desain ruang kerja

Ruang Kerja Terbuka; Inovasi Ruang Kantor yang Fleksibel dan Menyenangkan

Posted by HinaYana  •  1 week ago

Tata ruang kantor terbuka semakin populer. Ia melahirkan konsep desain ruang kerja yang fleksibel dan menyenangkan.

Interiordesign.id – Coworking space dianggap bisa menawarkan suasana kerja yang tidak biasa. Mereka menawarkan atmosfer ruang kerja dengan suasana yang lebih santai dan menyenangkan. Konsep ruang kerja semacam itu sepertinya sengaja dirancang agar lebih menyerupai ruang-ruang publik, atau ruang komersil dengan nuansa kafe, resto dan bahkan sebuah taman.

Kepopuleran konsep ruang kerja terbuka ikut juga melahirkan inovasi-inovasi lainnya dari para perancang guna mendukung perkembangannya. Seperti rancangan partisi unik yang kabarnya terinspirasi dari lanskap musim dingin hasil karya desainer Johan Kauppi. Ia berkolaborasi dengan Glimakra Swedia dan mengembangkan lebih banyak solusi untuk membantu menyempurnakan dan meminimalisir dampak negatif ruang kerja terbuka yang sekarang semakin populer.

Desain Kantor ala Kafe, Suasana Kerja yang Semakin Menyenangkan

Tidak hanya itu, Johan merancang temuannya ini dengan tetap menawarkan suasana dan konsep ruang yang dirancang berdasarkan gagasan desain awal. Dengan kata lain, hasil inovasinya ini diklam tidak akan mereduksi gagasan dan konsep desain yang sudah direncanakan sejak semula. Justru semakin menyempurnakannya.

Melansir design-milk, koleksi furnitur untuk ruang kantor terbuka yang dapat membantu menyempurnakan akustik ruangan dan pemisahan ruang ini dinamakan Limbus Barn & Fences. Ia adalah serangkaian paviliun dan partisi yang bertujuan untuk mendefinisikan dan membagi area yang lebih luas di kantor dan ruang publik.

desain ruang kerja terbuka

~ via design-milk

Ruang Kerja dengan Fleksibilitas

Ruang kantor terbuka menawarkan fleksibilitas serta tentu saja keterbukaan seperti layaknya ruang-ruang publik tanpa sekat. Tetapi dengan rancangan dan inovasi dari Johan Kauppi ini, ruang kerja terbuka juga masih memungkinkan untuk memiliki sekat atau bilik yang memberi sedikit privasi. Ia merupakan inovasi ruang yang fleksibel. Menawarkan keterbukaan sekaligus privasi saat diperlukan.

Desain Ruang Kantor; Tempat Kerja Harus Mencakup Ruang Bekerja dan Beristirahat untuk Mendorong Inovasi

bilik (cubicle) untuk ruang kerja terbuka

Struktur slatted berlapis kain dari cubicle ini bisa mengurangi gangguan bising.

ruang kerja dalam tata ruang kantor terbuka

Bagian yang dinamakan The Limbus Barns dapat ditempatkan pada sudut yang berbeda, sehingga lebih banyak privasi disediakan. Limbus Barns juga dapat dipindahkan untuk berbagai pengaturan dan personalisasi dari waktu ke waktu.

ruang kerja dalam tata ruang kantor terbuka

Bagian lain, The Limbus Fences, menyerupai pagar luar, memberi fleksibilitas yang besar dan dapat dikonfigurasi ulang untuk membuat ruangan, area sementara, atau hanya sebagai pembatas ruang.

Seperti Apa Kriteria Ruang Kantor yang Ideal dan Efektif?

ruang kerja dalam tata ruang kantor terbuka

ruang kerja dalam tata ruang kantor terbuka

Seperti ditulis design-milk, desain akustik ruangan untuk tata ruang kantor terbuka ini didasarkan pada keinginan Kauppi untuk menciptakan kembali “keheningan menyenangkan” yang datang dari lanskap musim dingin. Lahir dan terinspirasi dari struktur tradisional yang ditemukan di Lapland Swedia, Johan membayangkan kembali lumbung dan pagar tradisional, lalu membawanya ke dalam gagasan dan konsep ruang kerja dengan harapan menghilangkan kebisingan berlebih.

Desain Ruang Kantor Kecil, Manfaatkan Sisa Ruang yang Ada di Rumah

ruang kerja dalam tata ruang kantor terbuka

ruang kerja dalam tata ruang kantor terbuka

Butuh bantuan desain dan dekorasi interior? Bekerja dan berkomunikasi langsung dengan desainer-desainer terbaik?

Tags: , , , , , , ,

Hina Yana

By HinaYana

Konten Editor.

Artikel lainnya

Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa


 

Follow on Instagram

preloader