desain ruang makan terbuka

Desain Ruang Makan Terbuka; Lebih dari Sekadar Tempat Makan

Posted by HinaYana  •  Friday, November 30 2018

Konsep desain ruang makan paling logis untuk rumah dan apartemen kecil.

Interiordesign.id – Dalam sebuah survey di weddingbee.com, yang melibatkan 172 responden, sebanyak 43 persen (74 vote) menyatakan lebih menyenangi konsep desain ruang makan terbuka berukuran besar yang tidak terpisah dari dapur maupun area untuk sarapan. Sisanya, sebanyak 42 persen (42 vote) memilih desain ruang makan yang ekslusif dan terpisah dari area lainnya. Sementara 31 persen (54) dan 1 persen (2 vote) lainnya lebih menyukai gagasan desain yang lain.

Merujuk hasil poling tersebut, bisa disimpulkan bahwa masih banyak menyukai konsep desain terbuka yang tidak terpisah dengan area-area lainnya, terutama dapur.

Meski dengan berbagai alasan yang cukup logis, yang dipengaruhi preferensi masing-masing, gagasan desain ruang makan terbuka dianggap memiliki kelebihan yang tidak dimiliki gagasan desain lain.

Kebutuhan akan sebuah ruang makan formal yang terpisah dengan area lainnya, seperti hadir dalam konsep desain tradisional, semakin kurang diminati. Hal tersebut bisa jadi diakibatkan karena banyak hal, terutama adalah soal selera dan yang terpenting adalah soal bagaimana fleksibilitas, efektivitas serta efisiensi penggunaan ruang mampu dimaksimalkan.

Desain Ruang Makan untuk Rumah Berukuran Kecil yang Fungsional & Mengagumkan

Dekorasi Ruang Tamu Lantai Terbuka

Ruang Makan Terbuka vs Ruang Makan Formal/Tradisional

ruang makan

desain ruang makan formal dan terpisah dari ruangan lain. ~ via houzz

Denah lantai terbuka yang semakin populer telah menjadi satu konsep desain utuh yang mengintegrasikan berbagai ruang, menjadi alasan kenapa open concept ini semakin difavoritkan. Lantai terbuka memberi kemungkinan area komunal, area bersama, atau sebut saja gathering area, bisa didapatkan dari gagasan desain ini.

Desain Dapur Terbuka; Area Dapur yang Tidak Lagi Terisolasi

Mengutip homesalesbylisa, Barbara Corcoran, seorang agen properti, mengungkapkan bahwa ruang makan menjadi satu area paling penting di dalam rumah, setelah area dapur ketika berhubungan dengan nilai jual sebuah properti. Keberadaan ruang makan menjadi salah satu nilai lebih yang bisa menaikan harga jual rumah.

Pernyataan Barbara jelas menjadi satu peringatan ketika konsep lantai terbuka semakin populer. Bagaimana para calon pembeli banyak mempertimbangkan keberadaan ruang makan yang terpisah dan ekslusif. tetapi, mungkin itu dulu. Lain hal saat sekarang.

Lantai terbuka adalah konsep yang mengintegrasikan berbagai area dalam satu ruang besar tanpa sekat. Gagasan desain ini melahirkan area-area yang menyatu secara sempurna, seperti area dapur dengan breakfast nook, dengan ruang makan, dan bahkan menyatu dengan ruang keluarga.

desain ruang makan terbuka

ruang makan terbuka yang terintegarasi dengan ruang dapur, ruang tamu/ruang keluarga dan lainnya. ~ via cornish horizon

Tren rumah atau apartemen berukuran kecil juga mau tidak mau menyebabkan konsep desain lantai terbuka menjadi satu pilihan paling logis. Separasi ruang di dalam rumah atau apartemen kecil sangat tidak memungkinkan untuk memiliki area ruang makan formal yang terpisah dari ruangan lainnya.

Cara Praktis Menentukan Zonasi Denah Lantai Terbuka Desain Apartemen Studio Minimalis

Konsep Desain Informal

Ketika orang-orang lebih menyukai kenyamanan dibanding formalitas, desain ruang makan terbuka menjadi pilihan paling logis. Ruang makan tanpa sekat dan menyatu dengan ruangan lainnya ini dianggap sebagai sebuah gagasan desain yang jauh dari suasana kaku dan formal.

denah lantai terbuka

denah lantai terbuka; desain ruang makan terintegrasi dengan dapur dan ruang keluarga. ~ via rabia arizai

Ruang makan formal yang menawarkan kehangatan dan keseriusan saat aktivitas makan bersama, memang sudah tidak mungkin didapatkan dengan mudah. Meski menawarkan suasana ruang yang ekslusif, menikmati sajian tanpa distraksi apapun, klaim besar sebagai sumber kebahagiaan yang bisa meningkatkan family bonding, konsep desain ruang makan yang terpisah merupakan investasi yang sangat mahal.

Desain Rumah Kecil yang Fungsional, Rumah Mungil dengan Rancangan Interior yang Memesona

Saatnya mengubah mindset dan bahkan kultur. Di saat semua orang lebih menginginkan suasana santai, informal, dan lebih mementingkan kenyamanan, ruang makan terbuka yang dirancang dengan kesederhanaan dan jauh dari kesan ekslusif, merupakan pilihan tepat.

desain ruang makan

Hal-hal Penting Dekorasi Ruang Makan

Satu hal penting yang harus diingat saat merancang sebuah ruang makan adalah soal furnitur. Sangat penting untuk memilih dengan hati-hati dan sesuai selera. Ruang makan harus dianggap sebagai sebuah investasi yang tidak akan merugikan. Ruangan ini akan selalu menjadi salah satu area paling penting di dalam sebuah rumah.

Ruang Makan Minimalis Terbuka; Desain Ruang Modern yang Simpel dan Elegan

desain ruang makan

meja makan rustic-modern. via tedxumkc

Desain Interior Minimalis; 4 Desain Ruang dengan Keseimbangan Simetris yang Sempurna

Intinya, ruang makan yang memiliki rancangan yang unik dan menarik secara visual, nyaman dan menyenangkan, tidak saja bisa meningkatkan nilai sebuah rumah. Tetapi ruangan ini akan selalu menjadi pusat perhatian semua orang saat pertama kali berkunjung.

Ruang makan lebih dari sekadar area atau tempat untuk makan. Ruangan ini adalah tempat untuk berkumpul dan merayakan banyak hal.

Butuh bantuan desain dan dekorasi interior? Bekerja dan berkomunikasi langsung dengan desainer-desainer terbaik?

Tags: , , , , ,

Hina Yana

By HinaYana

Head of Content.

Artikel lainnya




Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa


 

Follow on Instagram

preloader