desain rumah 2 lantai

Perbedaan dan Ciri Khas Gaya Desain Interior Kontemporer dengan Gaya Desain Interior Modern

Posted by HinaYana  •  Tuesday, October 2 2018

Gaya desain kontemporer, yang merujuk pada gaya dan tren masa kini, dalam beberapa hal dapat mengakomodasi ciri khas yang dibawa pada gaya desain interior modern.

Interiordesign.id – Dalam banyak hal gaya desain interior kontemporer dengan gaya desain modern memiliki banyak kesamaan. Apalagi jika dilihat dari kaca mata seorang awam, tampilan yang bisa jadi dianggap sama dan serupa.

Namun jika diperhatikan, menurut pendapat sejumlah para ahli; dalam hal ini seorang desainer, dekorator maupun stylist interior, gaya desain interior kontemporer dan gaya interior modern memiliki perbedaan yang cukup siginifikan.

Gaya desain interior kontemporer, yang merujuk pada gaya dan tren masa kini, dalam beberapa hal dapat mengakomodasi ciri khas yang dibawa pada desain interior modern. Sementara desain interior modern sendiri hanya merujuk pada satu gaya desain tertentu yang berkembang dan digunakan pada satu periode tertentu.

Elemen Desain Interior Kontemporer yang Dibutuhkan Setiap Rumah
Gaya Desain Interior Kontemporer, Pengertian, Asal-usul & Ciri Khas

Istilah interior modern mengacu pada gaya populer yang banyak dikenal sebagai ‘mid century-modern’. Gaya desain interior modern ini berkembang pada sekitar tahun 1920an hingga 1950an. Memiliki ciri khas dan karakteristik tampilan ruangan yang bersih, rapi dan cenderung minim hiasan atau dekorasi-dekorasi.

gaya desain kontemporer

gaya desain interior modern. ~ via pinterest

Penggunaan bahan-bahan atau material alami juga merupakan karakteristik lain pada desain modern. Kayu, kulit dan linen serta furnitur berbahan plastik merupakan unsur dominan, yang berpadu dengan penggunaan material dari metal dan atau logam yang dipoles. Pewarnaan seringkali menggunakan warna-warna netral, terutama putih, dengan flooring yang terbuka.

Sementara gaya desain kontemporer lebih mengacu pada era saat ini atau kekinian. Tren yang sedang berkembang dan populer pada masa sekarang, seperti tren model furnitur, tren warna, atau bahkan inovasi teknologi termutakhir, dan lain sebagainya, adalah karakteristik yang dapat terlihat dalam desain kontemporer.

Desain kontemporer bisa sangat terlihat eklektik dalam banyak hal. Gaya desain interior kontemporer banyak meminjam dan memasukan unsur dan elemen khas pada model-model dan gaya desain yang berbeda, tak terkecuali elemen khas yang terdapat pada desain modern.

gaya desain kontemporer

Gaya desain interior kontemporer. ~ via the spruce

Desain kontemporer tidak mesti dan tidak berarti merupakan jenis gaya yang dirancang dan dikembangkan pada hari ini. Desain kontemporer adalah tren kekinian yang digunakan oleh beberapa desainer dan stylist untuk menciptakan suasana yang dapat mewakili hari ini. Ciri khas furnitur dengan garis yang rapi dan bersih pada desain interior modern, bisa jadi merupakan unsur dan elemen penting pada desain kontemporer.

Satu dekade atau mungkin dua dekade mendatang, tampilan gaya desain interior kontemporer akan berubah, namun namanya tetap sama, gaya desain kontemporer.

Modern Kontemporer “Mini Kafe”, Gaya Desain Interior dengan Tampilan yang Atraktif

Contoh gaya desain kontemporer dan modern:

gaya desain kontemporer

Interior kontemporer

gaya desain kontemporer

gaya desain interior kontemporer

Gaya Desain Interior yang Disukai, Cerminan dari Karakter dan Kepribadian Anda

gaya desain kontemporer

desain modern

gaya desain kontemporer

modern

gaya desain kontemporer

gaya modern

Butuh bantuan desain dan dekorasi interior? Bekerja dan berkomunikasi langsung dengan desainer-desainer terbaik?

Tags: , , , ,

Hina Yana

By HinaYana

Konten Editor.

Artikel lainnya

Load more

Ready for the room you've always wanted?

@interiordesign.id

Untuk inspirasi penataan ruang serta tips dan trik yang komplit bagaimana ruangan biasa jadi terlihat lebih istimewa


 

Follow on Instagram

preloader