desain rumah ideal

Desain Rumah Ideal: Hal Penting yang Harus Diperhatikan saat Mewujudkannya

Posted by Iqbal Mujahid  •  4 weeks ago

Rumah yang ideal tidak hanya dilihat dari luas bangunan, penampilan atau desainnya yang menarik.

Interiordesign.id – Ideal adalah sebuah konsep yang selalu ingin dicapai setiap orang. Menurut KBBI, kata ‘ideal’ bisa berarti sesuai dengan yang dicita-citakan, diangan-angankan, atau dikehendaki. Dalam membangun sebuah rumah pun, kita pasti menginginkan rumah yang ideal. Tetapi, apa yang dimaksud dengan rumah ideal?

Rumah adalah tempat kita beristirahat dan menghabiskan waktu bersama orang terkasih. Disadari atau tidak, kita selalu memilih sesuatu yang kita suka untuk membuat rumah terasa lebih nyaman, aman dan menyenangkan. Nah, bisa dibilang itu adalah salah satu cara untuk mewujudkan rumah yang ideal – rumah yang dipenuhi nilai sentimental dan segala hal yang kita kehendaki.

Perencanaan yang Matang

Tidak hanya dalam hal membangun sebuah hunian, segala sesuatu tentu membutuhkan perencanaan yang matang. Sebelum Anda mulai membuat, membangun, atau membeli rumah baru, yang harus Anda lakukan terlebih dahulu adalah memahami kebutuhan Anda. Jadi, saat memutuskan untuk memilikinya, rencanakan dan buat skala prioritas, mana yang benar-benar Anda butuhkan dan mana yang tidak. Perencanaan adalah hal esensial agar kelak rumah bisa sesuai dengan apa yang dicita-citakan sedari awal.

Anda harus memerhatikan berapa jumlah orang yang akan menghuni rumah. Hal ini berhubungan dengan luasan lahan yang dibutuhkan. Anda harus memastikan bahwa lahan yang Anda miliki bisa menampung semua orang yang akan menghuni rumah tersebut.

Hal lain yang tidak kalah penting adalah soal anggaran atau dana yang Anda miliki. Bajet tentu menjadi pertimbangan utama. Seberapa besar anggaran Anda untuk memilki sebuah rumah yang tidak saja ideal bagi Anda, tetapi buat keluarga Anda. Di samping itu, jangan lupa perhatikan faktor-faktor lain seperti lokasi, aksesibilitas, termasuk transportasi serta fasilitas-fasilitas pendukung lainnya.

Rumah Tipe 70, Hunian Ideal dengan Kenyamanan Maksimal

Ukuran Rumah Ideal

Menentukan ukuran rumah yang ideal memang susah-susah gampang. Pada dasarnya, ukuran sebuah rumah harus disesuaikan dengan jumlah orang yang nanti akan tinggal di dalamnya. Jika Anda tinggal sendiri, rumah tiga lantai dengan luas 200 m2 akan terasa berlebihan. Sementara ukuran rumah 20 atau 30 m2 mungkin terlalu kekecilan untuk menampung satu keluarga dengan 2 orang anak misalnya. Jadi, berapakah ukuran ideal luasan rumah untuk satu keluarga?

Bisa dikatakan bahwa rumah ideal merupakan rumah yang dapat memenuhi kebutuhan para penghuninya. Bukan soal ukuran sebenarnya, tetapi tingkat kenyamanan dan aksesibilitas merupakan salah satu faktor paling penting. Namun, saat ini belum ada standar spesifik yang menentukan ukuran rumah keluarga yang ideal, baik bangunannya maupun ruangan-ruangannya.

fasad rumah ideal

fasad rumah gaya kontemporer. Ukuran lahan 260.41m2. ~ via the ideal home

Jumlah penghuni rumah yang relatif sedikit akan berbeda pemanfaatan ataupun kebutuhan dari ukuran luas rumahnya apabila dibandingkan dengan jumlah penghuni yang lebih banyak atau lebih dari 5 orang penghuni.

Kita dapat mengambil contoh sebuah rumah untuk keluarga dengan dua orang anak atau bagi pasangan baru yang memiliki rencana akan memiliki dua orang anak saja, dan rumah tersebut nantinya akan dihuni oleh empat orang dan dapat ditambah dengan seorang asisten rumah tangga (ART) jika diperlukan.

Berdasarkan berbagai pertimbangan tertentu seperti ruang gerak, furnitur, dan lain sebagainya, maka luas ukuran masing-masing ruangan yang ideal bagi keluarga tersebut adalah sebagai berikut:

  • kamar tidur utama berukuran 3 x 4 meter
  • kamar tidur anak berukuran 3 x 3 meter
  • kamar tidur tamu berukuran 3 x 3 meter
  • kamar tidur pembantu berukuran 2 x 3 meter
  • ruang tamu berukuran 3 x 3 meter
  • ruang keluarga berukuran 3 x 5 meter
  • ruang makan berukuran 3 x 3 meter
  • dapur berukuran 3 x 3 meter
  • garasi mobil berukuran3 x 5 meter
  • kamar mandi/WC berukuran 2.5 x 1.5 meter
  • gudang berukuran 2 x 3 meter

Untuk membangun suatu rumah yang ideal, sesuai dengan ukuran masing-masing ruangan, maka dibutuhkan lahan sebagai berikut:

  • 1 kamar tidur utama = 12 m2
  • 2 kamar tidur anak = 18 m2
  • 1 kamar tidur tamu = 9 m2
  • 1 kamar tidur pembantu = 6 m2
  • 1 ruang tamu = 9 m2
  • 1 ruang keluarga = 15 m2
  • 1 ruang makan = 9 m2
  • 1 dapur = 9 m2
  • 1 garasi mobil = 15 m2
  • 3 kamar mandi/WC = 12 m2
  • 1 gudang = 6 m2
  • 2 teras (depan dan belakang)= 12 m2

Lahan yang diperlukan:

  • Bangunan rumah = 132 m2
  • Halaman depan = 36 m2
  • Halaman belakang = 18 m2
  • Jumlah lahan yang dibutuhkan untuk membangun rumah ideal = 186 m2 atau idealnya 200 m2

Meski tidak harus sama persis, karena berkaitan dengan kondisi lahan yang dimiliki, contoh di atas setidaknya bisa menjadi gambaran bagi Anda saat merencanakan atau memutuskan untuk membangun rumah dengan ukuran ideal yang bisa dihuni oleh 2 hingga 5 orang.

Desain Rumah Tipe 60, Hunian Nyaman dan Ideal untuk Keluarga

Desain Rumah Minimalis 2 Lantai, Desain Rumah Modern Idaman

Kriteria Rumah Ideal

Rumah yang ideal tidak hanya dilihat dari luas bangunan, penampilan atau desain yang menarik. Kenyamanan dan keamanan sebenarnya bisa menjadi faktor utama yang mewakili kriteria rumah ideal. Menurut Reader Digest  terdapat beberapa hal yang bisa menentukan bahwa sebuah rumah sudah ideal atau belum.

  1. Struktur atau fondasi yang kuat, kokoh, dan baik
    Fondasi rumah adalah bagian yang penting dari konstruksi bangunan yang memiliki fungsi untuk menahan beban bangunan di atasnya. Maka dari itu, kekokohan fondasi sangatlah vital. Syarat utama rumah yang ideal adalah memiliki struktur atau fondasi yang kuat, kokoh, dan baik.
    Kualitas fondasi rumah sangat menentukan apakah rumah akan tahan lama dan tidak akan runtuh saat ada bencana seperti gempa bumi. Jadi, pastikan untuk memeriksa dan melihat setiap bagian rumah sebelum kita membelinya untuk menghindari pengeluaran yang lebih untuk biaya renovasi di masa depan.
  2. Saluran pipa yang baik dan lancar
    Saat membeli rumah, beberapa orang menganggap remeh saluran pipa yang ada karena beranggapan masalah ini bisa diperbaiki di lain waktu. Masalah saluran pipa tidak hanya seputar masalah kebocoran. Kebocoran tersebut lama-lama bisa menimbulkan jamur atau bakteri yang dapat mengganggu kesehatan para penghuninya.
  3. Mudah dalam perawatan
    Beberapa orang berusaha untuk menghias interior rumah agar terkesan cantik, tetapi tidak menyadari bahwa mereka menghiasnya dengan barang yang sebenarnya tidak diperlukan. Alih-alih membuat cantik, bisa saja barang-barang yang tidak diperlukan tersebut justru dapat menimbulkan masalah di kemudian hari. Cukup menghias rumah dengan barang-barang yang diperlukan dan mudah diperbaiki jika ada kerusakan di kemudian hari. Anda dapat membuat jadwal merapikan rumah tiga kali seminggu atau setidaknya seminggu sekali sebelum melakukan aktivitas yang lain.
  4. Sanitasi dan sirkulasi udara yang baik
    Hal lain yang harus Anda perhatikan adalah sanitasi dan sirkulasi udara. Alangkah baiknya jika rumah memiliki sistem sanitasi dan jendela yang memadai. Rumah pun harus bebas dari keadaan lembab. Memperhitungkan iklim, arah angin, sinar matahari, dan keadaan lingkungan sekitar rumah akan membuat hunian terasa nyaman.
  5. Adanya ruang terbuka ramah anak
    Ruang terbuka diperlukan karena usia kanak-kanak adalah usia di mana mereka sedang aktif bergerak. Anak-anak harus punya ruang untuk berlari-lari, bermain sepeda, dan lain sebagainya. Kegiatan-kegiatan ini akan merangsang saraf motorik mereka.

Anak-anak membutuhkan banyak kegiatan di luar ruang, terutama di lingkungan perumahan. Mereka akan berlari-lari, bersepeda, bermain petak-umpet, dan lain-lain. Sebagai orang tua, sudah menjadi tanggung jawab Anda untuk selalu mengawasi mereka. Namun, lingkungan perumahan juga harus memiliki sistem keamanan yang baik agar anak-anak bisa bermain dengan leluasa.

Desain Rumah Idaman: 5 Hal yang dapat Dilakukan Seorang Desainer saat Mewujudkannya

Tidak hanya peralatan canggih yang menjadi syarat, seperti CCTV, tetapi juga aspek sumber daya manusianya. Anda harus kenal betul dengan petugas keamanan di lingkungan, begitu pula sebaliknya. Dengan demikian, petugas keamanan bisa langsung tanggap saat anak-anak mulai meninggalkan kawasan perumahan ataupun saat ada orang asing mulai berinteraksi dengan anak-anak Anda.

Setelah Anda mendapatkan hunian yang ideal secara fisik, yang terakhir dan yang paling utama yang harus Anda sadari adalah kenyamanan saat menghuninya. Rumah adalah tempat anak ‘kembali’. Di rumah, anak-anak harus merasa nyaman dan bebas dari rasa tertekan. Orang tua juga harus membiasakan anak untuk bersosialisasi, seperti mengajari mereka berbagi, saling mengasihi, dan sebagainya supaya rumah idaman Anda bisa dinikmati oleh semua orang yang tinggal di dalamnya.

Ada pertanyaan seputar desain interior?

Tags: , , , , , , ,

interiordesignid-iqbal-desainer

By Iqbal Mujahid

Lulus dengan predikat Cum-Laude dari UNIKOM Bandung tahun 2015. Penggemar Game Online versi "mobile", fitur permainan yang selalu menemani disaat kehilangan ide saat mendesain.

Artikel lainnya

Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa

 

Follow on Instagram

... ... ...