak memungkinkan lagi untuk dapat memiliki semua ruang yang terpisah-pisah, dan dengan fungsi yang spesifik.

Secara tradisional, ruang makan dan dapur hampir selalu dirancang terpisah dari ruangan lainnya. Ini bisa terlihat dalam desain rumah klasik zaman dulu. Rumah-rumah ini memiliki ukuran besar, sehingga pemisahan ruang dengan fungsi spesifik bisa terpenuhi.

Berbeda dengan sekarang, tren rumah berukuran kecil menyebabkan area-area spesifik dengan fungsi spesifik kurang bisa dipenuhi.

Tetapi, perkembangan konsep lantai terbuka, membuka jalan bagi rumah kecil untuk juga dapat memiliki sebuah ruang makan. Namun, ini juga tidak persis sama seperti sebelumnya, di mana ia terpisah dengan ruangan lainnya, tetapi menyatu dan terintegrasi dengan ruangan lainnya.

Konsep lantai terbuka ini menjadi solusi praktis untuk rumah-rumah kecil agar juga bisa memiliki ruangan lain dengan fungsi berbeda dalam satu ruangan besar tanpa sekat.

Memang belum terdapat penelitian dan studi-studi spesifik mengenai kenapa ukuran rumah-rumah modern saat ini memiliki kecenderungan berukuran kecil dan dirancang sangat compact? Tapi yang pasti, rumah-rumah kontemporer cenderung lebih mengutamakan fungsi daripada penampilan.

Entah karena untuk mendapatkan penampilan menjadi satu hal yang cukup mahal, atau mungkin hanya gegara ketidaktersediaan lahan yang cukup untuk memiliki rumah ideal, dengan luasan dan ukuran yang juga ideal.

Penting juga untuk dicatat, hal “ideal” juga sebenarnya sangat relatif. Ini tentu berbeda dalam perspektif setiap orang.

Baca juga: Desain Ruang Makan untuk Rumah Berukuran Kecil yang Fungsional dan Mengagumkan

Rumah berukuran kecil dan compact saat ini menjadi satu gagasan dan konsep desain yang cukup umum, terutama di wilayah perkotaan.

Pun begitu dengan rancangan ruang makannya misalnya. Dapur dan ruang makan sudah tidak lagi dirancang secara terpisah dari ruangan lainnya. Bahkan lazim kita temui, dapur dan ruang makan menyatu dengan ruang keluarga.

Atau di dalam interior sebuah apartemen studio. Dapur dan ruang makan bahkan menyatu dengan kamar tidur. Area-area tersebut hanya terpisahkan oleh semacam room divider atau room separator saja.

Desain ruang makan lantai terbuka

desain ruang makan minimalis

desain lantai terbuka; dapur, ruang makan, dan ruang keluarga. ~ via design for life

Open space layout memungkinkan satu area besar dibagi ke dalam 3 fungsi ruang yang berbeda.

Dalam konsep lantai terbuka, -yang nge-tren akhir-akhir ini-, ruang dapur, ruang makan, dan bahkan ruang keluarga dirancang menyatu dalam satu lantai. Konsep terbuka ini memungkinkan satu space besar dibagi ke dalam 3 fungsi ruang yang berbeda.

Konon, banyak sekali kelebihan dalam konsep ruang semacam ini. Selain menghilangkan sekat-sekat antara satu ruang dengan ruang lainnya, satu ruangan bisa digunakan lebih fungsional dan memberi kesempatan kepada para penghuni untuk lebih leluasa berinteraksi tanpa ada sekat pemisah.

Ruang makan terbuka, sangat cocok untuk konstruksi interior rumah atau apartemen kecil.

Jangan mengkhawatirkan keterbukaan tersebut bakalan membuat dan menjadikan ruangan tampak tidak tertata rapi alias berantakan. Tetapi, justru sebaliknya, dengan dekorasi dan zonasi ruang yang direncanakan secara cermat, open space layout justru menjadi satu estetika ruang modern saat ini untuk hunian kecil agar bisa memiliki penampilan yang atraktif.

Bacaan terkait: Desain Ruang Makan Terbuka; Lebih dari Sekadar Tempat Makan

Desain ruang makan minimalis

Gaya minimalis yang simpel dan sederhana, minim dekorasi, dan penggunaan furniture berukuran kecil, menjadi salah satu gaya interior paling populer dan banyak digunakan untuk tipe hunian kecil.

Desain minimalis menjadi salah satu konsep interor terbaik untuk dapat menampilkan ruang makan yang modern dan kekinian.

desain ruang makan minimalis

ruang makan gaya minimalis. ~ via rahult.com

Baca Juga: Desain Rumah Kecil dan Sederhana; “Small is Beautiful”

Kontras dengan konsep desain klasik. Interior minimalis lebih mengedepankan pada fungsi daripada hal lainnya. Namun, bukan berarti mereduksi atau bahkan melikuidasi estetika dan aspek-aspek lainnya.

Meski begitu, ruang makan minimalis bisa dijadikan sebagai contoh terbaik dari penerapan gagasan desain interior yang cerdas, hemat, dan juga tepat.

desain ruang makan minimalis

gaya modern minimalis yang simpel dan elegan. ~ via homehudson

Pengecualian bagi Anda yang memiliki rumah dengan ukuran yang besar dan luas. Setiap ruang bisa didesain sekehendak hati. Tidak terkecuali ruang makan.

Merancang ruang makan secara terpisah dari ruangan lainnya, dan mendekorasinya dengan estetika interior terbaik, tidak akan menjadi masalah. Namun, untuk rumah-rumah kecil, gaya minimalis adalah pilihan paling praktis.

Jangan khawatir, minimalis bukanlah gaya desain yang tidak mementingkan aspek estetika. Ia juga bisa tampil sangat gaya serta elegan.

Desain Ruang Tamu Minimalis Ukuran 3×3 Meter, Mengubah yang Biasa Menjadi Terlihat Istimewa

Ruang makan minimalis terbuka

Desain ruang makan minimalis lantai terbuka menawarkan banyak sekali keuntungan dan juga kelebihan.

Menyatunya ruang makan dengan area dapur, atau bahkan dengan ruang keluarga, memberi kesan sebuah ruang yang terlihat sangat sederhana, serta maksimal dalam fungsi.

Berikut adalah beberapa contoh interior ruang makan minimalis terbuka dengan penampilannya yang simpel dan elegan.

desain ruang makan minimalis

gaya minimalis skandinavia; desain ruang makan kecil dan sederhana. ~ via pinterest

desain ruang makan minimalis

desain ruang makan gaya minimalis modern. ~ via roohome

desain ruang makan minimalis

Konsep ruang makan minimalis terbuka; gaya desain interior skandinavia. ~ via interior design ideas

desain ruang makan minimalis

~ via interior design ideas

desain ruang makan minimalis

Bacaan lanjutan: Gak Perlu Minder, Rumah Tipe 36 Bisa Tampak Mewah dengan Desain Interior Seperti Ini

Ruang makan minimalis terbuka, menjadi bukti pemanfaatan space secara maksimal. Ia menampilkan sebuah konsep ruang dengan penampilannya yang simpel, elegan, dan sangat menarik secara visual.

Ada pertanyaan seputar desain interior?

Tags: , , , , , , , ,

Hina Yana

By HinaYana

Content Editor

Artikel lainnya

Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa

 

Follow on Instagram

... ... ...