fbpx
Hi, Guest
Login  |  Register

5 Inspirasi Desain Mushola untuk Rumah Minimalis

Posted by Fitrah A Rustana Thursday, July 15 2021
mushola dalam rumah

Desain mushola rumah minimalis perlu memberikan kenyamanan dan ketenangan pada penggunanya, karena aktivitas yang dilakukan di sana menghubungkan langsung Sang Pencipta dengan ciptaan-Nya.

Estimated reading time: 5 minutes

Mushola adalah sebuah area dalam rumah yang biasa digunakan sebagai tempat beribadah para umat Muslim. Karena kegiatan yang dilakukan di mushola membutuhkan ketenangan dan kekhusyukan, maka desain yang diperlukan untuk area mushola harus betul-betul dapat memberikan kenyamanan.

Desain mushola sebaiknya tidak hanya perlu bisa mengakomodir kegiatan beribadah di dalamnya, tetapi juga harus disesuaikan dengan gaya hunian tempat ia berada. Apabila Anda memiliki rumah bergaya minimalis, maka desain mushola dengan gaya yang sama adalah sesuatu yang Anda perlukan. Berikut beberapa inspirasi desain mushola untuk rumah minimalis yang bisa Anda tiru dan terapkan pada mushola Anda

#1 Desain Mushola Minimalis di Area Semi-Outdoor

Anda yang ingin merasakan suasana segar dan sejuk bisa menempatkan mushola Anda di area semi-terbuka seperti ini. Hal ini bisa dilakukan jika Anda kebetulan memiliki area terbuka di belakang rumah dengan kehadiran rumput sintetis. Kegiatan beribadah di mushola semi-outdoor ini akan terasa menyenangkan dan menyejukkan.

#2 Mushola Nyaman dengan Dinding Batu Alam

Anda yang ingin menghadirkan suasana natural pada mushola bisa menggunakan material batu alam pada dinding mushola Anda. Contohnya adalah seperti mushola ini. Kehadiran tanaman indoor di salah satu sudut mushola serta keberadaan kolam kecil di tepi mushola memberikan kesegaran pada area beribadah Anda ini.

Menempatkan mushola pada lantai yang lebih tinggi rupanya memiliki filosofinya tersendiri. Mushola sebagai tempat beribadah yang sakral memiliki derajat yang lebih tinggi dibandingkan area manapun yang ada di dalam rumah. Keberadaan mushola di lantai yang lebih tinggi juga menggambarkan posisi ketuhanan yang tinggi.

#3 Mushola Minimalis Bernuansa Abu-Abu dengan Kesan yang Bersih

Penggunaan warna netral selalu berhasil menciptakan kesan yang bersih pada ruangan. Selain itu, bagian dari warna monokrom ini juga merupakan identitas dari desain bergaya modern. Oleh karena itu, Anda yang menginginkan desain mushola modern di rumah minimalis bisa menerapkan warna ini pada area ibadah Anda.

Untuk menambahkan suasana hangat pada mushola, Anda bisa menggunakan lantai bermaterial kayu atau bermotif kayu. Penggunaan warna putih pada dinding serta wall-treatment juga dinilai dapat menambahkan kesan tenang pada mushola. Untuk membuat mushola terasa lebih segar, tanaman indoor bisa dihadirkan di sudut-sudut tertentu.

#4 Konsep Mushola dengan Dominasi Warna Putih

Penggunaan warna putih selalu bisa membuat mushola tempat Anda beribadah terkesan bersih. Putih memang warna yang cocok untuk diterapkan di tempat ibadah karena maknanya yang sering dikaitkan dengan simbol kesucian.

Mushola dengan desain ini tidak hanya bisa diterapkan di rumah bergaya minimalis, tetapi juga bisa dihadirkan di hunian bergaya Skandinavia. Hal ini dikarenakan keberadaan lantai parket yang cocok dengan tema rumah Skandinavia.

#5 Kemewahan yang Hadir pada Mushola dengan Desain Minimalis

Meski desain minimalis selalu disangkutpautkan dengan nilai-nilai kesederhanaan, bukan berarti gaya satu ini tidak boleh memiliki sisi kemewahan. Oleh karena itu, menghadirkan kesan mewah pada desain mushola di rumah minimalis adalah sesuatu yang sangat memungkinkan. Contohnya adalah mushola dengan desain satu ini.

Menerapkan desain klasik-minimalis pada mushola adalah sesuatu yang baik, karena kita perlu menciptakan area sebagus mungkin untuk bisa terhubung dengan Sang Pencipta secara nyaman. Perpaduan warna putih dan emas pada mushola membuat ruangan ini terasa elegan dan lux. Penghuni pun dapat merasa nyaman saat ingin beribadah di area ini.

Itulah kelima inspirasi desain mushola yang bisa Anda terapkan di rumah minimalis Anda. Masing-masing mushola ini memiliki keunikan dan keindahannya masing-masing. Anda tinggal menyesuaikan desainnya dengan selera dan kenyamanan seperti apa yang ingin Anda ciptakan.

Pastikan mushola Anda memiliki desain yang dapat memberikan kesan nyaman dan menenangkan. Karena untuk terhubung dengan Sang Maha Pencipta, Anda harus berada dalam keadaan tenang dengan area yang dapat menciptakan suasana yang nyaman.

InteriorDesign.id dibandingkan dengan desainer interior konvensional, mana yang terbaik untuk Anda?

Siap memulai proyek desain interior?

Memiliki rumah impian sesuai anggaran yang anda miliki? Sangat mungkin dan mudah.

2000+ desain telah diselesaikan, dapatkan lebih banyak inspirasi!

...
Hello interiordesign.id