desain rumah 2 lantai

Desain Rumah 2 Lantai: Hunian Modern dengan Penampilan yang Trendi dan Elegan

Posted by HinaYana  •  3 weeks ago

Desain rumah 2 lantai berbeda dengan rumah 1 lantai. Rumah 2 lantai memiliki pola perencanaan arsitektur yang sedikit lebih kompleks dibanding rumah 1 lantai.

Interiordesign.id –  Kecil, sederhana dan menarik secara visual, itulah gambaran dari rumah-rumah modern kontemporer. Terlepas dari pilihan gaya desain apa yang digunakan, – desain arsitektur mau pun interiornya -, rumah-rumah saat sekarang benar-benar dirancang sangat serius agar dapat memiliki penampilan yang trendi dan elegan.

Rancangan hunian-hunian tersebut bisa terlihat sangat unik dengan konsep desainnya yang khas. Meski begitu, aspek estetika ini dikedepankan tanpa mereduksi sedikit pun fungsi. Bahkan dalam beberapa situasi, rumah-rumah modern justru dirancang sangat fungsional.

Dengan desain 2 lantainya, rumah-rumah ini juga memiliki kelebihan dalam hal estetika. Ia ibarat seorang perempuan cantik dengan ukuran tubuh yang proporsional. Memiliki daya tarik sempurna sebagai bentuk kesempurnaan estetika di zaman modern.

Tetapi, kesempurnaan estetika tersebut juga bukan berarti tidak bisa dimiliki oleh rumah 1 lantai. Hanya saja, desain rumah 2 lantai sedikit berbeda dan lebih kompleks jika dibanding rumah 1 lantai. Salah satu perbedaannya terletak dalam pola sirkulasi.

Sirkulasi adalah sebuah istilah dalam arsitektur yang dibedakan ke dalam 2 jenis, sirkulasi vertikal dan horizontal. Sirkulasi ini juga erat hubungannya dengan aspek estetika dari bangunan tersebut. Bangunan dengan perencanaan sirkulasi yang baik akan memberikan kesan estetis yang kuat.

Dalam rumah 2 lantai, sirkulasi yang digunakan tidak hanya horizontal, tetapi juga vertikal. Sementara dalam rumah 1 lantai, ia hanya membutuhkan sirkulasi horizontal. Soal sirkulasi ini akan kita bahas secara lebih spesifik dalam artikel yang lain.

Sekarang silakan perhatikan baik-baik, inilah beberapa penampilan rumah 2 lantai yang dirancang dengan pendekatan berbagai pilihan gaya desain. Mulai dari gaya modern, kontemporer, minimalis, mau pun gaya Skandinavia yang belakangan sangat populer dan banyak diadaptasi karena dianggap mewakili modernitas dan pendekatan minimalismenya yang selaras dengan alam.

Desain rumah 2 lantai gaya kontemporer

Rumah 2 lantai berikut terlihat sangat kekinian. Desainnya yang simpel tetap terlihat elegan. Sangat cocok bagi Anda yang menyukai gagasan desain yang sederhana tanpa reduksi terhadap fungsi.

This slideshow requires JavaScript.

Rumah 2 lantai gaya modern

Rumah gaya modern menjadi salah satu yang paling populer dan sangat diminati. Gaya ini dianggap sebagai representasi dan penanda kemajuan. Walaupun hanya mewakili satu periode waktu tertentu, gaya modern masih relevan dan banyak diadopsi dengan modifikasi tertentu sehingga melahirkan tampilan yang lebih kekinian, atau biasa kita sebut kontemporer.

Meski begitu, rumah gaya modern memiliki beberapa perbedaan mendasar dengan desain rumah gaya kontemporer. Lebih jelasnya bisa disimak dalam artikel ini: Perbedaan dan Ciri Khas Gaya Desain Interior Kontemporer dengan Gaya Desain Interior Modern.

Dan inilah penampakan desain rumah 2 lantai gaya modern:

 

This slideshow requires JavaScript.

Rumah 2 lantai ala pedesaan atau rustik

Penggunaan material kayu menjadi dominan dalam desian rumah 2 lantai ini. Gaya rustic yang kental dengan unsur alam dan pedesaan mejadikannya sangat unik. Gaya ini terbilang jarang digunakan dalam desain rumah-rumah saat ini, dan oleh karena itu pula menjadikannya semakin ikonik karena mempertahankan tampilan ala pedesaan yang alami.

This slideshow requires JavaScript.

Rumah minimalis 2 lantai

Tidak mengherankan jika minimalis menjadi salah satu gaya paling populer dan banyak disukai. Rumah minimalis 2 lantai dirancang sangat sederhana namun tetap kaya estetika.

This slideshow requires JavaScript.

Desain rumah 2 lantai gaya Skandinavia

Desain rumah ini benar-benar unik dengan penampilan yang sangat trendi dan kekinian. Rumah 2 lantai dengan gaya arsitektur dan interior ikonik ala Negeri Nordik ini tampak sederhana, minimalis serta elegan. Desain Skandinavia sangat ikonik. Ia memiliki gambaran sebagai gagasan desain rumah yang modern, berkelanjutan, dan minimalis, juga fungsional.

This slideshow requires JavaScript.

Itulah beberapa gambaran atau penampakan desain rumah 2 lantai yang dilihat dari berbagai pilihan gaya desain. Lain kali kita akan membahas soal desain rumah-rumah ini dari sisi yang lain.

Happy decorating.

Butuh bantuan desain rumah 2 lantai? Bekerja dan berkomunikasi langsung dengan desainer-desainer terbaik? Silakan kunjungi laman berikut: Proses desain dan dekorasi ruangan (step by step) full online.

Tags: , , , , , , ,

Hina Yana

By HinaYana

Konten Editor. Menyukai sains, terutama sains politik dan sains interior.

Artikel lainnya

Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa


 

Follow on Instagram

preloader